Ini Nih Pulau Kecil Yang Diperebutkan 2 Negara

0
135
Ini Nih Pulau Kecil Yang Diperebutkan 2 Negara

Ini Nih Pulau Kecil Yang Diperebutkan 2 Negara – Kepemilikan sebuah pulau biasanya menjadi milik sebuah negara. Namun tak sedikit juga kasus dimana beberapa negara saling memeperebutkan dan saling mengklaim suatu wilayah atau pulau. Bahkan tak jarang hal tersebut sampai menyebabkan peperangan. Salah satunya adalah pulau kecil ini yang diperebutkan 2 negara.

Ya, Pulau Migingo yang memiliki luas 1.982 meter persegi  ini menjadi perebutan oleh Kenya dan Uganda. Melalui sensus yang dilakukan oleh pemerintah Kenya pada tahun 2009, dikatakan populasi dari pulau ini adalah 131 orang. Namun menurut The National, populasi di pulau ini mencapai 500 orang dan mayoritas penghuninya adalah nelayan.

Baca Juga :


Ini Nih Pulau Kecil Yang Diperebutkan 2 Negara

Ini Nih Pulau Kecil Yang Diperebutkan 2 Negara

Pulau ini juga tampak padat dan penuh dengan rumah-rumah diatasnya. Fasilitas di pulau kecil ini juga cukup lumayan dengan adanya apotek, salon dan hotel kecil. Meski ukurannya yang tidak lebih luas daripada luas lapangan sepakbola, pulau ini tetap menjadi rebutan dan mengakibatkan perang antara Kenya dan Uganda.

Perseteruan keduanya dimulai ketika Uganda memberikan surat izin kepada nelayannya untuk menangkap ikan di wilayah perairan pulau tersebut. Bagi yang tidak memiliki surat izin dan mencoba menangkap ikan di wilayah tersebut akan langsung ditangkap dan dipenjara. Hal ini dikarenakan wilayah perairan di pulau tersebut sangatlah subur dan kaya akan hasil laut.

Melihat kebijakan Uganda yang memberikan surat izin bagi nelayannya disambut respon negatif oleh Kenya. Kenya mengklaim bahwa seluruh pulau Migingo merupakan miliknya. Tidak terima dengan klaim tersebut, Uganda pun langsung mengirimkan angkatan lautnya.

Akhirnya persoalan tersebut berakhir dengan pembagian wilayah pada tahun 2009. Sampai sekarang masih terdapat perseturuan kecil yang masih terjadi dan kedua petinggi negara akan bertemu untuk membahas permasalahan ini.

Itulah pulau kecil yang diperebutkan 2 negara. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY