11 Desain Rumah Unik Di Dunia

0
6392
11 Desain Rumah Unik Di Dunia

11 Desain Rumah Unik Di Dunia – Setiap orang pasti memiliki sebuah bayangan tentang rumah impiannya. Entah sebuah rumah mungil dengan tema klasik dipenuhi bunga warna-warni, rumah mewah dan elegan, atau justru sebuah rumah sederhana dengan desain minimalis yang simpel. Well, setiap orang bebas memilih seperti apa rumah impiannya nanti. Umumnya kebanyakan orang menginginkan rumah dengan desain yang sudah banyak ditemukan pada rumah lain, tapi ada lho beberapa orang yang memiliki selera unik dengan membuat sebuah rumah impian yang unik, dan berbeda dari yang lain, bahkan mungkin menjadi satu-satunya orang yang memiliki rumah dengan desain unik di dunia. Lalu apakah anda penasaran, se-unik apa sih desain rumah-rumah tersebut? Seperti yang dilansir oleh brilio.net, berikut ini 11 rumah unik di dunia!

1. The Upside Down House – Polandia

32
Sumber: brilio.net
Jika anda ingin merasakan sensasi memiliki rumah terbalik, anda bisa menemukannya di Polandia. Di negara ini anda akan menemukan sebuah rumah yang mampu membuat anda merasa heran sekaligus takjub ketika melihatnya. Rumah dengan nama The Upside Down House ini, sebenarnya memiliki desain rumah yang biasa saja, namun yang membuatnya istimewa adalah penempatan rumahnya yang berbeda dari yang lain. Jika biasanya anda akan menemukan atap menjadi bagian rumah yang paling atas, di rumah ini, atapnya merupakan bagian rumah yang paling dasar. Yup, sesuai dengan namanya rumah ini dibuat terbalik, bukan hanya pada bagian luarnya tapi juga semua ruangan yang ada didalamnya seperti kamar tidur, toilet, dapur, bahkan pintu dan jendelanya juga. Rumah menakjubkan ini dibangun oleh seorang desainer filantropis asal Polandia bernama Daniel Czapiewski dengan desain seperti pada rumah-rumah di tahun 1970-an lengkap dengan ruangan-ruangannya seperti ruang tv, dapur, kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan-ruangan lainnya.
2. Crazy House -Vietnam

2
Sumber: brilio.net


Anda ingin melihat sebuah rumah dengan desain yang unik? Anda tidak perlu jauh-jauh ke ujung benua lain untuk melihatnya. Cukup beberapa negara dari negara kita, anda akan menemukan sebuah rumah dengan fungsi sebagai hotel yang memiliki desain eksentrik dan super aneh. Yup, Crazy House adalah sebuah bangunan hotel yang dibuat pada tahun 1990 oleh seorang arsitek eksentrik bernama Dang Viet Nga. Hotel ini terlihat aneh karena orang-orang menyebutnya sebagai bangunan “ekspresionis”. Bagaimana tidak, jika dilihat dari luar saja, rumah ini terlihat tidak “beraturan”. Selain berfungsi sebagai hotel, bangunan rumah unik ini pun kini menjadi destinasi wisata yang bisa menarik sekitar 90.000 pengunjung setiap tahunnya. Wow! Angka yang fantastis bukan untuk sebuah rumah?

Baca juga : Arsitektur yang Tepat Bikin Bandara Sejuk Tanpa Pendingin Udara

3. The Toilet House – Korea Selatan

3
Sumber: brilio.net

Saat mendengar namanya mungkin anda akan sedikit heran. The Toilet House atau dalam bahasa Indonesia bernama Rumah Toilet ini memang benar-benar ada. Rumah ini terletak di Korea Selatan tepatnya terletak di dalam Taman Toilet Suwon, sekitar satu jam dari kota Seoul. Dulunya rumah ini menjadi tempat tinggal Sim Jae-duck, pendiri dan presiden pertama Asosiasi Toilet Dunia (World Toilet Association). Meski terdengar aneh untuk ukuran sebuah asosiasi, namun World Toilet Association ini memiliki misi untuk menyebarkan manfaat toilet higienis di seluruh dunia.

4. Shoe House – Afrika Selatan

4
Sumber: brilio.net


Pernah membayangkan tinggal di dalam sebuah sepatu? Di Afrika Selatan, tepatnya di provinsi Mpumalanga telah dibangun sebuah rumah sepatu oleh seorang pengusaha dan seniman bernama Ron Van Zyl pada tahun 1990. Sebenarnya rumah ini dibangun untuk istri dari Ron Van Zyl yang bernama Yvonne, yang mengatakan menginginkan sebuah sepatu. Dan romantisnya, sang pengusaha membuatkan sebuah rumah sepatu untuk istrinya. Diluar dari itu, rumah ini merupakan bagian dari proyek yang lebih besar yang mencakup perkemahan, vila, kolam renang, restoran, bar, dan toko. Jadi apakah anda juga tertarik membangunkan sebuah rumah berbentuk sepatu untuk istri anda?
5. Bio-Climatic Solar House – Prancis

