Hati-Hati! Ini Dia Penyebab Rumah Kebakaran Yang Sering Di Remehkan

0
42
Hati-Hati! Ini Dia Penyebab Rumah Kebakaran Yang Sering Di Remehkan

Hati-Hati! Ini Dia Penyebab Rumah Kebakaran Yang Sering Di Remehkan – Kebakaran yang tidak di inginkan bisa tiba-tiba terjadi , menyebar tanpa terkendali dan menghanguskan rumah beserta isinya dalam hitungan detik,kebakaran rumah sangat berbahaya dan mengerikan , bukan hanya kehilangan materi tetapi juga bisa kehilangan nyawa.

Memiliki polis asuransi yang tepat sangat penting untuk membantu mengurangi kerugian finansial terkait kebakaran rumah. Namun, jauh lebih baik mencegah hal-hal yang menjadi penyebab kebakaran rumah sejak awal.

Menurut statistik dari National Fire Protection Association (NFPA), terdapat lebih dari 350 ribu kebakaran rumah setiap tahunnya di Amerika Serikat (AS), yang menyebabkan lebih dari 2.600 orang meninggal dunia.  Di Indonesia sendiri, dilansir dari Kompas.id, berdasarkan data pada semester I-2023, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta mencatat sudah menangani 880 kebakaran.

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan penyebab kebakaran yang terjadi, tetapi ada beberapa penyebab kebakaran lainnya yang belum kita ketahui,atau mungkin sering kita remehkan.

Kebakaran yang Berkaitan dengan Memasak 

Kebakaran akibat memasak adalah salah satu penyebab kebakaran rumah yang paling umum terjadi, setidaknya menyebabkan sekitar 49 persen dari semua kebakaran rumah. Kebakaran ini sering kali disebabkan ominyak yang terlalu panas di atas kompor atau di dalam oven. Minyak sangat mudah terbakar jika sudah cukup panas (sekitar 600 derajat Celsius).

Ketika mencapai titik tersebut, minyak dapat terbakar secara spontan, bahkan tanpa kontak langsung dengan api. Setelah minyak terbakar, sangat sulit memadamkan api, Karena itu, jangan pernah meninggalkan dapur tanpa pengawasan saat memasak dengan minyak atau makanan yang menghasilkan minyak, seperti daging asap. Sebagian besar kebakaran dapur dimulai karena pemilik rumah meninggalkan makanan yang sedang dimasak tanpa pengawasan di atas kompor atau oven. Selain itu, bersihkan peralatan masak secara menyeluruh setelah digunakan guna mencegah penumpukan minyak dari waktu ke waktu.

Peralatan pemanas

Selanjutnya, penyebab kebakaran rumah adalah peralatan pemanas. Pemanas ruangan dan pemanas alas tiang dapat menyebabkan kebakaran rumah jika kain serta bahan mudah terbakar lainnya dibiarkan terlalu dekat dengan peralatan.  Peralatan pemanas dan pendingin dari berbagai jenis bertanggung jawab atas lebih dari 12 persen dari semua kasus kebakaran di rumah. Menurut Consumer Products Safety Commission (CPSC), sekitar 25 ribu kebakaran rumah menyebabkan lebih dari 300 kematian di AS setiap tahun (2004 hingga 2016) akibat pemanas ruangan.

Pemanas yang membutuhkan bahan bakar, seperti minyak tanah sangat berbahaya, karena dapat terbakar atau meledak jika tidak diawasi baik. Pemanas listrik dapat menyebabkan kebakaran jika kabel listrik rusak atau gorden atau kain lainnya terlalu panas saat bersentuhan dengan kumparan. Selalu ikuti petunjuk pada alat pemanas dan periksa secara teratur untuk memastikan alat dalam kondisi baik. Jangan pernah meninggalkan rumah dengan pemanas yang menyala. serta menjauhkan bahan yang mudah terbakar dari pemanas ruangan.

Kebakaran listrik ‘

Berdasarkan Electrical Safety Foundation international (EFSi) berbagai jenis gangguan listrik pada kabel rumah menyebabkan sekitar 51 ribu kebakaran setiap tahun, yang menyebabkan hampir 500 kematian, 1.400 luka-luka, dan sekitar $ 1,3 miliar dalam kerusakan properti.

Tak heran, menjadikannya penyebab kebakaran rumah nomor ketiga. Biasanya, kebakaran listrik terjadi karena korsleting listrik atau sambungan yang longgar, yang menyebabkan loncatan api menyulut bahan bangunan atau dari sirkuit yang kelebihan arus sehingga kabel menjadi terlalu panas. Kebakaran listrik sering kali terjadi di lokasi tersembunyi dan berkembang besar sebelum penghuni rumah menyadarinya. Kebakaran semacam itu kerap terjadi saat penghuni rumah sedang tidur.

Sistem kelistrikan yang terpasang dengan benar sangat aman dengan sejumlah fitur pelindung bawaan, tetapi sistem kabel yang sudah tua dan rusak dapat rentan terhadap korsleting serta kelebihan beban. Sebaiknya, periksakan kabel listrik yang ada di rumah ke teknisi listrik profesional, terutama jika Anda tinggal di rumah yang lebih tua.  Jangan melakukan perbaikan atau peningkatan listrik sendiri, kecuali Anda memahami prinsip-prinsip kelistrikan serta memiliki pengalaman melakukannya.

Hati-Hati! Ini Dia Penyebab Rumah Kebakaran Yang Sering Di Remehkan

Merokok 

Merokok tak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga menjadi penyebab kebakaran rumah. Abu dari puntung rokok berpotensi menyulut api yang dijatuhkan di atas karpet, furnitur, atau bahan yang mudah terbakar lainnya. Menurut National Fire Protection Association, kebakaran akibat rokok dan bahan rokok menyebabkan hampir 600 kematian dan lebih dari 1.100 luka-luka setiap tahun di Amerika Serikat.

Meski rokok dan bahan bakar lainnya hanya menyumbang sekitar 5 persen dari kebakaran rumah, ini adalah kebakaran yang sangat mematikan, yang bertanggung jawab atas sekitar 23 persen dari semua kematian akibat kebakaran– penyebab tunggal yang paling umum. Hal ini mungkin karena kebakaran rumah akibat rokok sering terjadi saat penghuni rumah tertidur. Jika Anda harus merokok, lakukan di luar rumah atau merokok di atas wastafel sambil menggunakan asbak guna mengurangi risiko kebakaran.

Lilin

Terakhir, penyebab kebakaran rumah adalah lilin. National Fire Protection Association mengatakan antara 2014 dan 2018, lilin menyebabkan rata-rata lebih dari 7.600 kebakaran dengan rata-rata 81 kematian dan 677 luka-luka pada setiap tahun tersebut.

Korek api dan korek api gas yang digunakan untuk menyalakan lilin juga sama berbahayanya jika ditinggalkan di tempat yang dapat dijangkau anak-anak. Simpanlah korek api di tempat aman jika Anda memiliki anak dan jangan pernah meninggalkan lilin menyala di ruangan tanpa pengawasan.

Tahun baru, Natal, dan malam tahun baru adalah waktu paling sering terjadi kebakaran yang disebabkan oleh lilin. Jauhkan api lilin setidaknya 30 sentimeter dari bahan apa pun yang dapat menyala. Pertimbangkan opsi lain untuk efek pencahayaan dekoratif. Ada lampu tanpa api bertenaga baterai yang sangat bagus dan realistis hingga berkedip-kedip seperti halnya lilin.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/desain-futuristik-ini-bikin-rumah-mu-makin-keren/