20 Tempat Ibadah di Dunia dengan Desain Mengagumkan Dan Terindah

0
4063

20 Tempat Ibadah di Dunia dengan Desain Mengagumkan dan Terindah – Arsitektur rumah beribadah memang sangat bervariasi disesuaikan dengan tempat maupun waktu. Misalnya sebuah gereja pada abad 10, memiliki desain modernis geometris kaca dan baja.

Sementara untuk kuil, arsitekturnya lebih rumit dengan ukiran-ukiran patung maupun ukiran di kayu. Selain itu, arsitektur tempat ibadah juga dipengaruhi oleh sejarah, terutama jika rumah ibadah tersebut mengalami rekonstruksi.

Rumah ibadah memiliki arsitektur yang sangat indah, hal tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya perbedaan abad ataupun sejarah, arsitektur yang diciptakan sangat indah, bahkan melampaui batas geografis.

Seperti dilansir architecturaldigest, berikut arsitektur 20 rumah ibadah yang sangat mengagumkan dan Terindah.

1. Las Lajas Sanctuary di Colombia
Las Lajas Sanctuary, Ipiales, ColombiaMenurut legenda, Maria muncul di sekitaran sungai Guaitara pada 1754. Dirinya memdorong warga sekitar membangun gereja basilica dengan gaya Gothic Revival pada 1916.

Gereja selesai dibangun pada 1949, dan menjadi salah satu gereja yang mampu terhubung dengan dinding sebuah bukit yang dihubungkan oleh jembatan dengan ketinggian 160 kaki.

2. Paro Taktsang di Bhutan
Paro Taktsang, BhutanTerletak di tebing lebih dari 10.000 kaki di atas permukaan laut di Bhutan adalah ikon Paro Taktsang, atau  biara Tiger Nest. Hal ini dianggap sebagai tempat dimana Buddhisme diperkenalkan ke negara terkenal yang terisolasi, ketika Guru Padmasambhava bermeditasi di sebuah gua tebing pada abad kedelapan. Biara dibangun di sekitar pintu masuk ke gua di tahun 1692 oleh penguasa Gyalse Tenzin Rabgye, tapi kemudian terbakar habis dalam kebakaran dahsyat di tahun 1998. Seluruh kompleks dibangun kembali pada tahun 2005.

3. The Hassan II Mosque di Morocco
Hasil gambar untuk The Hassan II Mosque di MoroccoSebagai masjid terbesar di Maroko dan terbesar ke 7 di dunia, masjid ini juga menawarkan pemandangan dari ketinggian 689 kaki. Dengan pemandangan langsung Samudera Atlantik membuat masjid ini semakin menakjubkan.

4. Wat Rong Kuhn di Thailand
Wat Rong Khun, Chiang Rai, Thailand

Kuil yang serba putih di Thailand ini adalah yang paling unik di antara kuil Buddha lainnya di dunia. Desain rumit, serta hiasan yang khas dibuat oleh seniman Chalermchai Kositpipat. Diperkirakan pembangunannya selesai selama 90 tahun.

5. Prambanan di Indonesia
Hasil gambar untuk Prambanan di Indonesia

Sebagai candi Hindu yang terbesar dan paling indah di Indonesia, Prambanan memiliki tiga candi utama yang berada di kompleks. Bangunan tersebut dari abad ke 9 dan merupakan salah satu situs dunia UNESCO.

6. Lotus Temple, New Delhi, India

Lotus Temple, New Delhi, India

Dibangun pada tahun 1986 oleh arsitek Fariborz Sahba, struktur terdiri 27 berdiri vertikal marmer “kelopak” dan bisa muat 2.500 orang di dalam. Sejak pembukaannya, lebih dari 70 juta orang telah mengunjungi rumah unik ini ibadah, membuatnya menjadi salah satu atraksi paling populer di negeri ini.

7. Borgund Stavechurch, Borgund, Norway

Borgund Stavechurch, Borgund, Norway

Dibangun sekitar tahun 1180,  Borgund Stavechurch adalah salah satu gereja kayu tradisional terbaik-diawetkan di Norwegia. Sebuah batu fondasi ditambahkan desain untuk membantu mencegah pembusukan yang menghancurkan gereja kota sebelumnya, dan bangunan didukung oleh 12 posting vertikal, atau tongkat. Pintu dan bagian atap yang berukir dengan naga untuk menangkal roh jahat. Baru-baru ini gereja digunakan sebagai inspirasi bagi arsitektur dalam film Disney Frozen.

