4 Tips Penataan Interior Agar Nyaman Menulis Blog

0
267
4 Tips Penataan Interior Agar Nyaman Menulis Blog

4 Tips Penataan Interior Agar Nyaman Menulis Blog –¬†Berada di tempat yang nyaman tentunya menjadi keinginan semua orang, terutama saat berada di rumah. Suatu tempat termasuk rumah yang nyaman dapat membuat seseorang bahagia dan aktifitas yang dilakukan juga akan menjadi lebih produktif.

Memiliki hobi menulis blog juga memerlukan tempat yang tenang dan nyaman agar ide yang didapatkan juga lebih fresh. Bagi sebagian orang, termasuk blogger salah satu tempat yang dapat memberikan ide dan kenyamanan saat ngeblog adalah rumah.

Selain sebagai tempat beristirahat dan berkumpul bersama keluarga, rumah juga bisa digunakan sebagai tempat untuk bekerja seperti mengerjakan tugas sekolah/ kuliah, mengerjakan tugas kantor, maupun menulis blog sehingga penataan interior rumah juga perlu diperhatikan.

Menata interior rumah tak hanya berbicara mengenai peletakkan/ posisi furnitur yang ada di rumah tersebut, tapi juga berbicara mengenai nilai estetika ruang dan keselarasan antara konsep ruang dengan furnitur yang digunakan.

Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan di rumah agar menjadi lebih nyaman dan memiliki banyak ide saat menulis blog.

Berikut 4 Tips Penataan Interior Agar Nyaman Menulis Blog

Tentukan konsep

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan konsep. Poin ini merupakan poin pertama sekaligus poin yang mendasari tampilan interior rumah secara visual. Penentuan konsep ini berbicara mengenai konsep tema ruangan, penataan furnitur atau benda- benda dekorasi, dan konsep suasana yang ingin diciptakan.

Karena rumah memiliki berbagai ruangan yang berbeda fungsi dan tujuan, Anda bisa menggunakan beberapa konsep yang berbeda pada ruangan- ruangan tersebut. Akan menjadi lebih baik tentunya jika konsep- konsep pada ruangan yang berbeda tersebut masih dapat selaras.

Setelah konsep yang diinginkan terbentuk, maka Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan tahapan- tahapan lainnya dalam mendesain rumah Anda.

Pilih furnitur yang sesuai

Setelah poin pertama dipikirkan dan ditentukan secara matang, Anda bisa memilih furnitur yang sesuai. Yang termasuk kedalam pemilihan furnitur ini yaitu pemilihan material furnitur yang akan digunakan, pemilihan volume/ ukuran furnitur, dan tata letak furnitur. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, bahwa sebuah rumah memiliki berbagai ruangan, tentunya furnitur yang digunakan juga berbeda- beda.

Gunakan furnitur yang lembut dan empuk untuk mendukung aktifitas menulis Anda, seperti bean bag untuk menulis blog saat ingin bersantai, atau bisa menggunakan kursi kerja yang memiliki bantalan duduk yang empuk.

Berikan aksen hijau

Agar otak lebih fresh dan menghasilkan ide yang lebih banyak untuk kegiatan menulis, Anda bisa memberikan aksen atau dekorasi yang berwarna hijau. Aksen hijau ini bisa Anda dapatkan dengan cara meletakkan beberapa tanaman indoor di beberapa area rumah, atau Anda juga bisa menambahkan benda- benda dekoratif yang berwarna hijau.

Memberikan aksen hijau pada rumah ini juga bisa berupa menggunakan material yang mengandung unsur natural dan bertekstur seperti kayu, batu bata, dan menanam tanaman hias.

Gunakan pencahayaan yang sesuai

Tips terakhir adalah dengan menggunakan pencahayaan yang sesuai. Walaupun pencahayaan merupakan tips terakhir dari membuat rumah yang nyaman untuk aktifitas menulis blog, tapi pencahayaan juga berperan penting dalam mengatur mood seseorang supaya bisa lebih produktif lagi.

Pencahayaan yang digunakan pada rumah mencakup 2 jenis pencahayaan, yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan.

Pencahayaan alami didapatkan dari sinar matahari, oleh karena itu pencahayaan alami yang sesuai untuk rumah adalah dengan memperhatikan posisi sinar matahari yang masuk kerumah, Anda juga bisa menambahkan jendela di beberapa area rumah.

Pastikan rumah Anda mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup. Pastikan juga area yang Anda gunakan untuk bekerja termasuk untuk menulis blog mendapatkan sinar matahari yang cukup. Akan sangat bagus jika Anda bisa mendapatkan sinar matahari dari jendela di ruang kerja Anda yang menghadap kearah taman rumah.

Kemudian untuk pencahayaan buatan didapatkan dari lampu. Jika Anda orang yang menyukai menulis blog saat malam hari, pencahayaan buatan ini sangat berpengaruh.

Pencahayaan saat malam hari tentunya akan sangat berpengaruh pada aktifitas seseorang, pencahayaan yang buruk dapat merusak indra penglihatan seseorang, oleh karena itu pemilihan lampu yang tepat juga sangat diperlukan.

Sebagai saran, Anda bisa menggunakan lampu LED yang sudah dikenal memiliki pancaran cahaya yang lebih terang dibanding jenis lampu lainnya. Namun, tak hanya sekedar terang saja, warna cahaya pada lampu LED juga mempengaruhi kesehatan dan aktifitas seseorang.

Untuk kegiatan bekerja seperti menulis, warna lampu yang disarankan adalah warna natural white yang nyaman untuk mata sehingga kegiatan menulis Anda dapat dengan mudah dikerjakan.

Nah, dengan keempat tips diatas tentunya membuat Anda semakin semangat untuk menulis blog bukan? Keempat tips tersebut bisa Anda coba praktekkan dirumah agar aktifitas menulis blog Anda lebih menyenangkan.

Selamat berbedah dan selamat menulis!

SHARE

LEAVE A REPLY