Haruskah saya menjual rumah saya sekarang atau menunggu?

0
135

Haruskah saya menjual rumah saya sekarang atau menunggu?

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual rumah Anda, penting untuk memahami dinamika pasar real estat saat ini. Volatilitas yang mendominasi pasar di tengah tekanan terkait pandemi mungkin telah mereda, namun masih terdapat tantangan yang serius.

Salah satu penyebabnya adalah suku bunga hipotek telah melonjak, mencapai tingkat tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam lebih dari 20 tahun.

Yang lebih rumit lagi, harga rumah juga sangat tinggi. Harga jual rata-rata nasional pada bulan Desember 2023 adalah $382.600, naik 4,4 persen dari tahun ke tahun dan tidak terlalu jauh dari rata-rata bulanan tertinggi National Association of Realtors sebesar $413.800, yang tercatat pada bulan Juni 2022.

Meskipun harga yang tinggi biasanya merupakan kabar baik bagi penjual, mereka jelas membutuhkan pembeli yang mampu membeli, dan tingginya suku bunga mempersulit hal ini. Terlepas dari tren harga, dengan pasokan perumahan yang masih rendah dalam 3,2 bulan, negara ini secara keseluruhan masih merupakan pasar penjual.

Haruskah saya menjual rumah saya sekarang atau menunggu?

Baca Juga : Beberapa Jenis Karpet Yang Menarik Untuk Tangga

Haruskah saya menjual rumah saya sekarang?
Memutuskan apakah ini saat yang tepat untuk menjual rumah Anda adalah pilihan yang sangat individual. Ada banyak pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan, baik berdasarkan finansial dan gaya hidup, sebelum memasarkan rumah Anda. Jika opini populer bisa menjadi panduan, sekarang mungkin masih saat yang tepat untuk menjual meskipun pasar sedang berkembang. Menurut Indeks Sentimen Pembelian Rumah terbaru Fannie Mae, lebih dari separuh responden – 57 persen – merasa ini saat yang tepat untuk menjual.

Dinamika pasar lokal juga berperan besar dalam menentukan apakah ini saat yang baik atau buruk untuk menjual, kata Katie Severance, Realtor di Douglas Elliman di Palm Beach, Florida, dan penulis “The Brilliant Home Buyer.” “Di beberapa daerah, menjual sekarang adalah hal yang tepat untuk dilakukan karena harga masih naik – atau setidaknya belum turun,” katanya.

Pasar dengan harga yang turun dengan cepat cenderung sama dengan pasar yang mengalami kenaikan drastis dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya, harga median di Seattle dan Austin sama-sama mengalami penurunan dari tahun ke tahun, menurut data dari Redfin.

Kapan saat yang tepat untuk menjual rumah?
Secara historis, musim semi dan musim panas biasanya merupakan waktu terbaik dalam setahun untuk menjual rumah. Namun di luar musim, ada banyak faktor yang mungkin membuat menjual rumah Anda menjadi keputusan yang bijaksana. Seringkali alasannya didasarkan pada perhitungan keuangan, biaya hidup dan pertimbangan lainnya, namun mungkin juga ada faktor lain yang menjadikan menjual rumah sebagai pilihan yang tepat. Ini termasuk:

  • Jika suku bunga rendah Hal ini tidak terjadi saat ini, namun suku bunga rendah akan menarik lebih banyak calon pembeli untuk memasuki pasar, sehingga menguntungkan penjual. Meningkatnya jumlah pembeli yang berbelanja rumah sering kali menyebabkan perang penawaran dan menaikkan harga rumah, yang berarti Anda mungkin bisa menjual rumah Anda untuk mendapatkan keuntungan yang besar.
  • Jika persediaan terbatas Kekurangan persediaan perumahan juga meningkatkan permintaan dan harga rumah yang tersedia. Terlebih lagi, ketika pasokan rumah sedikit, rumah di pasar cenderung terjual lebih cepat.
  • Jika Anda siap berhemat Perampingan mungkin merupakan pilihan yang lebih hemat anggaran daripada terus mempertahankan rumah yang lebih besar dan mahal. Bagi pemilik rumah yang lebih tua, perampingan mungkin merupakan suatu keharusan
  • Jika Anda perlu pindah Jika Anda pindah ke negara bagian baru untuk mendapatkan pekerjaan atau ingin menikmati masa pensiun di daerah baru, dan Anda memerlukan keuntungan dari penjualan untuk digunakan di tempat berikutnya, penjualan mungkin tidak dapat dihindari. “Waktu untuk menjual adalah saat Anda perlu menjual,” kata Severance. “Tidak ada gunanya menjualnya jika Anda ingin pergi ke suatu tempat.”

Kapan saat yang tepat untuk menunggu?
Berikut beberapa faktor umum yang mungkin membuat calon penjual menunda pencatatan rumahnya untuk dijual:

  • Jika suku bunga naik Meningkatnya suku bunga hipotek sering kali berarti semakin sedikit pembeli yang mampu membeli harga yang Anda inginkan. Menjual rumah tidaklah gratis, jadi jika Anda tidak dapat memaksimalkan harga, Anda mungkin sebaiknya menunggu.
  • Jika Anda baru saja melakukan pembiayaan kembali Jika Anda baru saja melakukan pembiayaan kembali hipotek Anda, mungkin tidak masuk akal secara finansial untuk menjualnya dulu. Anda mungkin benar-benar kehilangan uang dengan melakukan hal ini, ketika mempertimbangkan biaya penutupan dan biaya lain yang biasanya dibayarkan sebagai bagian dari proses pembiayaan kembali.
  • Jika Anda memperbesar Biaya untuk membeli rumah baru yang lebih besar mungkin tidak terjangkau, terutama di pasar yang sedang panas. Jangan berlebihan – luangkan waktu untuk memastikan keuangan Anda dapat mengakomodasi jenis rumah yang Anda inginkan. Kalkulator keterjangkauan rumah Bankrate dapat membantu Anda menghitung angka-angkanya.
  • Jika rumah Anda dalam kondisi buruk Punya daftar panjang perbaikan yang menunggu untuk diselesaikan di sekitar rumah Anda? Anda mungkin ingin menunda penjualan sampai beberapa pekerjaan dapat diselesaikan. Penting untuk menampilkan rumah Anda dalam kondisi terbaiknya untuk mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan.
  • Jika rumah dalam kondisi rusak atau ada pekerjaan yang belum selesai, kecil kemungkinan Anda mendapatkan harga yang bagus.
  • Jika Anda tidak memiliki rencana permainan Jika Anda hanya mencoba mengatur waktu pasar untuk menghasilkan keuntungan dan tidak memiliki rencana setelah rumah Anda terjual, mungkin yang terbaik adalah menunggu.
SHARE