Fengshui yang Baik Untuk Ruang Tamu

0
939
Tips Penataan Feng Shui Di Rumah

Fengshui yang Baik Untuk Ruang Tamu – Pada umumunya, desain rumah bukan hanya soal desain dan tata letak, tapi juga dipertimbangan fengshuinya. Contohnya salah satu ruangan rumah yaitu ruang tamu, pembangunannya juga harus seimbang menurut feng shui.

baca juga : Tempat Tidur Tidak Boleh Ada Cermin

Tujuan menggunakan fengshui saat membangun rumah adalah supaya pemilik rumah dapat menerima energi positif dari rumah yang dihuninya.

Ini uraian Fengshui yang baik untuk ruang tamu adalah sebagai berikut :

Tujuan dan konsep dari ruang tamu

Yang perlu diperhatikan adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu bahwa ruang tamu dirancang untuk berbagai macam tujuan. Seperti ruang tamu untuk tempat berkumpul keluarga dan sekaligus sebagai tempat menerima tamu.

Jadi ruang tamu harus menjadi tempat yang nyaman untuk keluarga dan sekaligus terlihat elegan saat menerima tamu.

Oleh karena itu, pemilihan warna harus disesuaikan dengan tampilan dan dekorasi ruangan serta memberikan kenyamanan. Jika Anda sering menjamu tamu, gunakan warna-warna lebih energik seperti kuning atau orange. Jika tidak, pilih warna kalem atau menenangkan.

Perhatikan Lima elemen fengshui

Lima elemen fengshui yaitu terdiri dari tanah, kayu, api, logam dan air, yang menggambarkan aliran energi di sekitar kita.

Dengan demikian, keseimbangan kelima elemen tersebut menjadi sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang harmonis. Ketika kelima elemen ini seimbang, segala sesuatu akan berjalan dengan maksimal.

Warna, konsep dan bentuk

Warna juga merupakan bagian penting dari Feng shui. Beberapa warna telah terkenal di Feng Shui sejak zaman kuno. Seperti warna abu-abu, terang atau netral.

Hal ini selanjutnya didukung oleh bentuk dan konsep tertentu yang harus diperhatikan saat memilih furnitur. Misalnya, elemen tanah menggunakan furnitur rendah, persegi atau persegi panjang untuk membumikan ruangan.

Pilihan terbaik warna tanah yang hangat adalah seperti coklat, emas, kuning dan terakota.

Elemen kayu ditandai dengan garis vertikal, botani dan furnitur tinggi serta nuansa hijau.

Elemen api dapat direpresentasikan dalam bentuk segitiga,bahan kulit, pola binatang dan seni abstrak.

Elemen logam direpresentasikan sebagai bentuk bulat dan melengkung, warna metalik, abu-abu dan cetakan lingkaran.

Elemen air direpresentasikan sebagai bentuk yang tidak beraturan dan melengkung, serta warna biru seperti samudra.

Penerangan untuk ruang tamu

Penerangan ruang tamu berbasis feng sui juga tidak dilakukan secara kebetulan. Jadi secara keseluruhan harus di buat seimbang. Dengan penerangan yang tidak baik atau terlalu redup, bisa dipastikan akan merusak suasana hati pemilik rumah atau tamu.

Jika terlalu terang tentu juga tidak baik karena akan mengganggu aktivitas di ruang tamu. Anda dapat mengatasinya dengan memilih beberapa desain lampu. Diantaranya adalah lampu meja, lampu lantai atau kombinasi lampu gantung yang cocok untuk menghiasi ruang tamu.

Menaruh tanaman hias di ruang tamu

Dengan adanya tanaman hijau di ruang tamu,  tidak hanya mewakili warna hijau yang membuat suasana menjadi lebih segar.Namun,menurut Feng sui tanaman juga mewakili unsur kayu, yang menciptakan pertumbuhan, vitalitas, dan penyembuhan.

Anda bisa memilih tanaman dengan daun bulat, sirih gading atau tanaman bambu hoki. Namun, hindari tanaman berduri seperti kaktus yang dapat melukai tangan. Pilih tanaman yang lembut dan rimbun untuk mempercantik ruang tamu Anda.

SHARE