5
Sumber: pinterest.com
Nama lain dari bangunan unik ini adalah Heliodome dan dibangun di Cosswiller, pedesaan Alsacian dekat Strasbourg, Perancis Timur. Rumah yang dibangun pada 4 agustus 2011 ini di desain sebagai jam matahari tiga dimensi raksasa, ditetapkan dalam sudut tetap yang dikaitkan dengan pergerakan matahari. Tujuannya adalah untuk menjaga keteduhan selama berbulan-bulan di musim panas dan menjaga agar suhu tetap dingin. Selain itu ruangan ini pun membuat sinar matahari di musim dingin, musim gugur, dan musim semi tetap dapat masuk ke jendela sehingga pemanasan ruangan hidup.
6. Crocodile House – Pantai Gading
 
6
Sumber: ultraswank.net
Rumah yang di arsiteki oleh seniman Moussa Kala ini dibangun di kota Abidjan, bekas ibukota Pantai Gading. Menurut pemilik rumah, Thierry Atta rumah ini menarik perhatian orang disekitarnya. Tidak jarang mereka takjub dan tersenyum saat melihat rumah eksentrik ini. Tentu saja anda akan takjub, karena tidak banyak bukan rumah yang memiliki bentuk seperti buaya di dunia ini?
7. Bubble House – Prancis
 
7
Sumber: ultraswank.net
Umumnya ruah berbentuk kotak atau persegi panjang dengan atap yang berbentuk prisma segitiga. Tapi di Perancis, anda akan menemukan sebuah rumah yang berbentuk bulat menyerupai bubble atau gelembung. Rumah unik ini dirancang oleh seorang arsitek terkenal asal Prancis bernama Antti Lovag. Meski pun bernama Bubble House, rumah ini memiliki fungsi sebagai tempat penyelenggaraan pesta festival legendaris dan acara besar.
8. Space House -Tennessee
 
8
Sumber: offbeattenn.com
 
Bagi anda yang terobsesi dengan UFO dan kehidupan alien di luar bumi, ada satu tempat menarik yang wajib anda datangi selain Nevada area 51. Yups, Space House! Dari namanya saja, mungkin anda sudah membayangkan rumah ini pasti memiliki desain yang berhubungan dengan segala sesuatu dari luar angkasa. Space House atau rumah angkasa ini tidak berada di angkasa, tapi berada di Signal Mountain, Tennessee. Dibangun pada tahun 1973, rumah ini memiliki bentuk seperti piring terbang atau UFO ini dibangun oleh Curtis King. Rumah ini dibangun untuk anaknya.
9. Dar Al-Hajar – Yaman
 
9
Sumber: freeyork.org
 
Bangunan ini merupakan arsitektur khas Yaman. Dar Al-Hajar ini menjulang tinggi dan memiliki lima lantan dengan banyak jendela di tepiannya. Tempat yang dibangun oleh Imam Yahya (di Yaman dulu, negara tidak dipimpin oleh presiden atau raja melainkan seorang pemuka agama islam) pada tahun 1930 ini terbuka untuk umum. Yang unik bangunan ini dibangun di atas bebatuan dan sebagian pohon sehingga membuatnya terkesan seperti muncul tiba-tiba di bebatuan.
10. Antilia -India
 
10
Sumber: india.com
 
Rumah ini disebut-sebut sebagai rumah termahal di dunia. Dibangun dan dihuni oleh orang terkaya di India dan nomor sembilan dunia versi majalah Forbes, Mukesh Ambani. Sayangnya meski pun disebut sebagai rumah termahal, rumah yang memiliki tiga helipad, enam lantai parkir, dan serangkaian kebun yang terkesan mengambang ini justru disebut-sebut sebagai rumah yang memiliki keberuntungan buruk jika dilihat dari arsitektur India kuno, vastu shastra. Tradisi hindu kuno vastu shastra menekankan pentingnya bangunan rumah menghadap matahari terbit, tapi rumah Antilia ini dikatakan tidak memiliki jumlah jendela yang cukup di sisi timurnya.
11. Boeing 727 House – Kosta Rika
 
11
Sumber: luxos.com
 
Jika anda melihat gambar rumah ini, anda berfikir seorang arsitek terkenal dan handal membuat sebuah replika pesawat. Namun pada kenyataannya bangunan yang berfungsi sebagai hotel ini benar-benar melibatkan sebuah pesawat tua. Para pengunjung bisa menikmati rasanya menginap di pesawat yang pernah membawa penumpang ke seluruh dunia dibawah bendera Columbian Avianca Airlines. Jika anda penasaran, hotel bergaya unik ini menjadi bagian dari Resor Costa Verde yang terletak di tepi Taman Nasiona Manuel Antonia, Kosta Rika.
Sumber : desainrumahnya.com

SHARE