4 Tips Cegah Kanker Payudara Bagi Wanita

0
884
4 Tips Cegah Kanker Payudara Bagi Wanita

4 Tips Cegah Kanker Payudara Bagi Wanita – Kanker payudara tidak berbeda dengan penyakit kanker lainnya, yakni bisa dicegah dan bisa disembuhkan jika ditangani sejak stadium awal. Pakar mengatakan pencegahan kanker payudara tidak harus dengan melakukan operasi pengangkatan payudara seperti yang dilakukan aktris Angelina Jolie.

“Kalau faktor-faktor yang tidak bisa diubah seperti usia dan genetik itu memang tidak bisa diapa-apakan ya. Tapi faktor risiko kanker payudara kan tidak hanya itu, ada faktor lain yang bisa dicegah seperti gaya hidup tidak sehat misalnya,” tutur dr Walta Gautama, SpB(K)Onk dari RS Kanker Dharmais, ditemui di Rumah Singgah YKPI, Jl Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat.

Baca Juga :

Lalu, apa saja langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terserang kanker payudara pada wanita? Berikut 4 tips cegah kanker payudara bagi wanita :

1. Menikah dan punya anak

90f01afe-3914-4d8b-a58f-76870facc0e6_43

Dikatakan dr Walta, kanker payudara berisiko menyerang wanita yang berusia di atas 35 tahun. Risiko akan lebih besar jika wanita sudah berusia di atas 35 tahun dan belum menikah serta memiliki anak.

Hal ini berhubungan dengan hormon kewanitaan, di mana faktor perlindungan hormon kewanitaan terhadap sel kanker berkurang jika wanita belum menikah dan melahirkan.

“Makanya kalau bisa menikahlah sebelum berusia 35 tahun. Dan jangan hanya menikah saja, punya anak juga. Karena makin meningkat sekarang pasangan yang menikah namun tidak mau memiliki anak,” paparnya.

2. Olahraga teratur

e2b49fbc-9006-4fa4-882e-30be1e6fcf49_43

Dikatakan dr Walta olahraga teratur merupakan kunci untuk mencegah berbagai macam penyakit, termasuk kanker payudara. Penelitian menyebut olahraga teratur 150 menit per minggu bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 25 persen.

“Kalau olahraga plus diet sehat, risikonya menurun hingga 30 persen. Tapi jangan dibalik, diet sehat saja tanpa olahraga tidak memiliki pengaruh untuk menurunkan risiko,” paparnya.

3. Kurangi obat hormonal

fc57b908-5454-4450-9d34-5265bf1df524_43

Obat-obatan yang memengaruhi hormon dikatakan dr Walta berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Karena itu, jika memiliki riwayat genetik, sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan hormonal.

“Jadi kalau KB pilihnya jangan yang hormonal misalnya. Pakai yang lain saja tapi tetap aman,” tambah dokter berkacamata ini.

4. Setop rokok dan alkohol

9950fe5a-950e-41f3-9b92-db2c7d0dbb2e_43

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, gaya hidup tidak sehat merupakan faktor risiko terbesar kedua setelah faktor genetik. Karena itu jika wanita tidak ingin terserang kanker payudara, jangan merokok dan minum alkohol.

“Ini bukan asal-asalan. Tapi merokok dan minum alkohol itu sudah dibuktikan penelitian bisa meningkatkan risiko terserang kanker payudara,” tutupnya.

Sumber : Detik.com

 

SHARE

LEAVE A REPLY