Cara Menurunkan Berat Badan

0
371
Cara Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan – Daripada bersusah payah mengikuti diet yang terlalu ketat, lebih baik gunakan cara sederhana menurunkan berat badan yang tidak menyakitkan tapi justru lebih efektif. Yang Anda butuhkan hanyalah dedikasi dan disiplin untuk menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal.

baca juga : Penting! Inilah 5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Beberapa cara menurunkan berat badan yang mudah diterapkankan antara lain :

Minumlah air sebelum makan

Ketika Anda mulai merasa lapar, jangan langsung makan, coba atasi dengan minum air putih terlebih dahulu. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan.

Jangan lupa sarapan

Membiasakan sarapan juga mengurangi rasa lapar di siang hari. Pada praktiknya, keinginan untuk makan terlalu banyak saat makan siang atau makan malam juga berkurang. Saat diet, makan malam juga bisa disantap dalam porsi lebih kecil.

Makanlah makanan yang tepat

Saat Anda menjalani program penurunan berat badan, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan serat. Makanan kaya protein seperti putih telur, yogurt, daging tanpa lemak, makanan laut, kacang kedelai, kacang-kacangan atau keju dapat membantu tubuh membakar lemak dan menjadi sumber energi. Makanan berserat tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama, tetapi rendah kalori. Makanan kaya serat termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum.

Makanlah dengan porsi kecil

Makan dengan piring atau mangkuk kecil, Anda bisa membiasakan makan dalam porsi kecil, yang juga mengurangi konsumsi kalori dalam tubuh. Makan porsi kecil tapi sering, yaitu 4-5 kali sehari, membantu menurunkan berat badan lebih baik daripada makan porsi besar 3 kali sehari.

Boleh makan apa saja asalkan dalam porsi kecil

Saat Anda sedang diet, Anda tidak harus menghindari makanan yang Anda sukai. Jika Anda menjauhi makanan tersebut, keinginan Anda untuk mengkonsumsinya menjadi semakin kuat. Jadi Anda boleh makan apa saja tapi dengan porsi kecil. Misalnya, Anda dapat membeli kue satu per satu daripada membelinya dalam kotak atau toples.

Cukup tidur

Selain menjaga pola makan, pastikan Anda cukup tidur. Soalnya, saat kurang tidur, produksi ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan, bisa meningkat. Jika Anda benar-benar mengonsumsi makanan berkalori dalam jumlah besar. Tentu saja, ini akan mengacaukan diet penurunan berat badan Anda.

Olahraga setiap hari

Bukan rahasia lagi bahwa olahraga selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. Olahraga teratur membantu membakar kalori ekstra yang tidak bisa dikurangi dengan diet saja.

Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, Anda bisa mempraktekkan cara-cara sederhana di atas untuk menurunkan berat badan. Jika memungkinkan, jangan mencoba berbagai diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat, karena dapat membahayakan kesehatan dan meningkatkan berat badan.

Anda juga dapat bertanya kepada dokter mengenai program penurunan berat badan jika dirasa perlu. Dokter akan menyiapkan rencana nutrisi untuk Anda sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

SHARE