Water Heater Gas VS Listrik, Lebih Aman Mana?

0
65
Water Heater Gas VS Listrik, Lebih Aman Mana?

Water Heater Gas VS Listrik, Lebih Aman Mana?Alat pemanas air ini menjadi salah satu jalan keluar terbaik yang mempermudah penyediaan air hangat bukan hanya di bangunan komersial saja, tetapi Anda juga bisa memasangnya di rumah.

Water heater adalah perangkat yang digunakan untuk menaikkan suhu air sehingga menjadi lebih panas. Ada beberapa jenis water heater yang umum tersedia dan biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, di antaranya adalah water heater elektrik, gas, dan solar.

Water heater elektrik menggunakan listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air. Pada jenis water heater ini, air akan melewati elemen pemanas yang terdapat di dalam water heater untuk dipanaskan. Jenis elektrik ini cukup efisien dan mudah digunakan, namun biayanya cukup tinggi dan Anda harus memastikan bahwa daya listrik rumah cukup untuk mengoperasikan water heater ini.

Selanjutnya terdapat water heater gas yang memanfaatkan gas sebagai sumber energi dalam memanaskan air. Cara kerjanya, air akan melewati pipa pemanas dan dipanaskan dengan api yang dihasilkan dari pembakaran gas. Dari segi biaya, water heater gas ini cukup efisien dan mudah digunakan, hanya saja Anda harus melewati instalasi yang cukup rumit dan memerlukan koneksi gas yang stabil.

Water Heater Gas VS Listrik, Lebih Aman Mana?

  1. Efisiensi Energi:
    • Water Heater Gas: Water heater gas sering kali lebih efisien dalam memanaskan air dalam jumlah besar dengan cepat. Mereka sering digunakan untuk menyediakan air panas untuk seluruh rumah.
    • Water Heater Listrik: Water heater listrik biasanya lebih efisien dalam menghangatkan air dalam jumlah kecil atau menengah, seperti untuk kamar mandi atau dapur.
  2. Biaya Operasional:
    • Water Heater Gas: Meskipun water heater gas mungkin membutuhkan investasi awal yang lebih tinggi, biaya operasionalnya sering kali lebih rendah dibandingkan listrik. Harga gas biasanya lebih stabil daripada listrik.
    • Water Heater Listrik: Water heater listrik memiliki biaya operasional yang lebih tinggi karena harga listrik sering kali lebih mahal dan cenderung fluktuatif.
  3. Keamanan:
    • Water Heater Gas: Water heater gas memerlukan ventilasi yang baik untuk menghindari kebocoran gas berbahaya. Perlu pemeliharaan reguler agar tetap aman.
    • Water Heater Listrik: Water heater listrik dianggap lebih aman dalam hal kebocoran gas, tetapi perlu diperhatikan perawatan elemen pemanasnya.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/letak-dapur-yang-baik-menurut-feng-shui/