3 Tips Agar Lantai Rumah Bebas Dari Kuman

0
2370
3 Tips Agar Lantai Rumah Bebas Dari Kuman

3 Tips Agar Lantai Rumah Bebas Dari Kuman – Rumah bersih dan bebas dari kuman pastinya menjadi idaman setiap orang. Menjaga rumah agar selalu dalam kondisi bersih merupakan hal yang sangat penting. Jika rumah tidak dalam kondisi bersih, kuman dan bakteri akan mudah bersarang.

Usahakan juga agar setiap sudut dalam rumah selalu bersih, terutama lantai karena disanalah kita banyak beraktivitas dan bersentuhan langsung dengan lantai. Agar terhindar dari penyakit, maka bersihkan lantai secara teratur.

Kebanyakan lantai sekarang terbuat dari keramik. Jika lantai anda juga terbuat dari keramik, ada 3 tips agar lantai rumah bebas dari kuman.

Baca Juga :


Berikut 3 Tips agar lantai rumah bebas dari kuman

3 Tips Agar Lantai Rumah Bebas Dari Kuman
3 Tips Agar Lantai Rumah Bebas Dari Kuman

1. Sapu seluruh sudut dan permukaan lantai

Pertama-tama, sapu terlebih dahulu seluruh permukaan lantai dan sudut-sudut ruangan agar bersih dari debu dan kotoran-kotoran kecil. Pastikan juga agar kolong-kolong tidak luput dari perhatian anda.

Jika anda mempunyai vacuum cleaner, anda bisa menggunakannya untuk kebersihan yang lebih maksimal dan lebih cepat.

2. Pel lantai

Setelah seluruh lantai telah disapu, saatnya untuk dipel. Campurkan air panas dengan pembersih khusus lantai keramik. Usahakan untuk gunakan pembersih keramik yang mengandung butiran mikro agar noda dan kotoran di lanti mudah terangkat.

Setelah itu, pel lantai dan tunggu sampai kering. Jangan gunakan juga pel yang kasar karena dapat membuat permukaan lantai keramik menjadi lecet dan kasar.

3. Pakai pel uap

Agar keramik tampak bersih, selain menggunakan pel biasa, anda juga bisa menggunakan pel uap. Pakai alat pel uap seminggu sekali agar lantai tampak bersih, bebas kuman, berkilau dan membuat keramik tidak kusam.

Jika lantai anda bukan terbuat dari lantai keramik melainkan dari kayu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Langsung bersihkan cairan yang tumpah

Jika anda tidak sengaja menjatuhkan air ke lantai kayu, segera bersihkan dengan lap atau spons. Jangan biarkan air tergenang dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan cairan akan menjadi noda bahkan membuat permukaan kayu menjadi rusak.

  • Sapu lantai kayu sesuai arah lantai

Kayu lantai memiliki motif atau tekstur yang membuat kotoran bisa masuk disela-sela lantai. Dengan menyapu sesuai arahnya, anda dapat mengangkat setiap kotoran yang ada diantara potongan lantai kayu.

  • Buat larutan cuka dan air

Jika lantai kayu terkena noda lumpur atau lainnya, Tuangkan 60 ml cuka putih ke dalam 1000 ml botol semprot. Isi botol dengan air campuran tersebut dan kocok agar tercampur. Semprotkan ke noda di lantai kayu dan lap sampai bersih.

  • Gunakan deterjen atau shampo bayi

Jika tidak ada cuka, anda juga bisa menggunakan deterjen atau shampo bayi untuk membersihkan lantai kayu. Masukkan deterjen atau shampo bayi ke dalam ember berisi air panas lalu aduk. Air sabun dapat membersihkan lantai kayu yang telah terkena lumpur atau kotoran lain.

Itulah 3 Tips agar lantai rumah bebas dari kuman. Pastinya anda ingin rumah anda bebas dari kuman bukan? Anda bisa ikuti tips-tips diatas. Semoga bermafaat.