3 Jenis Hewan Peliharaan Rumah

0
3504
3 Jenis Hewan Peliharaan Rumah

3 Jenis Hewan Peliharaan Rumah

Mempunyai hobi memelihara hewan merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Hewan yang lucu, cantik dan imut menjadikan memeliharanya menjadi rileks dan tersenyum. Bahkan bagi sebagian orang, memilih hewan untuk dijadikan sahabat atau teman curhat yang menyenangkan.

Ada banyak jenis hewan yang bisa dipelihara di rumah. Dari jenis mamalia, reptil, dan unggas. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa jenis hewan peliharaan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia berikut cara perawan. Baca sampai habis ya guys !!!

Jenis Mamalia

Jenis hewan mamalia termasuk jenis hewan yang sering dipelihara oleh kebanyakan orang di dunia. Pengertian hewan mamalia adalah hewan yang memiliki tulang belakang. diantara ciri-ciri hewan jenis mamalia ialah:

  • Mempunyai tulang belakang
  • Memiliki bagian tubuh untuk bergerak
  • Oenggunakan paru-paru untuk bernafas
  • Organ jantungnya memiliki 2 serambi dan 2 bilik
  • Perkembangbiakkannya dengan melahirkan vivipar
  • Tempat berkembang embrionya di rahim.

Beberapa jenis yang hewan mamalia yang paling sering dipelihara masyarakat indonesia adalah:

  1. Kucing

    Kucing termasuk hewan mamalia karnifora dari keluarga falidae. Dikalangan masyarakat Indonesia banyak sekali orang yang memilih memelihara kuncing karena kelucuannya. Kucing juga memiliki fungsi untuk mengusir tikus dari rumah. Kucing adalah hewan yang sangat mudah untuk dipelihara dari segi perawatannya. Bahkan menurut sebagian orang yang memeliharanya kucing juga bisa dilatih supaya tidak Bab disembarang tempat.

    Beberapa jenis kucing yang sering di pelihara :

    • Kucing persia
      sumber : satujam.com
      sumber : satujam.com

      Kucing anggora

      sumber : kucingpedia.com
      sumber : kucingpedia.com
      • Kucing begal

        eq0z131xtvt
        sumber : id.tubgit.com
      • Kucing birman

        gambar-kucing-persia-himalaya
        sumber : www.satwapedia.com
      • Kucing cylon.
        sejarah2bkucing2bceylon
        sumber : www.kunucats.com
        1. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memelihara kucing adalah :
          1. Jangan memberikan makanan anjing kepada kucing
          2. Tidak perlu memandikan kucing secara rutin
          3. Sikat bulu secara rutin untuk menghilangkan bulu mati.
  2. Marmut

Marmut adalah hewan pengerat yang tergolong kedalam familia Sciuridae. Jika dirawat dengan baik marmut bisa bertahan sampai beberapa tahun. Bahkan bisa berpeluang memenangkan kontes marmut yang berhadiah cukup besar. Namun sangat disayangkan karena bagi sebagian orang merasa takut dengan bentuk tubuhnya yang separti tikus.

sumber : www.youtube.com
sumber : www.youtube.com

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam memelihara tikus :

  • Kandang yang luas, memiliki fentilasi udara yang cukup, tidak terbuat dari kawat.
  • Memberi makanan secara rutin.
  • Sediakan jerami dalam kandang
  • Persediaan air minum dalam kandang
  • Kebersihan kandang
  • Merawat bulunya dengan sisir khusus

3. Kelinci

sumber : gideonyusdianto.com
sumber : gideonyusdianto.com

Di negara Indonesia hewan kelinci merupakan hewan peliharaan yang banyak di pelihara. Bahkan bagi sebagian orang menggunakan hewan ini sebagai ladang bisnis yang bagus. Bulunya yang cantik dan tingkah lakunya yang lucu nan menggemaskan menjadikannya disukai oleh anak anak. Cara merawat kelinci hampis sama seperti hewan marmut.

Jenis Unggas

Unggas adalah hewan yang memiliki kelas aves (bersayap). Ciri-cirinya adalah berbulu, memiliki paruh, dua kaki dan berkembang biak dengan cara bertelur. Jenis hewan peliharaan ini banyak dipilih karena mudah merawatnya dan biasanya menyertakannya dalam kompetisi-kompetisi. Jika menang harga Unggas yang dipelihara akan semakin mahal untuk dijual. Berikut beberapa jenis unggas yang bisa dijadikan sebagai peliharaan :

  1. Ayam

    Mungkin bagi sebagian orang hewan ini jorok dan kotor. Sebenarnya jika dirawat dengan baik akan menjadikannya indah dan memiliki harga yang lumayan. Berdasarkan fungsinya ayam terbagi menjadi empet yaitu :

    • Ayam Pedaging
      sumber : muhammadeko58.wordpress.com
      sumber : muhammadeko58.wordpress.com
    • Ayam Petelur

      sumber : pelatihanayamkampung.blogspot.com
      sumber : pelatihanayamkampung.blogspot.com
    • Ayam Hias

      sumber : tipayamkate.blogspot.com
      sumber : tipayamkate.blogspot.com
    • Ayam Petarung.

      sumber : www.ngasih.com
      sumber : www.ngasih.com

    Biasanya Ayam yang memiliki harga tinggi adalah ayam hias karena jika menang dalam sebuah kontes harganya akan menjadi sangat mahal.

