Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

0
88

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Rumah yang sejuk dan tidak panas merupakan dambaan setiap orang. Desain rumah dingin tanpa AC berikut bisa menjadi inspirasi untukmu yang menginginkan suasana rumah sejuk alami tanpa harus menggunakan AC.

emiliki rumah yang sejuk tentu menjadi impian setiap orang. Untuk menciptakan suasana sejuk di dalam rumah, beberapa orang memilih memasang AC atau penyejuk udara. Namun, penggunaan AC dapat meningkatkan tagihan listrik dan berdampak buruk bagi kesehatan serta lingkungan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, banyak orang menginginkan suasana rumah yang dingin dan sejuk tanpa menggunakan AC.

Desain rumah sangat berperan penting dalam menentukan suasana rumah. Memilih desain yang tepat sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman. Jika desain rumah tidak dipilih dengan baik, rumah bisa terasa panas dan tidak nyaman. Berikut ini adalah rekomendasi desain rumah yang sejuk tanpa AC, yang akan membuat Anda betah berada di dalam rumah.

Pilih Desain Rumah dengan Langit-langit yang Tinggi

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Memilih Desain rumah dengan langit-langit yang tinggi agar rumah terasa luas dan longgar

Plafon rumah yang tinggi efektif untuk menciptakan suasana sejuk di dalam rumah. Sebaliknya, plafon yang rendah dapat membuat suasana menjadi pengap dan panas. Plafon yang tinggi juga membantu memaksimalkan sirkulasi udara.

Pilih Cat Rumah Putih

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Pemilihan warna cat rumah dapat memengaruhi tingkat kesejukan. Cat warna putih mampu memantulkan panas matahari, sehingga membantu menjaga kesejukan rumah saat musim kemarau.

Pilih Desain Rumah dengan Banyak Ventilasi
Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah
Ventilasi berfungsi menyalurkan udara segar dari luar ke dalam rumah. Dengan memaksimalkan penggunaan ventilasi, sirkulasi udara akan lebih optimal dan rumah akan terasa sejuk secara alami.

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 6×8 Meter dengan Interior yang Indah

Letakkan Banyak Tanaman di Setiap Sudut Rumah

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Tanaman menghasilkan oksigen yang besar, terutama pada siang hari. Keberadaan tanaman di dalam rumah dapat melindungi rumah dari sinar matahari yang terik, menciptakan lingkungan yang lebih sejuk.

Memperbanyak Akses Cahaya Alami Masuk

Alih-alih menggunakan lampu sebagai sumber penerangan, cahaya alami dapat membuat rumah menjadi lebih sejuk. Selain itu, cahaya alami juga memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Pilih Desain Rumah yang Dilengkapi Kolam Renang atau Kolam Ikan

7 Desain Rumah Dingin Tanpa AC, Ciptakan Suasana Sejuk dengan Cara Alami | Diadona.id

Hunian yang memiliki unsur air dipercaya mampu meredam dan menurunkan suhu panas, sehingga dapat membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk.

Memasang Kipas Angin di Loteng

Desain Rumah Sejuk Tanpa AC Yang Bakal Bikin Nyaman dan Anti Gerah

Memasang Kipas di LotengLoteng adalah area pertama yang terkena sinar matahari secara langsung. Memasang kipas angin di loteng dapat membantu menghembuskan udara panas keluar dan menjaga sirkulasi udara di area tersebut.

Apakah Rumah Bisa Sejuk Tanpa AC?

Jika kamu ingin memiliki rumah yang sejuk tanpa menggunakan AC, coba buat rumah yang ramah lingkungan. Rumah seperti ini dapat menjaga suhu ruangan tetap dingin meskipun cuaca di luar panas.

Bagaimana Cara Menciptakan Suasana Rumah yang Sejuk Tanpa AC?

Di sini, terdapat perbedaan tekanan udara yang signifikan antara udara luar dari alam dan udara di dalam rumah. Untuk menciptakan rumah tanpa AC, buatlah celah untuk menghubungkan tekanan udara tersebut dalam bentuk lorong terbuka hingga void atau atap dengan ukuran 5,1 m x 1,2 m x 7 m.

Apakah Exhaust Dapat Mendinginkan Ruangan?

AC sering menjadi solusi utama untuk mendinginkan ruangan. Namun, penggunaan AC membutuhkan biaya listrik yang cukup besar. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan kipas angin jendela atau exhaust fan untuk menyejukkan ruangan dengan biaya yang lebih rendah.

Kenapa Rumah Dapat Terasa Pengap?

Kelembaban yang tinggi di dalam rumah dapat membuat udara terasa lembab dan pengap. Hal ini sering terjadi di daerah beriklim tropis atau saat musim hujan.

Apa yang Bisa Membuat Rumah Terasa Sejuk?

Pentingnya ventilasi dalam menjaga suhu rumah tetap nyaman tidak bisa diremehkan. Dengan ventilasi yang optimal, udara segar dapat mengalir masuk sementara udara panas bisa keluar dengan lancar. Pastikan untuk memasang jendela, pintu, dan lubang angin yang cukup besar dan memadai di setiap ruangan.