Begini Tips Mudah Memilih VPS Murah dan Berkualitas

0
113
Begini Tips Mudah Memilih VPS Murah dan Berkualitas

Begini Tips Mudah Memilih VPS Murah dan Berkualitas – Mungkin sebagian dari anda merasa cukup asing dengan yang namanya VPS (Virtual Private Server). VPS sendiri merupakan sebuah layanan penyewaan server virtual layaknya hosting namun dengan kustomisasi yang lebih lengkap.

Tak seperti hosting pada umumnya, VPS memberikan kebebasan dalam menentukan sistem operasi maupun platform yang digunakan sehingga memberikan anda keleluasaan dalam mengoptimalisasi pengelolaan website anda.

Tak sedikit pengelola website maupun perusahaan yang mencoba untuk berpindah ke VPS untuk meningkatkan performa website mereka. Sayangnya, kebanyakan jasa web hosting di Batam memiliki harga VPS yang cukup tinggi.

Lantas bagaimana cara menemukan VPS murah batam namun dengan kecepatan yang optimal dan stabil? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Begini Tips Mudah Memilih VPS Murah dan Berkualitas

Sesuaikan Kebutuhan Anda

Saat memilih VPS, sebaiknya ketahui karakteristik pengunjung website anda. Sebagai contoh, jika website yang anda kelola didominasi oleh pengunjung yang berasal dari Indonesia, maka VPS yang cocok dengan website anda adalah VPS IIX/ lokal.

Perhitungkan Bandwidth dan Kecepatan Server

Supaya mendapatkan harga yang lebih murah dan tidak dikenakan biaya tambahan, sebaiknya cari tahu dahulu berapa bandwidth yang akan digunakan. Dalam menghitung bandwidth, terdapat cara yang cukup mudah untuk memperkirakannya. Misalnya website anda memiliki pengunjung harian sejumlah 1000 orang dengan kebutuhan bandwidth setiap orang adalah 5 MB, maka

1 Bulan = 30.000 pengunjung

Bandwidth 5 MB x 30.000 = 150.000 MB atau 150 GB per bulan

Dengan perhitungan sederhana seperti diatas, maka anda membutuhkan VPS dengan bandwidth sekitar 200-500 GB untuk tiap bulan.

Pertimbangkan Resource dan Teknologi

Sama seperti saat memilih hosting, saat memilih VPS pun harus memperhatikan teknologi dan fitur yang dimilikinya. Selalu pastikan bahwa VPS yang anda pilih sudah menggunakan teknologi terbaru sehingga lebih memudahkan anda dalam pengelolaan website.

Umumnya, VPS yang sudah menggunakan teknologi terbaru sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur monitoring terhadap CPU, Disk Space, RAM, dan Inode. Selain itu, pastikan juga VPS yang anda pilih sudah dibekali dengan panel yang dapat digunakan untuk melakukan shutdown, reboot, reinstall dan lain sebagainya.

Hal ini tentu sangat penting bagi anda pengelola website karena jika terjadi kendala, anda dapat mengatasinya melalui remote console maupun melakukan reboot sendiri.

Kualitas Hardware

Kualitas sebuah VPS biasanya dapat terlihat dari hardware yang digunakan. Semakin bagus hardware yang dimiliki, maka semakin bagus dan cepat pula kinerja dari VPS tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan kualitas hardware VPS dengan kebutuhan anda. Jika penggunaan VPS hanya untuk hal-hal yang ringan, maka server dengan hardware minimum sudah lebih dari cukup. Caranya bisa dengan melihat harga VPS yang ditawarkan. Semakin murah harga VPS, maka kualitas hardware yang ditawarkan juga semakin rendah.

Keamanan

Hal pentingĀ  yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk pindah ke VPS adalah masalah keamanan data anda. Pastikan untuk menanyakan detail virtualisasi yang digunakan oleh penyedia jasa VPS tersebut. Kebanyakan penyedia jasa VPS menggunakan VZCTL ENTER VID. Meskipun VPS dengan harga murah kebanyakan lebih riskan karena kualitas yang kuran, namun sebaiknya anda melakukan riset harga dan fitur yang ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan VPS.

Itulah beberapa tips mudah memilih VPS murah dan berkualitas. Jika anda menginginkan jasa web hosting di batam yang lebih mudah dan juga memiliki kualitas terbaik, Cloudbank bisa menjadi pilihan utama. Cloudbank sendiri menawarkan berbagai layanan seperti domain murah batam dan hosting murah batam.

SHARE