Tips Tubuh Tetap Prima Saat Mudik

0
369
Tips tubuh Tetap Prima Saat Mudik

Tips Tubuh Tetap Prima Saat Mudik – Menjelang Idul Fitri, sebagian masyarakat Indonesia bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Tentu saja, perjalanan jauh menguras tenaga para perantau. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan stamina tubuh yang lebih prima agar tetap sehat dan kuat selama perjalanan pulang mudik.

baca juga : 5 Tips Persiapan Mudik 2023

Inilah beberapa tips tubuh tetap prima saat mudik yaitu :

Menentukan pola makan saat puasa dan sahur

Dosen Fakultas Kesehatan (FIK) UM Surabaya Ratna Agustin mengatakan bahwa asupan gizi seimbang membuat tubuh mendapatkan makanan yang baik sesuai dengan kebutuhan tubuh. Asupan gizi yang seimbang ini harus memenuhi lima jumlah esensial, yakni karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Serta cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa dan tubuh bisa tetap prima.

Minumlah air putih yang banyak

Banyak pemudik mengurangi jumlah air yang mereka minum selama perjalanan. Hal ini untuk menghindari buang air kecil yang banyak karena dapat memperlambat perjalanan dan membuat stamina tubuh menurun.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ketika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, tubuh akan merasa lelah, mengantuk dan lebih cepat kehilangan kemampuan berkonsentrasi. Oleh karena itu, pemudik disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari dan menambah asupan gizi dengan meminum jus buah supaya tubuh tetap prima.

Istirahat dan tidur yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup adalah kunci perjalanan yang aman dan nyaman. Hal ini karena memaksakan diri mengemudi saat lelah tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh, Anda perlu istirahat saat merasa lelah.

Selama Lebaran, pemerintah menawarkan banyak posko khusus untuk beristirahat sejenak. Oleh karena itu istirahatlah minimal 15 menit dan lakukan peregangan agar tubuh tidak kaku. Peregangan juga dapat meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan nyeri. Selain itu, dengan tidur dan istirahat yang cukup, tubuh tetap prima dan pemudik cenderung tidak mudah sakit atau terhindar dari kecelakaan.

Kenakan pakaian nyaman yang mudah menyerap keringat

Pemudik disarankan untuk berpakaian sesuai dengan cuaca. Ini dapat mengurangi risiko trombosis vena dalam, suatu kondisi yang ditandai dengan pembekuan darah di ekstremitas. Salah satu penyebab trombosis vena dalam adalah duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama dan mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan membuat tubuh tidak nyaman.

Sediakan obat-obatan pribadi

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama perjalanan, seperti obat mabuk, obat flu, obat sakit kepala, obat diare. Kemudian bawalah suplemen atau obat-obatan khusus jika Anda memiliki penyakit.

Obat-obatan tersebut berguna untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik. Bila perlu berikan juga suplemen daya tahan tubuh yang mengandung nutrisi dari bahan alami agar aktivitas mudik tetap lancar, bertenaga dan terjaga.

Tentu saja, perjalanan jauh menguras tenaga para perantau. Oleh karena itu, perlu mempersiapkan stamina tubuh yang lebih prima agar tetap sehat dan kuat selama perjalanan pulang mudik.

SHARE