Yuk, Desain Kamar Tidur untuk si Kecil!

0
4362

Yuk, Desain Kamar Tidur untuk si Kecil!

Kamar tidur anak merupakan bagian yang sangat penting dalam tumbuh kembang sih anak. Selain untuk istirahat, di tempat inilah biasanya si kecil menghabiskan waktu untuk bermain, belajar dan sejumlah aktifitas lainnya. Anak juga masih memiliki dunianya sendiri. Imajinasi mereka masih begitu bebas, tidak terikat oleh kenyataan dan cara berpikir yang lebih kontelektual. Dengan menciptakan ruangan yang cocok dengan si anak dapat menstimuli karakter anak. Bukan hanya senang berada dikamar,anak juga akan terpicu daya khayalnya. Mengajak anak belajar dan tidur di kamar juga tidak akan terlalu sulit lagi dengan desain kamar yang menarik. Mengingat begitu banyaknya aktifitas anak di kamar tidur, maka desain kamar tidur harus di buat secermat mungkin.

Baca juga : Batu Granit Untuk Desain Interior Rumah

Berikut tips-tips mendesain kamar untuk si kecil:

  1. Tema Kamar
    cute-bedroom-ideas-for-teens
    Pastikan dahulu kesukaan dari si anak. Apa yang anak sukai dan apa yang tidak dia sukai. Ketahui juga hal apa yang diinginkan si anak di kamarnya. Setelah mendapat seluruh informasi yang diperlukan, pilihlah tema kamar untuk yang disukai anak. Jika anak laki-laki maka tema superhero atau mobil-mobilan bisa menjadi pilihan yang bagus. Jika anak perempuan, bisa mencoba menggunakan tema kartun atau karakter Disney princess yang terkenal.
  2. Cat / Wallpaper
    wallpaper-kamar-tidur-anak-laki-laki
    Penggunaan cat  / wallpaper sangat berpengaruh untuk mempercantik kamari si anak. Sesuaikan dengan tema dari kamar yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk lebih memperindah dan memberi kesan yang sesuai dengan tema, anda dapat menambahkan stiker superhero atau mobil-mobilan yang besar di ruangan kamar. Letakkan dengan rapi agar tidak terkesan berantakan. Pemilihan warna cat juga bisa di sesuaikan dengan gender anak dan tema kamar. Jika tema kamar superhero atau mobil bisa menggunakan warna yang sesuai. Demikian juga tema kamar anak perempuan seperti hello kitty maka paduan warna pink dan putih cocok digunakan.
  3. Penataan Furniture
    kamar-tidur-anak-laki-laki
    Furniture juga menjadi bagian yang perlu diperhatikan. Anda dapat sesuaikan letak furniture sesuai dengan luas kamar. Usahakan jangan memasukkan barang-barang yang tidak diperlukan kedalam kamar si anak agar tidak terkesan sempit dan berantakan. Usahakan juga adanya area kosong luas yang dapat digunakan anak untuk melakukan aktifitasnya.  Pastikan juga furniture yang dipilih tidak memiliki sudut lancip / tajam untuk keselamatan si anak.
  4. Tempat tidur dan Meja belajar
    interior-kamar-anak-laki-laki
    Untuk tempat tidur dapat disesuaikan dengan jumlah anak yang tidur di kamar tersebut. Jika ada 2 anak, usahakan agar tempat tidur nya masing-masing. Bisa di buat 2 tempat tidur atau tempat tidur bertingkat. Desain tempat tidur juga bisa disesuaikan dengan tema kamar seperti desain tempat tidur mobil atau menggunakan bedcover bermotifkan superhero. Untuk bagian meja belajar, anda dapat menggunakan meja belajar sendiri-sendiri untuk anak anda. Pastikan letak meja sesuai dengan kondisi kamar dan tema yang digunakan agar lebih memberi kesan yang bagus untuk kenyamanan anak dalam belajar. Jangan lupa pula untuk menaruh lampu belajar.
  5. Dekorasi
    kamar-tidur-minimalis-anak-perempuan-46
    Anda bisa menambahkan dekorasi lucu seperti mainan anak atau boneka untuk di letakkan di kamar. Atau hiasan yang sesuai dengan karakter sih anak. Pastikan juga hiasan yang di taruh tidak terlalu menumpuk atau banyak.

Itulah tadi beberapa tips dalam mendesain kamar untuk anak yang mungkin bisa anda coba dirumah. Jika bisa, ajaklah si anak untuk ikut turut berpartisipasi dalam menata kamarnya. Agar si anak lebih aktif dan hasil yang sesuai dengan keinginan si kecil.

SHARE

LEAVE A REPLY