4 Jenis Peredam Panas Atap Rumah

0
389
4 Jenis Peredam Panas Atap Rumah

4 Jenis Peredam Panas Atap Rumah – Pada dasarnya rumah yang nyaman terlihat bagus tidak hanya dari segi desain dan konstruksinya saja, namun juga dari segi kestabilan peredam panasnya. Tentunya rumah sudah memiliki bagian yang sangat penting yaitu atap. Tugas atap adalah melindungi rumah dari panas dan hujan, sehingga Anda bisa nyaman melakukan berbagai aktivitas di rumah.

Sebelum membangun rumah, pastikan ketinggian atap lebih dari 3 meter dengan ventilasi yang cukup agar udara dan cahaya dapat masuk. Secara umum, semakin pendek jarak antara langit-langit dan lantai, udara akan terasa semakin panas.

baca juga : 4 Barang Singkirkan dari Kamar Tidur

Ternyata atap masih memberikan rasa panas yang masuk sampai ke dalam rumah Itu sebabnya penting memasang peredam panas pada atap rumah, agar rumah terasa lebih nyaman dan tidak panas. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memilih peredam panas yang tepat untuk rumah Anda.

4 Jenis Peredam Panas Atap Rumah

1. Polyester

Jenis peredam panas plafon yang pertama sekaligus paling populer di kalangan masyarakat adalah polyester. Varian polyester yang sering digunakan masyarakat adalah polyester R3.5. Bahan ini terbukti sangat efektif dalam menyerap panas berlebih. Hingga saat ini material ini sering digunakan untuk gedung bertingkat, gedung satu lantai dan banyak ruang publik lainnya. Namun tidak masalah jika digunakan pada rumah dengan interior minimalis.

2. Aluminium Foil

Selain menjadi bahan yang efektif untuk membuat alat-alat elektronik dan penutup makanan di microwave, alumunium foil ternyata sangat cocok untuk digunakan sebagai semacam insulasi termal pada atap rumah. Hal ini dikarenakan sifat alumunium foil yang mampu menahan suhu panas. Selain itu, aluminium foil efektif menghalangi sinar UV matahari. Dan material ini sangat cocok digunakan pada atap seng.

3. Bubble Foil

Bubble foil dapat menjadi salah satu pelat pendingin yang merupakan modifikasi dari aluminium foil. Selain menjadi pemancar panas yang efektif untuk atap rumah Anda, harga tipe ini juga cukup murah. Selain itu, bahan yang terkandung dalam bubble tidak mengandung racun berbahaya dan menyerap panas dengan sangat baik, sehingga rumah menjadi lebih sejuk.

4. Polyurethane Foam

Busa ini bukanlah busa biasa, melainkan cairan poliuretan yang dibuat menjadi busa cukup padat yang berfungsi sebagai penahan panas. Menariknya, busa poliuretan sendiri dikatakan tahan cuaca dan tidak mudah rusak, serta cocok untuk semua jenis atap baik itu seng, beton, kayu, asbes, batako, metal, dan lain-lain.

Bahan ini mempunyai struktur cairan yang agak padat, sehingga mampu menyerap panas lebih kuat. Bahan atap penyerap panas ini dapat digunakan dalam jangka waktu lama karena tidak akan rusak jika terlalu lama terkena cuaca panas atau hujan. Yang menarik dari bahan ini adalah penggunaannya sangat mudah, yaitu dengan menyemprotkannya pada lapisan luar berbagai jenis atap. Sehingga cocok untuk berbagai jenis hunian.

Ini adalah beberapa jenis peredam panas atap terbaik untuk menjaga rumah Anda tetap sejuk. Dengan memasang peredam panas ini, Anda dapat membuat rumah Anda menjadi sangat nyaman dan tidak terlalu panas.

SHARE