5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kerja

1
238
5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kerja

5 Hal penting yang harus diperhatikan saat mencari kerjaPada saat mencari informasi lowongan kerja di medan, seringkali kita hanya melihat besaran gaji yang akan diterima. Semakin besar gaji yang akan diterima, semakin banyak pula orang yang tertarik untuk melamar pekerjaan tersebut. 

Padahal dalam mencari pekerjaan, banyak hal lain yang harus diperhatikan selain gaji. Hal-hal tersebut pula yang akan berpengaruh besar terhadap karir anda kedepannya. Lantas apa saja hal-hal tersebut? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini.

Berikut 5 hal penting yang harus diperhatikan saat mencari kerja

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kerja

Asuransi

Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah apakah perusahaan tersebut menyediakan asuransi untuk karyawannya. Hal ini sering dianggap sepele oleh pelamar kerja karena tidak disebutkan dalam informasi lowongan kerja. Padahal asuransi sangatlah penting dan berguna untuk anda.

Perusahaan yang menjamin dan menyediakan asuransi untuk karyawan atau bahkan untuk keluarga karyawan tentu akan lebih menguntungkan dan menjamin masa depan anda.

Tunjangan dan bonus

Ingat, gaji bukanlah segalanya. Meskipun gaji pokok tidak sebesar yang anda harapkan, setidaknya tunjangan dan bonus bisa menjadi sumber pemasukan yang cukup menjanjikan. Perlu diketahui, sistem tunjangan dan bonus di setiap perusahaan berbeda-beda.

Alangkah baiknya untuk mencari informasi dahulu atau tanyakan langsung ketika diberi kesempatan untuk bertanya saat interview berlangsung.

Fasilitas pendidikan

Perusahaan juga ada yang menyediakan fasilitas pendidikan bagi karyawannya. Biasanya berupa biaya pendidikan untuk mengikuti pelatihan, seminar, atau pengembangan diri. Jika perusahaan tempat anda melamar menyediakan fasilitas tersebut, maka anda sudah berada di tempat yang tepat.

Jam kerja

Jam kerja juga menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan. Bila memungkinkan, carilah informasi mengenai jam kerja di perusahaan tempat anda lamar. Anda juga bisa menanyakan peraturan mengenai jam kerja saat sedang interview.

Jumlah cuti

Terakhir, anda harus menanyakan jumlah cuti yang akan didapatkan jika bekerja di perusahaan tersebut. Konfirmasi juga mengenai kebijakan cuti dari perusahaan tersebut seperti cuti hamil dan melahirkan.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat cari lowongan kerja di medan. Semoga bermanfaat.

1 COMMENT

  1. Rekan kerja bisa menjadi pembangkit semangat Anda atau sebaliknya. Karena itu, pastikan orang-orang yang kerja di perusahaan tersebut adalah orang-orang yang bisa Anda jadikan teman bahkan sahabat. Jika tipe orang-orang yang bekerja di perusahaan tersebut adalah tipe yang berbeda dengan Anda, bisa jadi hal tersebut akan membuat Anda tidak betah dan tidak bahagia saat bekerja.

LEAVE A REPLY