Cara Untuk Meredam Suara di Dalam Rumah

0
2422
Cara Untuk Meredam Suara di Dalam Rumah
sumber : kompas.com

Cara Untuk Meredam Suara di Rumah – Saat ingin mendesain rumah, pasti ‘suara’ adalah hal terakhir yang ada di pikiran anda. Mungkin suara yang berasal dari luar rumah ataupun suara kereta apli lewat yang mungkin mengganggu kenyamanan anda di rumah. Bahkan hingga tetangga sebelah complain bahwa suara TV anda yang terlalu keras sehingga mengganggu mereka. Pasti beberapa dari kita tidak menyadari nya bahwa suara juga masalah penting dalam rumah. Tapi tenang saja, pemahaman tentang masalah suara begini dapat dengan mudah di atasi.

baca juga :


Memahami Suara di rumah

sumber : kompas.com
sumber : kompas.com

Suara di berbagai ruangan dirumah harus dipahami terlebih dahulu. Tapi biasanya suara di ruangan tersebut memiliki 4 hubungan utama dengan permukaan ruangan itu. Suara tersebut dapat diredam, transmisikan , dipantulkan ataupun disebarkan. Bahan peredam yang cocok adalah tirai tebal atau karpet.

Ruangan yang menimbulkan suara perlu menyeimbangkan anatara peredaman, refleksi dan diusir. Tujuannya agar kamar menjadi menyenangkan dan mengurangi transmisi ke kamar lain.

Lokasi dan Konstruksi

sumber : kompas.com
sumber : kompas.com

Jika rumah anda berada di jalan yang berisik atau di samping jalan raya, anda dapat menemukan kunci kesunyian didalamnya.

Cara pertama dengan mengurangi jendela, meski ketika di tutup, jendela juga tetap dapat menghantarkan suara dari luar. Ruangan yang besar dengan jendela dua lantai mungkin bukanlah ide yang bagus jika anda berada di lingkungan yang berisik. Tapi tirai tebal dapat membantu menjaga suara keluar.

Bahan eksternal juga dapat meminimalisir kebisingan seperti bata atau batu, bahkan veneer. Pepohonan dengan dedaunan yang tebal juga bisa menjadi penghalang suara yang efektif.

Bahan Interior

sumber : kompas.com
sumber : kompas.com

Selain hal di atas, yang menjadi bahan pertimbangan itu juga jenis material di dalam seperti pintu, jendela dan lantai. Kaca atau pintu yang bergaya Prancis mungkin dapat membiarkan banyak cahaya masuk, tapi mereka kurang dapat menjaga suara keluar.

Pintu geser kayu bahkan lebih buruk karena pintu tersebut tidak menempel sepenuhnya pada dinding.

Pada lantai, kayu dan ubin mungkin mewah,tapi dapat menghantarkan suara lebih baik dan membuat kamar kecil yang lebih bising karna ada pantulan suara yang kuat.