Begini Nih Standar Rumah Yang Sehat dan Baik Untuk Keluarga

0
750
Begini Nih Standar Rumah Yang Sehat dan Baik Untuk Keluarga

Begini Nih Standar Rumah Yang Sehat dan Baik Untuk Keluarga – Jika ditanya, tentu semua orang ingin memiliki rumah yang berada di lokasi atau pemukiman yang sehat dan bersih. Baik itu secara psikologis ataupun lingkungan. Selain menjadi tempat berlindung, rumah juga menjadi tempat berkumpul dan menyatukan seluruh anggota keluarga.

Baca Juga :


Begini nih standar rumah yang sehat dan baik untuk keluarga

Begini Nih Standar Rumah Yang Sehat dan Baik Untuk Keluarga

Oleh karena itu, rumah yang sehat dan baik untuk keluarga tentu menjadi sebuah hal yang penting. Setidaknya terdapat beberapa standar sebuah hunian yang sehat, seperti harus memenuhi kebutuhan psikologis, fisiologis, menghindarkan terjadinya kecelakaan, dan terakhir dapat mencegah penularan penyakit.

Menurut American Public Health Asociation (APHA), setidaknya terdapat beberapa standar atau kriteria lain yang harus dimiliki oleh sebuah hunian agar termasuk sebagai hunian sehat, yakni:

Memenuhi kebutuhan dasar fisik

Tentu pembangunan rumah harus diperhatikan sedetail mungkin agar dapat bertahan terhadap cuaca ekstrim ataupun perubahan udara yang ekstrim. Suhu dalam ruangan di rumah juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya suhu ruangan lebih sedikit 4°C dari suhu diluar untuk dareah tropis. Suhu normal ruangan dalam rumah adalah 22°C – 30°C.

Pencahayaan pada rumah harus optimal, baik itu pencahayaan alami dari cahaya matahari ataupun dari lampu dan sebagainya.

Rumah yang sehat juga harus memiliki ventilasi udara yang sempurna agar aliran udara di dalam rumah dapat terjaga dan berjalan lancar. Setidaknya buatlah 2 jenis ventilasi, yakni ventilasi tetap dan ventilasi insidentil (ventilasi yang dapat dibuka tutup). Luas ventilasi normalnya berukuran minimal 5% dari seluruh luas lantai.

Rumah yang sehat juga harus bisa melindungi para penghuninya dari suara yang bising terlalu berlebihan. Hal tersebut dikarenakan suara atau gangguan bising yang terlalu berlebihan dalam jangka lama dapat mengganggu kesehatan para penghuni rumah.

Rumah yang sehat juga harus memiliki luas yang cukup untuk segala aktivitas serta area untuk anak-anak bermain.

Terakhir, rumah yang sehat juga harus bisa melindungi para penghuninya dari risiko penularan penyakit atau hal-hal yang dapat membahayakan kesehatan. Contohnya bisa seperti akses air bersih atau sistem perpipaan yang optimal dan baik.

Itulah standar rumah yang sehat dan baik untuk keluarga. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

SHARE

LEAVE A REPLY