Cara Alami Mengatasi Sembelit

0
201
Cara Alami Mengatasi Sembelit

Cara Alami Mengatasi Sembelit – Sembelit seperti yang biasa dikenal dengan konstipasi, adalah kondisi kesehatan yang identik dengan kesulitan buang air besar dan berbagai kondisi lainnya.

Sembelit atau konstipasi biasanya diawali dengan tidak BAB atau BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu. Namun, frekuensi buang air besar berbeda untuk setiap orang. Biasanya orang dewasa buang air besar sekali sehari dengan berat 600-1000 gram dan minimal 3 kali seminggu.

baca juga : Cara Bersihkan Lendir di Paru-Paru

Memang di luar sana banyak obat yang bisa mengatasi sembelit, namun jika bisa dilakukan secara alami tanpa obat tentu lebih baik.

Berikut adalah 5 cara alami mengobati sembelit :

Perbanyak minum air putih

Cukup bukan berarti kurang dan lebih bukan berarti baik, penderita sembelit harus memperhatikan kecukupan air minum, tentunya secara berkala. Selalu minum air lebih banyak dari biasanya, terutama jika Anda memiliki aktivitas yang tinggi. Karena dehidrasi dapat memperburuk gejala sembelit Anda.

Lebih Banyak Berolahraga

Sekarang ada penelitian yang melaporkan bahwa aktif atau berolahraga dapat membantu memperbaiki gejala sembelit. Apalagi jika gerakan yang dilakukan berhubungan langsung dengan otot-otot sistem pencernaan, usus, dan lambung. Sementara itu, penelitian lain mengaitkan gaya hidup sehari-hari dengan peningkatan risiko sembelit.

Oleh karena itu, para ahli kesehatan kini menganjurkan untuk memperbanyak olahraga untuk melatih otot pencernaan. Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, berenang, bersepeda, jogging atau duduk.

Makanlah makanan yang kaya serat

Cara alami mengatasi sembelit berikutnya adalah mengkonsumsi makanan yang berserat dapat membantu pencernaan dan mengentalkan komposisi feses, sehingga feses lebih cepat dikeluarkan dari usus. Mereka yang menderita sembelit sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang banyak mengandung gas, seperti susu, makanan berlemak dan sayuran tertentu, yang dapat meningkatkan pembentukan gas di perut.

Usahakan untuk buang air besar dengan posisi jongkok daripada duduk

Jika Anda biasanya buang air besar sambil duduk, cobalah berjongkok. Mungkin perlu membiasakan diri bagi siapa saja yang terbiasa duduk untuk buang air besar, tetapi jongkok meluruskan sudut usus dan buang air besar lebih cepat.

Anda harus berhati-hati saat melakukan ini, jangan pernah mencoba mendorong feses keluar dengan paksa atau mengejan, karena hal ini dapat memperburuk sembelit alih-alih menyembuhkannya.

Anda benar-benar bisa berisiko terkena wasir atau tonjolan anus, jika konstipasi sudah berlangsung lebih dari seminggu dan tidak ada tanda-tanda perbaikan, tentunya sekarang adalah waktu yang tepat untuk berkonsultasi ke dokter. Juga, segera dapatkan bantuan medis jika konstipasi disertai dengan pusing, kelelahan, kram, atau kejang.

SHARE