Arsitektur Bandara-Bandara Paling Unik dan Indah di Dunia

0
1400
Arsitektur Bandara-Bandara Paling Unik dan Indah di Dunia

Arsitektur Bandara-Bandara Paling Unik dan Indah di Dunia – Bandar udara (bandara) memiliki peranan yang sangat penting. Bagaimana tidak, keberadaannya mampu menghubungkan antar daerah yang satu ke daerah yang lain atau bahkan dari satu negara ke negara lainnya.

Di beberapa negara, sebut saja misalnya di dataran tinggi seperti di pegunungan Kaukasus Georgia Utara ada kota kecil bernama Mestia. Bandara di kota ini bernama Queen Tamar Airport. Rupa bangunan bandara di kota ini dihiasi dengan batu abad pertengahan yang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun satu menara berdiri sendiri dari bangunan keseluruhannya.

Bandara yang mulai dibangun pada tahun 2010 ini sebagian besar bandara ini terdiri dari kaca. Bentuk bangunannya berupa persegi dan ada ‘sayap’ di bangunannya yang menjulang tinggi menghadap langit.

Tujuan dibangunnya Queen Tamar Airport ini tidak sesukses desainnya yang sangat populer di mata dunia. Awalnya pembangunan bandara hanya ditujukan untuk membantu mempromosikan Mestia sebagai pusat resor ski.

Bandara tidak pernah menerima kode resmi dari International Air Transport Association. Pasalnya, jumlah penumpang di bandara ini masih sangat minim. Saat ini hanya ada satu maskapai charter lokal bernama Servisair, yang memiliki 15 kursi dengan jadwal penerbangan empat kali seminggu.

Namun Queen Tamar hanya baru salah satu dari banyak bandara unik dan indah di dunia yang pernah dirancang. Berikut bandara lainnya yang juga tak kalah unik dan indah, seperti dilansir dari laman Atlas Obscura, Rabu (21/12/2016):

1. Queen Tamar Airport, Mestia, Georgia

unduhan

2. Lleida–Alguaire Airport, Spanyol

unduhan-1

3. Spaceport America, New Mexico, Amerika Serikat (AS).

unduhan-2

4. Pulkovo Airport, St. Petersburg, Russia.

unduhan-3

5. Carrasco International Airport, Montevideo, Uruguay.

unduhan-4

6. Daocheng Yading Airport, Tibet.

unduhan-5

7. Marrakesh Menara Airport, Marrakesh, Morocco.

unduhan-6

8. Santos Dumont Airport, Rio de Janeiro, Brazil.

unduhan-8

Inilah artikel tentang Arsitektur Bandara-Bandara Paling Unik dan Indah di Dunia. Semoga bermanfaat.

baca juga :Arsitektur yang Tepat Bikin Bandara Sejuk Tanpa Pendingin Udara

Sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY