Efektif Mengatur Keuangan RT

0
559
Efektif Mengatur Keuangan RT

Efektif Mengatur Keuangan RT – Kehidupan  RT  ( Rumah Tangga ) tidak terlepas dari masalah uang. Oleh karena itu, mengelola keuangan rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Keuangan rumah tangga harus dikelola dengan baik agar semua kebutuhan keluarga terpenuhi.

baca juga : Pengelolaan Finansial Sejak Dini

Keuangan rumah tangga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dari kebutuhan esensial yang harus dipenuhi hingga keinginan atau konsumsi yang bersifat perlengkap atau rekreasi. Mengelola keuangan rumah tangga merupakan tanggung jawab bersama. Baik suami maupun istri memegang peranan penting dalam rumah tangga.

Berikut Efektif mengatur keuangan RT ( rumah tangga ), yang dapat Anda lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga secara efektif antara lain :

Memahami akan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan memahami kebutuhan dan keinginan Anda. Jika Anda sudah menikah, itu pasti perlu untuk dipatuhi. Misalnya kebutuhan kebutuhan sehari-hari seperti makan hingga pendidikan harus disisihkan setiap bulan, jika sudah memiliki anak. Namun dalam praktiknya, kita susah membedakan mana kebutuhan dasar dan mana kebutuhan konsumtif.

Contoh konsumtif seperti membeli barang fashion terbaru, gadget terbaru, dan produk sekunder dan tersier lainnya. Semuanya, bisa memakai uang yang banyak.

Jadi cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Penuhi dulu kebutuhan rumah tangga, baru alokasikan uang untuk kebutuhan pribadi.

Mencatat semua pendapatan

Yang perlu Anda lakukan untuk mengelola keuangan rumah tangga secara efektif adalah menghitung pendapatan bulanan Anda. Penghasilan yang disebutkan di sini tidak hanya penghasilan gaji bulanan, tetapi juga mencakup manfaat menerima kompensasi lembur dan kegiatan investasi.

Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa mengarahkan pendapatan yang Anda terima untuk memenuhi kebutuhan. Ingatlah bahwa hal pertama yang harus dipenuhi adalah kebutuhan dasar. Dengan menghitung seluruh pendapatan, pengelolaan keuangan rumah tangga menjadi lebih mudah.

Mencatat pengeluaran selama sebulan

Selanjutnya, buatlah daftar pengeluaran terpenting dalam sebulan. Daftar ini akan membantu Anda mengelola keuangan rumah tangga secara efektif. Dengan membuat daftar prioritas, pengalokasian dan penggunaan dana rumah tangga menjadi lebih tertata.

Pengeluaran rumah tangga yang masuk dalam daftar prioritas antara lain biaya makan sehari-hari, biaya dapur, tagihan listrik, tagihan air, biaya perjalanan, pendidikan anak usia sekolah, dan pembayaran mobil atau apartemen.

Mempersiapkan Dana Darudat

Cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan membuat dana darurat. Dalam kehidupan berumah tangga, tidak semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Banyak hal yang terjadi secara tidak terduga di luar rencana. Misalnya, sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, PHK dan krisis ekonomi besar-besaran. Jika salah satu dari ketiga hal tersebut terjadi, sumber pendapatan rumah tangga dapat terganggu. Maka anggaran dana darurat akan bermanfaat.

Selain kebutuhan dasar, juga harus menyisihkan sebagian pendapatan Anda setiap bulannya untuk dana darurat. Jumlah relatifnya bisa 15-25 persen dari pendapatan bulanan Anda. Ingatlah bahwa uang yang Anda sisihkan setiap bulannya adalah untuk dana darurat yang hanya akan digunakan dalam keadaan darurat.

Menjaga rasio utang

Cara terbaik mengatur keuangan rumah tangga sebenarnya adalah dengan menghindari utang. Anda harus menyisihkan dana darurat karena kewajiban Anda untuk membayar tagihan dan hutang. Agar tidak menjadi beban yang menghambat keuangan rumah tangga. Namun, Anjurannya adalah jika harus berutang, berutang untuk hal-hal yang positif seperti untuk membayar cicilan rumah.

Anda perlu menjaga rasio utang untuk mengatur keuangan Anda. Jika memungkinkan, pastikan kewajiban utang Anda tidak melebihi 30 persen dari pendapatan Anda. Karena jika terjadi, keuangan rumah tangga Anda mungkin akan terganggu.

Cadangan dana untuk tabungan, asuransi dan investasi

Cadangan dana untuk tabungan, asuransi dan investasi sangat bermanfaat bagi masa depan. Seperti yang kita ketahui, menabung untuk kebutuhan saat ini dan masa depan itu sangat penting. Pendapatan yang disimpan sebagai tabungan dapat digunakan untuk kebutuhan tak terduga.

Asuransi  berguna untuk melindungi diri dari biaya kesehatan. Pada saat yang sama, investasi bisa dijadikan tabungan jangka panjang, sehingga uang yang diterima tidak habis begitu saja. Pengembalian investasi Anda dapat memastikan kehidupan hingga usia tua.

SHARE