Cara Cari Rumah Murah dan Bagus

0
445
Cara Cari Rumah Murah dan Bagus

Cara Cari Rumah Murah dan Bagus – Tidak perlu takut akan banyak pesaing karena Anda berbagi salah satu rahasia sukses bisnis properti. Berbagi informasi yang kita miliki berarti informasi baru datang dari arah yang tidak terduga, yang memungkinkan Anda menerima beberapa manfaat sekaligus, seperti menerima pahala, informasi baru yang lebih baik, menjadi orang yang berguna.

baca juga : Tips Hemat Bangun Rumah Sendiri Dengan Biaya Murah

Untuk memulainya, Anda perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu yang bisa dilakukan untuk memudahkan mencari rumah murah dan bagus.

Mengumpulkan Informasi Melalui Internet

Saat ini, semua informasi dapat dengan mudah ditemukan melalui internet. Ada banyak platform online yang bisa membantu Anda mengetahui perkiraan harga rumah di daerah yang ingin Anda tinggali. Beberapa perusahaan dan individu telah melengkapi jual beli rumah dengan gambar, harga, dan informasi pendukung lainnya dengan menggunakan situs jual beli rumah online.

Memantau Situs Rumah Subsidi

Khusus bagi Anda yang sedang mencari rumah pertama, Anda bisa melacak rumah bersubsidi. Perumahan bersubsidi ini biasanya sudah terverifikasi oleh bank, sehingga legalitasnya lebih terjamin. Harganya bisa lebih murah dari harga pasaran. Di sini Anda dapat menemukan informasi rinci tentang perumahan bersubsidi.

Hemat Uang dengan Rumah Lelang

Jangan memandang rumah lelang dengan sebelah mata. Jika melihat dengan seksama, Anda bisa mendapatkan rumah lelang yang berkualitas dengan harga di bawah harga pasar. Informasi tentang rumah lelang dapat anda temukan di website Ditjen Kekayaan Negara atau di website beberapa bank, dan anda juga dapat mengikuti lelang jual beli rumah yang diselenggarakan oleh Bank penyedia KPR, pemerintah maupun perusahaan swasta.

Rajin mencari Informasi di Media Sosial

Belakangan ini banyak agen properti yang memasarkannya di media sosial. Dari Facebook, Twitter, Instagram hingga TikTok, sudah ada informasi tentang properti atau proyek baru yang menarik. Tahukah Anda, beberapa pengembang bahkan memiliki penawaran khusus bagi mereka yang melihat iklan melalui media sosial.

Mengunjungi Event Pameran Properti

Semenjak pandemi COVID-19, kegiatan pameran properti justru menurun drastis, bahkan hampir tidak ada. Namun, bukan berarti hal itu menghentikan semangat para pengusaha properti. Misalnya, telah menyelenggarakan beberapa pameran properti virtual dan open house yang dapat dihadiri melalui Zoom atau Google Meetings.

Melihat Prospek Lingkungan

Melihat prospek beberapa tahun ke depan, kemungkinan rumah yang dibeli hari ini akan berlipat ganda, karena perkembangan kawasan sangat cepat dan membutuhkan banyak hunian. Selain itu, harga normal NJOP (nilai jual objek kena pajak)  tanah dan bangunan di lokasi rumah juga harus dilihat, yang dapat digunakan untuk memperkirakan seberapa mahal atau murah rumah tersebut.

Bekerja Sama dengan Agen Properti Tepercaya

Seperti makelar atau agen broker properti, mereka cenderung datang ke spesialis ketika ingin melakukan sesuatu, seperti jika ban kita kempes, kita mencari ganti ban, jika kita sakit, cari dokter. Jadi kalau kita mau jual rumah, bisa jadi itu tujuan pertama yang dikunjungi agen properti.

Memilih Notaris Berpengalaman

Untuk pengecekan surat-surat rumah, bekerjasamalah dengan notaris atau PPAT, pejabat yang membuat tanah, jangan sampai kita mendapatkan harga yang murah, ternyata kondisi bangunannya dipersengketakan atau sertifikatnya dipalsukan, sehingga membutuhkan banyak energi dan uang untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan karena ketidaktahuan kita.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda dengan ulasan diatas cara cari rumah murah dan bagus.

SHARE