7 Langkah Mudah Agar Kesehatan Ginjal Tetap Terjaga – Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya sangatlah mudah dan simpel namun sayangnya kebanyakan dari kita sering kali menganggap sepele hal tersebut dan cenderung mengabaikan kesehatan ginjal mereka. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa ginjal ini adalah salah satu organ vital yang memiliki peranan penting didalam tubuh sehingga apabila fungsi ginjal ini terganggu sedikit saja maka bisa dipastikan akan membuat Anda tersiksa.

Salah satu dampak akibat dari kerusakan ginjal yang paling sangat ditakuti oleh kebanyakan orang adalah gagal ginjal. Penyakit gagal ginjal ini tidak bisa disembuhkan dan harapan hidup untuk orang-orang yang terkena penyakit ini sangatlah tipis. Meskipun pasien cuci ginjal bisa saja melakukan transplantasi ginjal dan cuci darah tetapi Anda juga harus mengetahui bahwa hal tersebut membutuhkan biaya yang sangat banyak.

Baca juga : 11 Desain Rumah Unik Di Dunia

Nah, maka dari itu sebelum semuanya terlambat maka coba ikuti beberap tips dibawah ini agar kesehatan ginjal Anda tetap terjaga.
1. Olahraga
Cara pertama yang wajib Anda lakukan apabila ingin kesehatan ginjal tetap terjaga yaitu berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh anda menjadi bugar saja tetapi juga membuat organ-organ yang ada didalam tubuh Anda menjadi sehat terutama ginjal. Cukup berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit hingga satu jam dalam sehari maka itu sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.
7 Langkah Mudah Agar Kesehatan Ginjal Tetap Terjaga
2. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat sangat penting bagi tubuh karena apabila kita tidak memperdulikan apa yang kita konsumsi maka siap-siap saja tubuh Anda akan menjadi sarang penyakit. Maka dari itu, mulai dari sekarang cobalah untuk selalu mengatur pola makan Anda dan jauhilah makanan-makanan yang tidak sehat seperti junkfood, makanan yang terlalu banyak garam, makanan cepat saji dan lainnya karena apabila kebiasaan makan tidak ini terus berlanjut maka tentu saja akan membuat kerja ginjal semakin berat untuk menyaring racun-racun dari makanan yang Anda konsumsi dan pada akhirnya ginjal akan menjadi rusak. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran agar tubuh selalu sehat dan organ ginjal Anda juga tetap sehat sehingga bisa bekerja secara optimal.
3. Menjaga Tekanan Darah
Tekanan darah yang tidak normal dan cenderung tinggi tidak hanya membuat kita beresiko terkena penyakit jantung saja tetapi juga bisa merusak kesehatan ginjal. Nah, maka dari itu usahakan agar Anda selalu mengkonsmusi makanan sehat, olahraga yang cukup serta hindari stres agar tekanan darah di dalam tubuh kita bisa tetap normal.
7 Langkah Mudah Agar Kesehatan Ginjal Tetap Terjaga
4. Menjaga Kadar Gula
Kadar guladidalam tubuh yang terlalu tinggi memang sangat membahayakan bagi kesehatan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit dibaetes. Nah, penyakit diabetes ini sering kali menyebabkan penyakit lainnya yaitu penyakit ginjal. Maka dari itu, apabila Anda ingin terhindar dari penyakit dibaetes dan penyakit ginjal maka mulailah untuk menjalani pola hidup dan maka yang sehat serta cukup olahraga agar kadar gula didalam tubuh Anda tetap normal.
5. Minum Banyak Air
Konsumsilah air putih setidaknya satu liter didalam sehari agar kesehatan dan fungsi ginjal Anda tetap terjaga. Jangan malas untuk minum air putih karena apabila tubuh kekurangan air maka tidak hanya menyebabkan dehidrasi saja tetapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah pada ginjal. Salah satu penyakit yang paling sering diakibatkan karena kurang minum air putih ini adalah batu ginjal.
6. Berhenti Merokok
Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa merokok tidak hanya bisa menyebabkan penyakit kanker saja tetapi juga bisa memperlambat aliran darah ke ginjal. Nah, apabila aliran darah  ke ginjal sudah terhambat maka hal ini sangat beresiko dan menyebabkan kesehatan ginjal Anda terganggu. Maka dari itu, jika Anda ingin ginjal tetap sehat dan normal maka mulailah untuk berhenti merokok dari sekarang.
7. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan
Sebelum mengkonsumsi obat maka ada baiknya jika Anda selalu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu karena apabila kita sembarangan minum obat maka dampaknya sangat fatal dan bisa merusak kesehatan ginjal Anda. Intinya, jangan suka minum obat sembarangan agar ginjal Anda tidak menjadi rusak.
Nah itulah 7 Langkah Mudah Agar Kesehatan Ginjal Tetap Terjaga. Sebenarnya sangat sederhana tetapi sayangnya sebagian dari kita selalu mengabaikannya.
Sumber : http://www.tribunnews.com/