8. Chapel of the Holy Cross, Sedona, Arizona

Chapel of the Holy Cross, Sedona, Arizona

Pada 1930, setelah visi dari salib tersebar di Empire State Building, pematung Marguerite Brunswig Staude terinspirasi untuk membangun sebuah katedral gedung pencakar langit di Eropa dan meminta bantuan Lloyd Wright, anak Frank Lloyd Wright. Tapi ketika Perang Dunia II meletus, mereka terpaksa menunda proyek. Setelah perang dia direvisi idenya dan mengambil sebuah situs dekat rumahnya di Sedona, Arizona. (Wright meninggalkan proyek ketika Staude menolak untuk menempel pada desain awal.) Gereja Katolik selesai pada tahun 1956, dengan bantuan dari San Francisco firma arsitektur Anshen & Allen, dan terdapat salib besar di ketinggian batu merah yang terjal dan didefinisikan siluet struktur.

9. Golden Temple, Amritsar, India

Golden Temple, Amritsar, India

Golden Temple-juga disebut Sri Harmandir Sahib atau Sri Darbar Sahib-adalah kuil paling suci dalam agama Sikh. Terletak di barat laut India, dekat perbatasan Pakistan, kuil marmer dibangun di 1601 oleh Guru Arjan Sahib dan terletak ditengah kolam dan dapat dilalui oleh jalan lintas marmer 202-kaki-panjang. Interior megah dihiasi dengan permukaan emas dan bertatahkan marmer dengan batu semimulia. Bangunan di lakukan penyepuhan eksterior tahun 1830, ketika Maharaja Ranjit Singh mensponsori beberapa perbaikan mewah.

10.Great Mosque of Djenné, Djenné, Mali

Great Mosque of Djenné, Djenné, Mali

Awalnya dibangun pada abad ke-13 dan direkonstruksi pada tahun 1907, Masjid Agung Djenné yang terbuat dari batu bata lumpur dan jerami ditutupi dengan plester lumpur, dan balok kelapa-kayu. Setiap tahun selama festival yang dikenal sebagai Crepissage de La Grand Mosquée, tukang batu lumpur menambahkan lapisan baru, menggunakan balok  dari façade sebagai perancah. Seiring waktu telah menjadi situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

11.Hallgrímskirkja, Reykjavik, Iceland

Hallgrímskirkja, Reykjavik, Iceland

Hallgrímskirkja berdiri hampir 250 kaki. desain yang unik arsitek Gudjon Samuelsson bagi gereja Lutheran terinspirasi oleh arus lava basal Islandia. Selesai pada tahun 1937 dan dinamai oleh penyair agama bernama Hallgrimur Pétursson.

12.Jubilee Synagogue, Prague

Jubilee Synagogue, Prague

The Jubilee Synagogue, juga dikenal sebagai Synagogue Yerusalem  lokasi di jalan Jeruzalemska, dibangun pada tahun 1906 untuk memperingati ulang tahun ke-50 dari kenaikan takhta Austro-Hungarian Kaisar Franz Joseph.  Dirancang oleh arsitek Wina Wilhelm Stiassny, struktur bergaris khas menggabungkan Moor, Bizantium, dan gaya Art Nouveau dan dikenal indah dengan interior yang rumit dicat.

13.Kizhi Pogost, Kizhi Island, Russia

Kizhi Pogost, Kizhi Island, Russia

Situs Warisan Dunia UNESCO ini  mengandung dua gereja-yaitu gereja di  abad ke-17 dan ke-18 abad dan sebuah menara lonceng 1862 lainnya. Kapel dibangun seluruhnya dari kayu, dan satu ditunjuk untuk digunakan musim panas dan yang lainnya untuk musim dingin, praktik umum di Rusia pada saat itu.

