Untung Dan Rugi Dalam Menyewakan Rumah

0
323
untung dan rugi dalam menyewakan rumah
untung dan rugi dalam menyewakan rumah

Untung Dan Rugi Dalam Menyewakan Rumah –¬†Adakah satu diantara kalian semua yang berniat memiliki usaha dibidang properti seperti menyewakan rumah?.

Usaha seperti ini tentu digemari banyak orang karena menguntungkan dan apalagi jika anda memiliki tempat tinggal yang kosong / tidak ditempati.

Walau menguntungkan, yang namanya bisnis pasti mempunyai resiko dibaliknya, lantas apa saja keuntungan dan kerugian dalam menyewakan rumah?

Baca Juga :


Berikut untung dan rugi dalam menyewakan rumah :

Keuntungan :

1. Peminat Yang Banyak
Tingginya nilai rumah membuat banyak orang atau keluarga belum mampu membeli rumah, sehingga membuat banyak orang menjadi minat dalam menyewa rumah sebagai tempat tinggal sementara selagi mengumpulkan dana untuk membeli rumah baru. Ini menjadikan bisnis menyewakan rumah menjadi bisnis yang menguntungkan dan terus diminati.

2. Tidak Perlu Perawatan Khusus
Jika anda memiliki tempat tinggal yang tidak dihuni, maka bukan berarti anda tidak harus merawatnya juga. Rumah perlu dirawat agar tetap indah, kuat dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Tetapi jika anda menyewakan rumah, maka anda tidak perlu khawatir tentang perawatan rumah karena perawatan rumah biasanya akan ditanggungkan kepada penyewa. Tetapi tentu disesuaikan lagi dengan perjanjian sewa-menyewa yang sudah disepakati sejak awal.

3. Harga Sewa Yang Terus Meningkat
Dengan meningkatnya harga properti disuatu wilayah, maka naik juga harga sewa rumah diwilayah itu.

Bahkan bukan tidak mungkin jika harga sewa suatu rumah bisa naik mencapat 10% setiap tahunnya, walau demikian, kenaikan harga tentu harus disesuaikan lagi dengan kondisi dan lokasi rumah.

Seperti rumah yang berawa dikawan sekitar fasilitas umum, pendidikan dan perkantoran, harga rumah seperti ini pasti akan melambung setiap tahunnya.

 

Kerugian :

Setelah mengetahui tentang keuntungan, sebaiknya juga mengetahui tentang kerugian dari bisnis menyewakan rumah.

1. Waktu Sewa Yang Tergolong Pendek
Rumah tergolong properti yang jangka sewanya cenderung pendek, penyewa cenderung akan menyewa selama setahun atau dua tahun, ada yang menyewa hingga 5 tahun tetapi kasus seperti ini jarang terjadi.

Berbeda jika yang anda sewakan itu adalah Ruko atau Kios. Penyewa biasanya akan memperpanjang penyewaan karena usaha yang dia lakukan diruko atau kios tersebut, apalagi bisnisnya sudah berkembang.

2. Rumah Menjadi Rusak
Walau perawatan telah ditanggungkan kepada penyewa bukan berarti anda harus cuek terhadap perawatan rumah, karena bisa saja ada penyewa yang tidak mau merawat lantaran menganggap “untuk apa saya rawat, toh bukan rumah saya”.

Untuk mencegah terjadinya hal seperti ini, sebaiknya buatlah kesepakatan atau perjanjian sewa, dan sesekali datang langsung kerumah yang disewakan untuk memantau kondisinya.

 

3. Merusak Nama Baik
Percayakah anda jika menyewakan rumah dapat merusak nama baik?. Tentu saja bisa, karena hal ini berkaitan dengan hal dan kejadian yang tidak diinginkan.

Tentu saja anda pernah mendengar berita tentang rumah yang dijadikan tempat prostitusi dan pengedaran obat obat terlarang. Jika ini sampai terjadi maka nama anda selaku pemilik rumah akan tercoreng.

Itulah untung dan rugi dalam menyewakan rumah.

LEAVE A REPLY