5 Rumah Unik Ini Gunakan Atap Hidup, KEREN!

0
1482
5 Rumah Unik Ini Gunakan Atap Hidup, KEREN!

5 Rumah Unik Ini Gunakan Atap Hidup, KEREN! – Sebagian orang mungkin hanya menganggap atap rumah sebagai pelindung dari guyuran hujan dan terik matahari. Namun di tangan arsitektur handal, atap rumah dapat dibuat menjadi karya seni hidup yang indah.

Seperti dilansir Archdaily, setidaknya terdapat lima rumah dengan atap hidup yang dihiasi ornamen hidup yang berhasil dirangkum.

1. Bangunan yang terletak di Adirondack, Newyork, United States, ini terinsiprasi oleh tradisi Adirondack Great Camps. Arsitektur atap bangunan ini, ditambah dengan karpet rumput yang menyelimuti mendorong bangunan tersebut menyatu dengan lanskap di sekitarnya. Atap-atapnya yang dibuat miring hingga menyentuh tanah mengaburkan sisi dalam dan luar bangunan.

Bolton's Landing Residence by Peter Gluck and Partners
Bolton’s Landing Residence by Peter Gluck and Partners

2. Rumah dengan luas 226 meter persegi yang berlokasi di Tan Binh District, Ho Chi Minh City, Vietnam tampak seperti pot tanaman raksasa. Pasalnya di atas atap bangunannya sengaja ditanam sebuah pohon berukuran besar.

Untuk membuat prototipe bangunan ini Vo Trong Nghia Architects setidaknya menghabiskan dana hingga mencapai USD156 ribu. Tujuan dari pembangunan proyek tersebut dijelaskan untuk menghadirkan ruang hijau di tengah kota yang mulai padat dan hanya tersisa sedikit ruang.

download-4

3. Jika ingin memiliki rumah bernilai artistik dengan anggaran terbatas nampaknya konsep rumah yang diusung ALARCÓN + ASOCIADOS yang berada di León, Spain menjadi pilihan tepat.

Rumah dengan luas 310 meter per segi ini terinspirasi oleh gaya arsitektur tradisional China. Keunggulan rumah ini memiliki cadangan energi berkelanjutan. Ditambah, saat memasuki musim dingin suhu di dalam rumah tetap terasa hangat dan ketika memasuki musim panas suhu udara akan terasa sejuk.

download-5

4. Di Braga, Portugal terdapat sebuah rumah yang tampak menyatu dengan hamparan padang rumput di sekitarnya. Sebagian sisi bangunan yang seolah masuk ke dalam gundukan tanah memberikan sensasi berada di ruangan bawah tanah.

Di dalam ruangan bangunan yang dirancang Carvalho Araújo ini diberikan sentuhan kesederhanaan arsitektur.

Sebagian ruang interior di bangunan ini tertutup, sebagian lainnya yakni di sisi timurnya memiliki ruang terbuka yang menyajikan visual luar angkasa.

download-6

5. Arsitektur rumah minimalis dengan bentuk persegi ini tampak unik dipadukan dengan atap yang dipenuhi rumput hidup. Ditambah lagi, bangunan ini berada di pinggir tebih yang menghadap langsung ke laut.

Bangunan yang terletak di Loredo, Ribamontán al Mar, Cantabria, Spain dan diarsitekturi oleh Nolaster memiliki luas kotak prisma 22X22 meter.

download-7

Baca Juga  :

Sumber : okezone.com

 

SHARE

LEAVE A REPLY