3 Tips Memilih Furnitur Built In Untuk Ruang Sempit

0
2353
3 Tips Memilih Furnitur Built In Untuk Ruang Sempit

3 Tips Memilih Furnitur Built In Untuk Ruang Sempit – Memiliki rumah dengan ukuran yang luas sudah menjadi hal yang sulit untuk dimiliki. Keterbatasan lahan dan ruang yang menjadi masalah utama dari hal ini. Saat ini hunian baik apartemen maupun rumah kebanyakan berukuran mini.

Hal ini jugalah yang menuntut kita untuk pandai-pandai memilih furnitur yang cocok sesuai dengan kondisi rumah. Furnitur built in bisa jadi solusi anda mengatasi keterbatasan ruang. Jika anda membutuhkan ruang untuk tempat penyimpanan, maka anda membutuhkan furnitur built in.

Asalkan tepat dalam hal desain, pilihan bahan, dan fungsinya, maka furnitur built in sangat membantu penataan ruang. Fungsi furnitur built in adalah sebagai wadah penyimpanan barang.

Baca Juga :


Berikut 3 Tips memilih furnitur built in untuk ruang sempit

1. Tentukan fisik dan letak furnitur

Sebuah furnitur built in haruslah memiliki permukaan bidang ceruk yang rata. Pastikan permukaan dinding mulus tanpa cacat. Sebaiknya lakukan perbaikan terlebih dulu sebelum memulai memasang furnitur built in. Gunakan semen instan untuk menutup retak. Setelah itu finishing dengan cat tembok biasa.

Kepastian letak akan memudahkan penyesuaian desain, pilihan bahan, dan penataan. Semisal furnitur build in di dinding kamar mandi, tentunya area ini biasanya lembap. Tentu saja penataannya tidak sama dengan dinding di ruang keluarga yang temperatur udaranya relatif stabil. Di kamar mandi, rak perlu dilapis dengan cat duko agar tidak mudah kropos jika terkena air.

Lalu perhatikan fungsi dan posisi juga akan menentukan dimensi alias ukuran. Rak sepatu di kolong tangga menyesuaikan dengan jumlah sepatu dan sandal yang akan kamu simpan. Poin terpenting adalah adanya lubang ventilasi udara. Udara lembap atau panas yang terperangkap jika tidak dibuang akan merusak barang yang kamu simpan.

2. Buat daftar barang yang akan disimpan

Pikirkan tentang penyimpanan pakaian, perabot rumah tangga, sepatu kesayangan, atau barang pajangan koleksi? Daftar barang ini akan membantu perancangan desain furnitur built in yang paling cocok.

Kenali barang dengan membuat simulasi ukuran yang pas dan perkiraan jenis bahan yang digunakan. Jumlah barang yang disimpan akan memengaruhi ukuran desain yang akan dibuat. Akhirnya juga akan menentukan jumlah bahan dan biaya yang bakal kamu keluarkan.

3. Tentukan bahan dasar dan finishing

Biasanya bahan dasar yang lazim untuk furnitur built in adalah plywood atau multipleks dengan tebal 9 mm-18 mm. Selain mudah diinstal, plywood mudah didapat dan harganya relatif terjangkau dibandingkan kayu solid.

Nah, untuk menyimpan barang yang bebannya tidak terlampau berat, kamu dapat memilih plywood berketebalan 9 mm. Ini sudah cukup kuat untuk menampung sepatu dan sandal. Umumnya orang jarang menggunakan kayu solid sekelas jati, merbau, sonokeling, atau ulin.

Itulah 3 tips memilih furnitur built in untuk ruang sempit di rumah anda yang dapat menginspirasi anda. Semoga bermanfaat.

SHARE