Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda

0
133

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda

Rumah Anda harus mencerminkan siapa Anda—dan cara Anda mendekorasi dapat membantu Anda menjadi diri Anda yang terbaik.

Jika Anda harus memilih salah satu tempat favorit, kemungkinan besar rumah Anda akan berada di urutan teratas daftar Anda. Tempat perlindungan pribadi ini memiliki beberapa tujuan, namun pada akhirnya ini adalah tempat tujuan Anda untuk bersantai di penghujung hari yang panjang. Itu sebabnya penting untuk memperlakukannya seperti kanvas kosong dan mengisinya dengan detail yang benar-benar mencerminkan siapa Anda.

Mulailah dengan memutuskan gaya desain interior yang Anda sukai, dan Anda akan dapat menyesuaikan diri dengan tampilan dan nuansa ruangan—dan bagaimana perasaan Anda di dalamnya, kata Shaolin Low dari Studio Shaolin. “Saya pikir kita sekarang semakin memahami betapa besar pengaruh lingkungan terhadap kesehatan mental dan fisik kita,” katanya. “Ketika Anda memiliki ruang yang dipikirkan dengan matang dan dikurasi, hal itu memengaruhi cara tubuh Anda bersantai, memulihkan tenaga, dan menampilkan diri di dunia.”

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda

Baca Juga : Haruskah saya menjual rumah saya sekarang atau menunggu?

5 Tipe Kepribadian

Kami belajar lebih banyak tentang tipe kepribadian “5 Besar” (yang juga disebut OCEAN) dari Doreen Dodgen-Magee, PsyD, seorang psikolog, pembicara, dan penulis Restart: Designing a Healthy Post-Pandemic Life. Orang terbagi dalam lima kategori utama, katanya: keterbukaan, kesadaran, ekstraversi, keramahan, dan neurotisme.

  • Keterbukaan: Orang yang menikmati pengalaman baru dan berbeda.
  • sifat berhati-hati: Orang yang berhati-hati, rajin, dan efisien yang sering memprioritaskan melakukan tugas dengan baik dan melakukan aktivitas dengan serius.
  • Ekstraversi: Orang yang mudah bergaul dan lebih suka berada dalam lingkungan bersama orang lain dan tertarik pada tingkat rangsangan yang lebih tinggi.
  • Keramahan: Mereka yang baik hati, hangat, empati, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
  • Neurotisisme: Orang yang biasanya mengalami tingkat kecemasan yang tinggi sebagai respons terhadap tekanan.

Gaya Desain Interior Terbaik untuk Setiap Tipe Kepribadian

Kepribadian Anda berperan dalam cara Anda berinteraksi dengan ruang—termasuk rumah Anda sendiri. “Kita hidup, bertindak, berpikir, dan merasakan ciri-ciri kepribadian kita secara sadar dan tidak sadar,” kata Dodgen-Magee. “Desain interior memiliki kekuatan untuk meningkatkan jati diri kita dan memajukan perkembangan kita.” Memahami hal ini bisa sangat membantu ketika Anda menggunakan layanan desain interior online untuk proyek DIY.

Untuk memilih gaya desain interior yang paling sesuai dengan kepribadian Anda, pikirkan tentang karakter utama Anda, kata Lucas Goldbach, mitra dan direktur desain di En Masse Architecture and Design. “Ini menentukan suasana dengan memberikan hubungan emosional pada ruangan,” katanya. “Setiap estetika desain menampilkan nilai-nilai tertentu.”

Keterbukaan: Desain Eklektik

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda
Bagi mereka yang merupakan pemikir terbuka dan kreatif, para ahli kami menyarankan gaya desain interior eklektik. Warna-warna berani dan elemen berlapis terlintas di benak Emily Williams, kepala desainer di Z Properties, sebuah firma desain-bangun-interior yang berbasis di Florida. “Pikirkan: garis nonlinier, detail tak terduga, dan perpaduan pola, tekstur, dan warna,” katanya.

