Beberapa Tips Sebelum Membeli AC

0
1069
Beberapa Tips Sebelum Membeli AC
bayuidocom.blogspot.com

Beberapa Tips Sebelum Membeli AC

Zaman sekarang ini semua merk AC seakan berlomba lomba untuk membuat brousr fitur yang membingungkan. Berbagai fitur yang ditawarkan seakan bermaksud membingungkan konsumen yang lupa bahwa tujuan AC yang utama adalah mendinginkan ruangan. Fitur lainnya adalah tambahan dan disini kami ingin mengingatkan anda untuk memilih AC yang cocok.

Banyak terjadi dimana konsumen membeli AC yang tidak tepat sehingga konsumen sendirilah yang dirugikan baik dari segi penggunaan listrik yang berlebihan dan ketidaknyamanan dari penggunaan AC tersebut.

Di artikel ini kami berusaha untuk menjelaskannya secara mudah agar anda bisa mengerti secara garis besar apa saja yang penting dalam membeli AC.

Berikut adalah 4 hal terpenting dalam membeli AC

  1. Pilih PK yang tepat untuk kebutuhan anda.
    Pastikan anda memilih PK yang tepat pada AC anda sesuai kebutuhan anda. Penggunaan yang tidak tepat akan membuat ruangan anda tidak nyaman dan penggunaan daya listrik yang berlebihan.
  2. Penggunaan Listrik.
    AC anda bekerja amat keras sehari harinya. AC yang terletak di kamar tidur bisa menyala lebih dari 9 jam sehari. Tentu masuk akal apabila anda memilih AC yang hemat listrik.
  3. Tipe Standard atau Low Watt atau Inverter ?
    Jangan salah memilih dari tiga tipe ini karena ini akan amat berpengaruh pada penggunaan listrik.
  4. Fitur tambahan
    AC sekarang ini telah dilengkapi beberapa fitur tambahan seperti fitur yang dapat menghilangkan bau tidak sedap dan mengurangi virus di udara.
  1. Pilih PK Yang Tepat Sesuai Kebutuhan Anda

Dalam memilih AC hal pertama yang harus anda cari tahu adalah berapa PK yang anda butuhkan dari AC anda. Penggunaan PK yang kurang besar akan mengakibatkan ruangan anda yang lambat dingin atau terasa kurang dingin. Sebaliknya pada penggunaan PK yang terlalu besar akan mengakibatkan ruangan anda terlalu dingin dan boros listrik.

Penentuan PK yang anda perlukan adalah hal pertama yang perlu anda lakukan. Setelah menentukan PK yang tepat barulah anda membanding bandingkan jenis tipe AC, penggunaan listrik dan fitur tambahan lainnya.

Secara garis besar, gunakan rumus ini untuk menghitungnya.

= Luas Ruangan Dalam m2 x 500
= Lebar x Panjang x 500

Rumus tersebut akan menghasilkan hasil dalam satuan Btu. Anda lalu cocokkan dengan daftar dibawah ini untuk membantu anda mengkonversi berapa PK yang anda butuhkan.

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

2. Penggunaan Listrik

Pilihlah AC yang efisien karena penggunaan AC yang tepat akan amat memboroskan biaya listrik anda. AC kamar tidur anda akan nyala lebih dari 9 jam sehari tentu penting anda memilih AC yang hemat listrik.

Pastikan anda membandingkan AC setelah anda mengetahui PK yang anda butuhkan dari AC anda. Tidak masuk akal apabila anda membandingkan AC 0.5 PK dengan AC 1.5 PK karena itu seperti membandingkan apel dan jeruk.

Dalam membandingkannya anda juga harus melihat berapa watt penggunaan AC pada saat tarikan awal (pertama dinyalakan) hingga pada saat berjalan. AC tipe inverter akan menggunakan daya listrik yang lebih tinggi pada tarikan awal. Ini akan kami jelaskan di poin berikutnya.

3. Tipe Standard, Low Watt atau Inverter ?

Tipe Split AC saat ini bisa dibagi menjadi 3 tipe yaitu Standard, Low Watt dan Inverter. Tipe Low Watt secara pengertian adalah tipe Standard yang penggunaan daya pada kompressornya dikurangi supaya irit listrik. Tipe low watt cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil. Secara konsep cara kerja tipe low watt dan tipe standard sama.

Berbeda dengan tipe inverter dimana AC inverter akan bekerja amat keras di tarikan awal untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai suhu yang disetel di remote maka AC inverter akan mengurangi kinerjanya sehingga penggunaan watt akan relatif lebih rendah. Tipe inverter menggunakan watt yang amat besar untuk tarikan awal lalu penggunaan watt akan relatif rendah pada saat ruangan sudah dingin.

Berikut adalah cara mudah memilih tipe AC

  • Rumah anda memiliki daya listrik pas pasan -> Gunakan AC Low Watt
  • Pintu ruangan AC anda sering dibuka tutup -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda sering dimatinyalakan -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda hanya bekerja untuk waktu pendek (2-3 jam sekali pakai) -> Gunakan AC Standard atau Low Watt
  • AC anda nyala dalam kondisi lama (6 jam+) di ruangan yang tidak buka tutup (contoh di ruang tidur) -> Gunakan AC Inverter

4. Fitur Tambahan

Banyak fitur tambahan yang tidak berguna pada AC anda. Dari semua fitur itu kami merekomendasikan anda membeli AC yang memiliki fitur pembersih udara dan penghilang bau tak sedap. Fitur ini memiliki nama yang berbeda beda di setiap merk jadi pastikan anda bertanya terlebih dahulu.

Pada merk Sharp, teknologi ini disebut dengan teknologi Plasmacluster. Pastikan anda mencari teknologi serupa pada merk lainnya karena AC ini akan membuat ruangan anda lebih nyaman.

Nah, sekarang kami harap anda sudah cukup mengerti apa yang penting dalam memilih AC. Ada pertanyaan lainnya bisa ditanyakan di kolom komentar agar tim kami bisa membantu anda.

sumber : http://www.arjunaelektronik.com

SHARE

LEAVE A REPLY