Begini Cara Agar Bisa Beli Rumah Untuk Kamu Yang Bergaji UMR

0
76
Begini Cara Agar Bisa Beli Rumah Untuk Kamu Yang Bergaji UMR

Begini Cara Agar Bisa Beli Rumah Untuk Kamu Yang Bergaji UMR – Seperti yang kita ketahui, harga rumah selalu naik setiap tahunnya. Sayangnya hal tersebut tidak berbanding lurus dengan gaji seseorang. Apalagi mereka yang memiliki gaji pas-pasan atau bergaji UMR. Hal ini membuat keinginan untuk membeli rumah sendiri menjadi semakin sulit terealisasikan.

Baca Juga :


Begini Cara Agar Bisa Beli Rumah Untuk Kamu Yang Bergaji UMR

Tapi tidak perlu khawatir, sebenarnya terdapat cara agar bisa beli rumah untuk kamu yang bergaji UMR atau pas-pasan. Caranya adalah kamu bisa menyisihkan 20-30% dari gaji kamu setiap bulannya untuk ditabung guna membayar DP (Down Payment) rumah.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menyisihkan sebagian dari THR (Tunjangan Hari Raya) dan bonus tahunan yang diberikan oleh perusahaan dalam waktu tertentu.

Sebagai ilustrasi, anggaplah kamu memiliki gaji Rp 3 juta perbulan. Jika setiap bulan menyisihkan 20% dari gaji, maka setiap bulan kamu harus menyisihkan Rp 600.000. Jika dikalikan selama setahun, maka setahun kamu bisa memiliki tabungan Rp 7.200.000.

Bila dalam setahun kamu mendapatkan bonus tahunan dan THR dan menyisihkan 50% dari keduanya, maka total dana tambahan yang bisa kamu tabung adalah Rp 3 juta. Tabungan Rp 7.2 juta ditambah dengan Rp 3 juta, maka setahun kamu bisa memiliki tabungan Rp 10.2 juta. Jika ditabung selama 3 tahun, maka kamu bisa memiliki tabungan Rp 30.6 juta.

Dengan uang segitu, kamu bisa menggunakannya untuk membayar uang DP rumah dengan harga RP 300 jutaan dengan ketentuan LTV (Loan to Value) 10%. Saat ini juga terdapat beberapa program kepemilikan rumah yang ada, seperti program DP 0 persen atau program perumahan dari BPJS Ketenagakerjaan. Intinya adalah dengan management uang yang baik, setiap orang dengan gaji UMR bisa mempunyai tabungan untuk DP rumah dalam waktu 3 tahun.

Itulah cara agar bisa beli rumah untuk kamu yang bergaji UMR. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY