5 Tips Persiapan Mudik 2023

0
588
5 Tips Persiapan Mudik 2023

5 Tips Persiapan Mudik 2023 – Mudik atau pulang kampung adalah momen yang paling ditunggu menjelang Idul Fitri. Kegiatan ini merupakan upaya seseorang untuk kembali ke keluarganya dan sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, apalagi setelah masa PPKM resmi berakhir.

baca juga : Benda di Rumah Yang Harus Dibersihkan Sebelum Lebaran Tiba

Namun,selain harus mempersiapkan mudik.Biaya perjalanan juga tidak bisa diremehkan. misalnya kebutuhan transportasi, Anda dan keluarga seringkali menghabiskan uang untuk kebutuhan lain, seperti akomodasi.

Melihat hal itu, agar rencana mudik berjalan lancar, persiapan yang matang apa yang harus dilakukan. Salah satunya menyiapkan anggaran keuangan.

Selain anggaran keuangan, ini ada 5 tips persiapkan mudik yang tidak kalah penting yaitu :

1. Memastikan tubuh Anda dalam kondisi yang baik

Bagi Anda yang mudik sambil menjalankan puasa, wajar jika tubuh terasa loyo. Namun puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan dalam beraktivitas. Jika ingin mudik, Anda harus bisa menjaga kondisi fisik dengan baik. Ini mutlak diperlukan. Karena melakukan perjalanan jauh dengan tubuh yang sehat membuat perjalanan menjadi lebih nyaman bagi Anda dan keluarga.

2. Menentukan rute perjalanan

Persiapan mudik selanjutnya adalah menentukan rute perjalanan jauh-jauh hari.

Biasanya sudah ada jalur alternatif yang bisa dipilih agar perjalanan lebih nyaman dan singkat. Menetapkan rute juga memudahkan Anda merencanakan rute, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

3. Temukan waktu yang tepat untuk mudik

Persiapan lain untuk mudik adalah mencari waktu tempuh yang tepat. Pemilihan waktu keberangkatan menjadi hal yang penting, terutama bagi mereka yang menggunakan mobil pribadi untuk perjalanan mudik.

Jika Anda tidak terikat dengan pekerjaan, Anda harus mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan lalu lintas. Mudik lebih awal juga memberikan lebih banyak waktu untuk dihabiskan di rumah bersama keluarga.

4. Membeli tiket dari jauh-jauh hari

Persiapan yang tak kalah penting untuk mudik adalah membeli tiket jauh-jauh hari. Jika memungkinkan, ada baiknya membeli tiket untuk perjalanan pulang jauh sebelum keberangkatan.Tujuaannya untuk mengurangi kemungkinan kehabisan tiket atau kenaikan harga.

5. Membawa perlengkapan secukupnya

Persiapan terakhir mudik adalah membawa perlengkapan secukupnya. Jika perjalanan Anda hanya singkat, Anda tidak perlu berkemas banyak.

Ini sangat berguna jika Anda bepergian dengan transportasi umum. Karena beban yang Anda pikul secara pribadi berkurang.

Jadi bawalah barang-barang yang paling kamu butuhkan agar tidak perlu repot selama perjalanan.

Nah,itulah 5 tips persiapan mudik 2023 yang bisa Anda ikuti agar perjalanan Anda lebih lancar dan nyaman. Yuk, persiapkan dirimu dan keluargamu sekarang juga!

SHARE