Tips membuat rumah lebih nyaman di musim kemarau

0
975
Tips membuat rumah lebih nyaman di musim kemarau

Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada saat musim kemarau suhunya dapat mencapai 35 derajat Celcius. Dengan suhu seperti ini berada di rumah pun akan terasa panas. Kami akan memberikan tips membuat rumah lebih nyaman di musim kemarau.

Langit – langit rumah lebih tinggi

Dengan Plafon rumah yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi suhu panas di dalam rumah. Plafon rumah yang tinggi memperlambat sinar matahari masuk ke dalam ruang.

Sebaiknya buatlah plafon rumah tinggi untuk mendinginkan suhu udara di dalam rumah. Plafon tinggi akan memperlambat masuknya suhu/udara panas ke dalam ruangan.

Meninggikan langit-langit sehingga membuat ruang terbuka untuk atap juga dapat menjadi pilihan untuk sobat lakukan. Selain Mengurangi panas, Anda dapat menggunakan lapisan aluminium foil dipasang di bawah genteng atap rumah.

Anda juga bisa menambahkan lubang ventilasi di plafon sebagai akses sirkulasi pertukaran udara di dalam rumah. Desain plafon yang tinggi juga memberikan efek interior rumah menjadi lebih luas dan lebar.

Ventilasi silang

Ventilasi silang merupakan salah satu teknik trik yang umum digunakan untuk membuat rumah terhindar dari suhu panas. Ventilasi silang merupakan dua ventilasi dengan posisi saling berhadapan dalam satu ruang.

Bentuk ventilasi silang ini bisa berupa pintu atau jendela. Letaknya tidak harus berada di dinding rumah, tetapi bisa juga diletakkan di bagian atas.

Dengan begitu sirkulasi udara tetap lancar, sehingga udara kotor dan bersuhu panas akan cepat keluar dan berganti udara bersih yang bersuhu dingin.

Dinding Styrofoam

Kebanyakan Dinding styrofoam digunakan dalam studio rekaman sebagai peredam suara musik. Namun, ternyata struktur styrofoam yang terdiri dari butiran ini da tidak bisa menghantarkan panas. Hal ini membuat styrofoam jadi isolasi termal yang baik yang bila sobat gunakan untuk rumah dapat menyerap panas.

Gunakan material penahan panas

Jika rumah masih terasa panas, tidak ada salahnya menggunakan material penutup panas atau sun-shading atau secondary skin, seperti kisi-kisi atau pohon. Apalagi jika rumah Anda menghadap ke barat. Penutup panas ini akan membantu menghalau paparan matahari langsung.

Tanaman

Menambah beberapa tanaman di pekarangan rumah dapat membantu mengurangi panasnya suhu. Tetapi apabila tidak memiliki pekarangan yang cukup untuk menanam pohon. Anda dapat menanam tanaman kecil dengan pot.

Letakkan pot-pot tanaman di tempat yang tinggi sehingga dapat menghalangi masuknya matahari. Sehingga rumah pun akan menjadi lebih sejuk dan membuat rumah lebih nyaman di musim kemarau

Gunakan penutup tirai untuk jendela anda

Perhatikan letak jendela-jendela Anda, pastikan menutup rapat jendela-jendela Anda pada siang hari untuk menjaga kelembaban suhu di dalam rumah dan membukanya di malam hari untuk ventilasi alami. Jika jendela Anda terpapar langsung sinar matahari maka Anda bisa mengakalinya dengan memasangkan tirai-tirai dengan nuansa bambu yang akan membuat suasana menjadi lebih sejuk.

SHARE

LEAVE A REPLY