14. Korean Presbyterian Church, Oakland, New Jersey

Korean Presbyterian Church, Oakland, New Jersey

15. Pura Taman Ayun, Bali, Indonesia

Pura Taman Ayun, Bali, Indonesia

Dibangun pada tahun 1634, Pura Taman Ayun dulunya adalah kuil kerajaan dari Mengwi Kerajaan Bali. Kompleks Hindu, yang merupakan bagian dari situs Warisan Dunia UNESCO, termasuk parit dalam dan luar melindungi halaman. Di antara struktur terkenal dengan alasan adalah kori agung, atau gateway, yang mengarah ke halaman paling, dan dua lusin meru, atau menara pagoda-seperti, dibuat untuk melambangkan pegunungan sekitarnya. Yang tertinggi, sebuah meru 11-berjenjang, referensi Gunung Batukau, gunung kedua tertinggi di Bali.

16. Sakirin Mosque, Istanbul

Sakirin Mosque, Istanbul

Dibangun oleh keluarga Turki sebagai penghormatan kepada orang tua mereka, Masjid Sakirin diresmikan pada tahun 2009 dan dianggap masjid pertama di Turki yang akan dirancang oleh seorang wanita, Zeynep Fadillioglu. Seorang desainer perhotelan terkenal, Fadillioglu membayangkan interior dan membuat modifikasi arsitektur untuk bangunan setelah arsitek Husrev Tayla meninggalkan proyek sebelum selesai. desain nya, yang meliputi lampu besar menyerupai air hujan yang jatuh, pirus mihrab cerah, dan jendela tertutup logam yang rumit, menafsirkan desain tradisional Islam melalui lensa kontemporer.

17.Temple of Heaven, Beijing

Temple of Heaven, Beijing

Dikenal sebagai Taman Tiantan, Kuil Surga terletak di selatan Kota Terlarang di Beijing. Altar asli dari situs Warisan Dunia UNESCO ini selesai pada 1420 selama Dinasti Ming dan merupakan tempat untuk mempromosikan panen sukses. Sekarang taman, berisi beberapa highlights arsitektur, termasuk Imperial Vault of Heaven, Edaran Mound Altar, dan Halaman Syukuran untuk Panen Melimpah. Yang terakhir, ditampilkan di sini, adalah bangunan melingkar berwarna cerah yang seluruhnya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku.

18.Sri Ranganathaswamy Temple, Tamil Nadu, India

Sri Ranganathaswamy Temple, Tamil Nadu, India

Kompleks candi terbesar di India, Sri Ranganathaswamy Temple didedikasikan untuk Ranganatha, bentuk berbaring dewa Hindu Wisnu. Sementara tanggal asal candi tidak diketahui, prasasti arkeologi berasal dari abad kesepuluh. The 156-acre kompleks terdiri dari tujuh kandang yang berisi 21 gopurams hiasan, atau menara Dravida gaya.

19.Sofia Synagogue, Sofia, Bulgaria

Sofia Synagogue, Sofia, Bulgaria

Arsitek Austria-Hongaria Friedrich Grunanger dikombinasikan Moor, Wina separatis, dan elemen Venetian di desain Synagogue Sofia, sinagoga Sephardic terbesar di Balkan. Dibangun pada tahun 1909, bangunan berkubah berbatasan dengan delapan menara, dan interior indah yang meliputi mosaik Venesia dan kolom marmer. Bangunan rusak parah selama pemboman pada tahun 1944, dan perpustakaan Judaica terkenal yang hancur. Sinagoga dipulihkan untuk menghormati ulang tahun ke-100-nya dengan dana dari World Monumen Fund.

20.Temppeliaukio Church, Helsinki

Temppeliaukio Church, Helsinki

Gereja-juga Temppeliaukio Helsinki dikenal sebagai Rock Church- oleh  arsitek Timo dan Tuomo Suomalainen dan selesai pada tahun 1969. Kapel ini digali dari batu-alami kencan slab dari Zaman Es berfungsi sebagai altar-dan interior yang dramatis menggabungkan estetika modern dan bahan organik. Kubah tembaga berlapis, dibingkai oleh 180 jendela sempit, menambah kehangatan kudus oval, yang menawarkan akustik yang luar biasa. Sedangkan desain dulunya kontroversial, gereja Lutheran telah menjadi salah satu tujuan wisata populer kota ini.

Itulah artikel 20 Tempat Ibadah di Dunia dengan Desain Mengagumkan dan Terindah. Semoga bermanfaat

baca juga : Properti Eksterior India Rancang Tempat Ibadah Tertinggi di Dunia

 

LEAVE A REPLY