6 Aturan Ini Harus Diterapkan untuk Membuat Anak Jadi Mandiri

0
345
6 Aturan Ini Harus Diterapkan untuk Membuat Anak Jadi Mandiri

6 Aturan Ini Harus Diterapkan untuk Membuat Anak Jadi Mandiri – Buat para orangtuaĀ muda yang sedang mencari metode tepat untuk membentuk kepribadian anak yang mandiri, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai deh. Karena kamu perlu menerapkan 6 aturan berikut ini, agar hal tersebut bisa terealisasikan.

#1

Libatkan ia dalam pekerjaan rumah. Sehingga ia bisa belajar untuk bertanggung jawab akan tugasnya, sekaligus menjadi pribadi yang mandiri karena enggak perlu meminta bantuan orang lain akan hal yang bisa ia kerjakan sendiri.

#2

Biarkan anakmu tahu proses mandiri yang kamu alami. Dengan berbicara dan bersikap terbuka dengannya, ia akan menyadari pribadi mandiri adalah sebuah proses, bukan semata hasil.

#3

Menerapkan autonomy-supportive parenting. Sebagai orangtua, kamu juga harus menghargai keputusan sang anak. Karena, apabila ia menjalankan satu hal berdasarkan keputusan sendiri, otomatis sugesti yang tertanam adalah ia harus bisa menjalani hal tersebut karena itu adalah keputusannya.

Baca juga :
Seimbangkan Karier dan Kehidupan Keluarga dengan 10 Cara Berikut

#4

Memberinya pengertian, kalau kemandirian itu tak hanya untuk orangtua tapi juga orang-orang di lingkungan sosialnya. Ia harus tahu kapan harus bekerja secara mandiri baik itu secara pribadi maupun dalam satu kelompok. Membangun komunikasi dua arah jadi hal yang penting di poin ini.

#5

Kemandirian itu akan memberi efek dalam jangka panjang. Lagi-lagi kamu harus berkomunikasi secara intens agar sang anak memahami hal ini. Berikan contoh yang konkrit dan relevan dalam hal ini.

#6

Beri ia media untuk mendukung kepribadian mandiri ini. Bisa dengan mainan ataupun tontonan yang bisa memberikan perspektif akan mandiri itu sendiri.

 

LEAVE A REPLY