    1. Burung Merpati

      sumber : danstrefour.blogspot.com
      sumber : danstrefour.blogspot.com

      Burung Merpati atau juga biasa dikenal dengan sebutan burung dara termasuk kedalam famili Columbidae. Unggas jenis ini biasa dipelihara dan diperlombakan karena kecantikannya atau kecepatan ketika terbang. Memiliki mepati yang berkualitas harus di didik dari piyik.

    2. Burung Kakatua

      Burung Kakatua merupakan jenis burung hias yang memiliki bulu cantik dan suara yang melengking (bagus). Selain dua kelebihan tadi burung kakatua adalah burung yang memiliki tingkat kecerdasan yang lumayan dalam hal meniru suara. Beberapa jenis kakatua yang sering di pelihara adalah :

      • Kakatua raja hitam

        sumber : alamendah.org
        sumber : alamendah.org
      • Kakatua putih

        sumber : ocehankenari.blogspot.com
        sumber : ocehankenari.blogspot.com
      • Kakatua Maluku.
        sumber : realparrot.blogspot.com
        sumber : realparrot.blogspot.com

    Jenis Reptil

    Reptil merupakan hewan berdarah dingin yang memiliki keindahan tersendiri. Seperti warna dan keunikan yang dimiliki hewan reptil ini mampu menyita perhatian para pecinta hewan. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada komunitas pecinta hewan reptil. Meski menyeramkan hewan jenis reptil sangat bagus dan mempunyai keunikan tersendiri. Brikut beberapa jenis reptil yang unuk untuk di pelihara :

    1. Bearded Dragon atau Pogona

      sumber : wallpapercave.com
      sumber : wallpapercave.com

      Hewan ini berasal dari benua Australia. Mungkin jika ada yang betanya kenapa dinamakan bearded dragon ? karena jika reptil ini merasa terancam akan melindungi dirinya dengan cara lehernya mengeluarkan sesuatu seperti ‘jilatan api’ sehingga akan nampak seperti naga. Sebenarnya reptil ini tidak galak dan memiliki ciri-ciri panjangnya 2 meter dan kulitnya berwarna cokleat dan kuning.

    2. sumber : colubridaelovers.blogspot.com
      sumber : colubridaelovers.blogspot.com

      Di negara Indonesia ular ini lebih dikenal dengan sebutan ular jagung. Coraknya sangat bagus dengan pola lurik yang menarik. Jenis ular ini memiliki panjang rata-rata 1.2 – 1.8 meter. Makanan faforitenya adalah tikus. Hebatnya ular ini dapat bertahan sampai umurnya 23 tahun.

    3. Leopard Gecko

      sumber : www.deviantart.com
      sumber : www.deviantart.com

      Jenis reptil ini menjadi faforit para penggemar reptil karna keindahan warna, ketahanan terhadap situasi apapun dan memiliki ciri kulit yang bergelombang. Panjangnya kisaran 20 – 29 centimeter dan memiliki berat 46-67 gram. Makanan yang paling disukai reptil ini adalah jangkrik dan laba-laba. Dalam merawat Leopard Gecko diperlukan kehati-hatian yang tinggi karena erkornya mudah sekali lepas.

    4. Chameleon

      sumber : kids.nationalgeographic.com
      sumber : kids.nationalgeographic.com

      Bunglon chameleon memiliki kekurangan yaitu gampang stress jika lingkungan yang ia tempati tidak sama dengan lingkungan yang sebelumnya.`Jika mereka stres akan menyebabkan kematian. Karenanya bunglon ini tidak suka dengan banyaknya campur tangan dengan si pemilik. Makanannya hampir sama seperti Leopard Gecko.

    Memelihara hewan peliharaan merupakan sebuah tanggung jawab. Rawatlah dan jaga hewan tersebut dengan baik. Memutuskan memiliki hewan peliharaan berarti harus menerima semua konsekuensi seperti mengeluarkan biaya, energi dan waktu luang untuk pemeliharan yang baik. sekian dan terimakasih.

sumber : pajaa.com

SHARE

LEAVE A REPLY