Skema desain interior ini paling cocok untuk orang terbuka yang suka menjelajahi dunia dan ingin memajang temuan mereka di rumah, tambah Abby Gruman dari Abby Leigh Designs. “[Gaya ini] sering kali mewakili orang yang sering bepergian, dan pengalaman perjalanan ini tercermin dalam rumah yang dirancang secara eklektik, [seperti] memamerkan patung dan karya seni,” katanya.

sifat berhati-hati: Desain Minimalis

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda
Karena orang-orang yang teliti condong ke arah gaya hidup yang sangat terorganisir dan fungsional, rumah minimalis adalah yang terbaik, kata Alexandra Peck, pemilik dan prinsipal Alexandra Peck Design. “Untuk mencapai ruang interior minimalis yang sukses dan indah, pilihlah potongan yang sederhana dan rapi,” kata Peck. “Saya merekomendasikan untuk tetap menggunakan kain dan bahan alami seperti linen, wol, kayu ek putih, dan cat kapur berwarna terang untuk dinding dan langit-langit.”

Setiap elemen harus dirancang berdasarkan produktivitas, yang sangat dipedulikan oleh individu yang teliti, kata Williams. “Semua fungsi rumah [minimalis] memiliki tujuan atau memiliki makna atau kegunaan tertentu,” tambahnya, seraya menekankan bahwa ruang yang ramping dan fungsional tidak boleh terasa dingin. “Segala sesuatunya tidak terlalu didekorasi, tapi masih ada kepribadian di dalam ruangan.”

Ekstraversi: Desain Modern

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda
Orang ekstrovert adalah orang yang suka berpesta, jadi ruang mereka harus mencerminkan hal itu, kata Williams. Cara hidup yang penuh gairah dan berenergi tinggi ini paling baik disalurkan melalui desain interior modern, yang merupakan skema yang berakar pada ruang terbuka. “Saya membayangkan sebuah rumah untuk hiburan dengan ruang berkumpul yang tak terduga dan area tempat duduk yang besar,” katanya. “Semuanya mengalir bersama dengan baik, dan yang paling penting, mereka selalu memiliki tempat bagi seseorang untuk menyiapkan minuman mereka –– di mana pun mereka berdiri di dalam rumah.”

Gruman merekomendasikan untuk menambahkan denah lantai terbuka dengan menggunakan elemen desain modern lainnya, seperti warna netral yang hangat, wallpaper kain rumput, dan kain yang nyaman; Goldbach juga menunjuk pada ide-ide potongan yang berani dan berdampak tinggi sebagai pilihan, seperti sofa pahatan atau permadani pernyataan.

Keramahan: Desain Tradisional

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda
Jika Anda termasuk dalam kategori menyenangkan, Anda mungkin ragu untuk memilih gaya interior yang berani berdasarkan kepribadian Anda yang penuh kasih dan keinginan untuk menciptakan ruang yang disukai siapa pun, catat Peck. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki ruangan dengan faktor wow. Dia menyarankan estetika tradisional yang berakar pada sejarah, menjadikannya klasik, abadi, dan akrab bagi mereka yang memasuki rumah Anda.

Peck merekomendasikan untuk membeli furnitur antik dari berabad-abad yang lalu dengan bahan-bahan seperti kayu gelap, kulit tua, dan beludru. Poles ruangan dengan permadani bernuansa hangat yang diikat dengan tangan dan perlengkapan lampu dari kuningan yang dipoles atau perunggu yang diolesi minyak dengan nuansa linen putih pudar.

Neurotisisme: Desain Pesisir

Gaya Desain Interior yang Tepat untuk Tipe Kepribadian Anda
Karena mereka yang memiliki tipe kepribadian neurotik cenderung mengalami tingkat kecemasan yang tinggi, Dodgen-Magee merekomendasikan estetika desain interior yang menenangkan sekaligus menstimulasi. Menurut para desainer, desain rumah yang terinspirasi dari Mediterania atau pesisir adalah keduanya—mereka membawa kita ke laut, di mana palet warna yang tenang dan deburan ombak laut secara bersamaan menenangkan dan menyegarkan indra kita. Gaya desain interior ini juga menawarkan nuansa ramah, karena fitur-fitur umum seperti warna cat netral dan tanaman hias semuanya berkontribusi terhadap pengurangan stres, jelas Low.

Untuk menerapkan skema desain ini di rumah Anda, gabungkan warna-warna terang dan lapang (seperti biru muda), permadani dan sofa yang nyaman, penutup jendela dan kain pelapis linen, kayu ek ringan, dan wallpaper kain rumput.