Mau Punya Banyak Klien? 5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Agen Properti

0
2511
Mau Punya Banyak Klien? 5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Agen Properti

Mau Punya Banyak Klien? 5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Agen Properti – Menjual rumah memang tidak semudah yang dibayangkan. Meski tidak mudah, hal ini tidak mengurungkan minat orang-orang untuk menggeluti bidang ini. Perlu sedikit kepiawaian agar ruamh yang kita tawarkan cepat terjual.

Sebagai seorang agen properti, selain membantu menjual rumah tentunya anda harus mampu bersifat netral agar proses transaksi yang dilakukan menguntungkan kedua belah pihak. Baik pembeli dan penjual rumahnya.

Biasanya pemilik rumah sangat selektif ketika memilih agen untuk menjual rumahnya. Jadi sebelum anda menawarkan jasa penjualan rumah, pastikan juga anda memiliki 5 kemampuan yang harus dimiliki agen properti.

Baca Juga :


Berikut 5 Kemampuan yang harus dimiliki agen properti

1. Banyak pengalaman

Pastinya agen properti dengan pengalaman yang luas akan menjadi pilihan utama para penjual rumah. Bagaimana cara agar memiliki pengalaman yang luas? Tentu anda harus aktif memfollow up setiap klien agar memperluas konesksi dan peluang penjualan. Agen properti yang menjual lebih banyak rumah di sebuah area spesialis maka akan memiliki catatan positif yang patut diperhitungkan.

Selain kompetisi harga, Anda bisa membedakan fitur atau arsitektur rumah seperti apa yang laris diburu pasar. Pengetahuan semacam ini bisa menjadi nilai tambah jika ada klien yang ingin berkonsultasi.

2. Punya area spesialis

Agen properti lokal yang baik tentu memahami kondisi pasar properti yang terjadi di sekitarnya. Mereka mengetahui berapa harga pasaran tanah di area spesialisasinya, berapa kenaikan harga tanah pertahunnya, serta prospek propertinya dalam beberapa tahun ke depan.

Selain itu agen yan baik juga bisa memberi informasi mengenai fasilitas publik terdekat di sekitar hunian. Mengetahui alasan sebuah rumah tidak terjual selama berbulan-bulan, dan mengapa ada rumah yang bisa terjual dengan cepat.

3. Bersikap profesional

Klien pastinya akan mencari agen yang bisa dipercaya, beretika, jujur dan mudah dihubungi. Kebanyakan agen tidak selalu memiliki sifat tersebut. Kerjasama antara klien dan agen bisa berjalan dalam waktu enam bulan sampai satu tahun.

Oleh karena itu anda harus bisa menjadi mitra yang terpercaya, dan hal tersebut bisa ditunjukkan pada saat pertama kali anda berjumpa.

4. Perhatian

Tidak hanya pacar yang perlu perhatian. Perhatian juga perlu ditujukan agen kepada klien. Terkadan klien akan mengajukan pertanyaan seperi “Apakah anda akan ikut menemani pada saat survei rumah?” dan sebagainya.

Klien membutuhkan pendamping ketika hendak membuat keputusan. Anda sebagai agen juga harus bisa mengatur waktu di tengah jadwal yang sibuk. Usahakan juga untuk memberi perhatian personal dan hadi kapanpun dibutuhkan.

5. Memiliki referensi

Cara agar klien dapat menemukan agen properti adalah melalui referensi. Jika ada tetangga atau rekan yang baru saja menjual rumah melalui agen properti, mereka akan bertanya apakah agen tersebut dapat diandalkan?

Referensi dari mulut ke mulut adalah cara paling mudah agar anda dikenal oleh klien. Untuk mendapatkan lebih banyak referensi, anda bisa ikut ke dalam komunitas agen di portal properti seperti Rumahdewi.com. Anda juga bisa memasang iklan properti anda dan mencari klien dan calon pembeli.

Itulah 5 kemampuan yang harus dimiliki agen properti. Apakah anda sudah memiliki 5 kemampuan diatas?