CARA ATASI LISTRIK KONSLET

0
1017
Cara atasi Listrik Konslet

Cara atasi Listrik Konslet – Apakah Anda pernah mengalami listrik yang tiba-tiba padam karena konsleting ? Anda tidak perlu panik karena kami mempunyai solusi tepat bagi Anda untuk mengatasi kejadian hubungan arus pendek tersebut. Bagaimana cara atasi listrik konslet ?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi masalah yang sering terjadi ini tanpa harus selalu memanggil teknisi yang berpengalaman.

LANGKAH – LANGKAH CARA ATASI LISTRIK KONSLET

Hubungan arus listrik ini sebenarnya terjadi akibat adanya hubungan pada tahanan yang sangat kecil sehingga menyebabkan arus listrik yang besar. Konsleting yang tidak cepat ditangani dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Sebagai upaya pencegahan tersebut, ada beberapa langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi konsleting di rumah. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.
1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas semua kabel listrik yang masih terhubung ke stop kontak.
2. Selain itu, Anda juga harus mematikan tombol on off semua lampu yang pada saat itu dalam keadaan menyala.
3. Lihat kondisi listrik di rumah tetangga Anda apakah juga mengalami pemadaman. Jika tidak, berarti Anda sudah mengetahui bahwa penyebab listrik rumah Anda padam adalah karena terjadi konsleting.
4. Selanjutnya, Anda bisa menyalakan kembali MCB dari rumah Anda.
5. Jika listrik di rumah Anda kembali menyala, sebaiknya Anda mencoba menyalakan kembali satu persatu semua alat elektronik di rumah Anda.
6. Jika alat elektronik Anda tidak ada yang menyebabkan konsleting lagi, maka Anda bisa mencoba menyalakan lampu rumah Anda satu persatu.
7. Setelah Anda mendapatkan sumber konsleting dari salah satu lampu, maka Anda bisa melepaskan lampu tersebut dan nyalakan kembali MCB.
8. Apabila listrik masih jeglek, berarti masalah yang terjadi adalah pada fitting kabel
9. Jika masih belum bisa diatasi juga, maka Anda harus mengecek instalasi listrik dengan menaiki atap rumah.
10. Lalu putuskan jalur fasa lampu dan masalah Anda akan selesai.

Demikian se-cuplik langkah-langkah yang dapat kami bagikan kepada Anda ketika menghadapi konsleting di rumah. Sebaiknya Anda tidak terlalu panik sesaat setelah mati lampu. Dan mencari terlebih dahulu sumber penyebab konsleting tersebut.

Intinya jangan panik, fokus dan selalu waspada. Terimakasih dan semoga bermanfaat

baca juga :Tips menghemat pemakaian listrik di rumah

Sumber : http://abi-blog.com/

LEAVE A REPLY