4 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Sendiri Di Kamarnya

0
2732
4 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Sendiri Di Kamarnya

4 Tips Agar Si Kecil Mau Tidur Sendiri Di Kamarnya – Anak-anak biasanya tidak betah tidur sendiri di kamarnya. Ada yang belum berani karena tidur sendiri menakutkan bagi mereka, ada juga yang tidak mau karena suasana kamar yang membosankan.

Penting bagi orang tua yang mau si kecil tidur sendiri di kamarnya untuk menata dan mendesain kembali kamarnya. Penting juga untuk mengajarkan si kecil mandiri untuk  tidur sendiri di kamarnya. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips agar si kecil mau tidur sendiri di kamarnya.

Intinya adalah sebisa mungkin buat si kecil merasa nyaman di kamarnya. Entah itu dengan mendekorasi kamarnya menjadi arena bermain baginya sehingga si kecil merasa nyaman berada di kamarnya sendiri.

Baca Juga :


Berikut 4 Tips agar si kecil mau tidur sendiri di kamarnya.

1. Pakai warna dinding yang cerah

Anak selalu suka dengan hal-hal yang baru, begitu pula dengan suasana kamar yang baru. Gunakan warna dinding yang cerah seperti merah, kuning, biru, pink, oranye dan sebagainya. Jika bisa usahakan gunakan warna yang disukai si kecil.

Warna terang akan membuat anak lebih nyaman dan merasa happy. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat kamar anak dengan tema, misalnya sepak bola, jagoan super, atau Barbie. Anda boleh menggunakan lebih dari satu tone warna untuk membuat nuansa lebih cerah.

2. Buat dekorasi dinding

Kalau bisa usahakan agar dinding tidak terlihat polos. Anda bisa tambahkan beberapa hiasan dinding seperi gambar kesukaan si kecil dan sebagainya.

Lebih sederhana buat gambar bertema pada dinding kamar menggunakan cat dinding, atau dapat juga membuat grafis pada dinding sehingga membuat suasana ruang lebih ceria.

3. Rak mainan

Pastikan kamar si kecil mempunyai rak mainan. Meski kamar anak Anda tak terlalu besar, usahakan memiliki rak khusus untuk menaruh mainannya. Anak usia aktif sangat senang bermain.

Dengan menaruh semua mainannya di dalam kamar, anak akan lebih betah di kamar. Ia akan menganggap kamar tempat yang nyaman sekaligus sebagai arena bermain yang menyenangkan.

4. Meja kecil

Anda dapat menempatkan meja kecil di dalam kamar. Meja ini dapat berfungsi untuk pusat aktivitas anak, misalnya bermain, belajar, membaca, dan sebagainya.

Itulah 4 Tips agar si kecil mau tidur sendiri di kamarnya.

Kamar tidur pribadi menjadi faktor penting dalam membentuk kepribadian anak. Jangan paksakan anak untuk tidur bersama saudaranya, terutama yang berbeda gender, setelah melewati usia balita.

SHARE