Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

0
646
Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker – Sampai sekarang, salah satu penyakit yang masih menjadi momok bagi manusia adalah kanker. Ya, hal tersebut karena kanker termasuk penyakit yang mematikan apabila tidak mendapat penanganan yang tepat. Selain itu, pengobatan yang tepat untuk semua jenis kanker masih belum ditemukan sampai saat ini.

Nah, menurut beberapa penelitian, ternyata di sekitar kita banyak benda-benda yang bisa jadi penyebab kanker loh. Benda-benda tersebut berada di rumah kita tinggal. Lebih tepatnya benda tersebut bersifat karsinogenik atau menyimpan substansi penyebab sel kanker berkembang. Ingin tahu lebih lanjut benda apa saja? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut 4 benda di rumah yang bisa jadi penyebab kanker

Sofa

Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Siapa sih yang tidak suka bersantai atau sekedar duduk di sofa? Ternyata sofa termasuk salah satu benda di rumah yang bisa menjadi penyebab kanker loh. Penelitian yang dilakukan oleh Duke University pada tahun 2013 menemukan bahwa kandungan tersebut ada dalam darah setiap orang yang mereka tes.

Untuk kamu yang ingin membeli furnitur, sebaiknya perhatikan label sofa terutama yang sebelum tahun 2013. Hal tersebut karena kebanyakan produsen furnitur pada saat itu masih menggunakan bahan bersifat karsinogenik.

Tirai dan karpet

Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Jika di rumah terdapat seorang perokok atau mungkin pernah ada tamu yang datang dan merokok, bisa dipastikan hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kanker. Pasalnya rokok mengandung kadmium yang bersifat karsinogenik dan dapat bersarang pada permukaan tirai dan karpet di rumah.

Meskipun bau rokok sudah tidak tercium lagi di rumah, namun kandungan kadmium nya kemungkinan besar masih belum hilang. Bahkan kandungan tersebut tidak akan mudah hilang meski sudah dibersihkan dengan berbagai pembersih.

Taman

Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Meski taman yang dipenuhi tanaman hijau bisa memberikan udara yang segar dan kesehatan bagi manusia, namun di kondisi tertentu taman malah bisa menjadi penyebab kanker loh. Hal tersebut dikarenakan tanah pada tanaman hijau di taman seringkali mengandung dioksin.

Dioksin sendiri merupakan sebuah zat yang berasal dari pembakaran limbah rumah tangga atau industry yang mengandung senyawa klor seperti industry pestisida, plastik, kimia, dan pulp kertas. Menurut ahli, paparan dioksin berisiko lebih besar terkena kanker. Salah satu cara pencegahannya adalah dengan selalu menggunakan sarung tangan ketika bekerja di taman dan selalu mencuci tangan setelah kembali dari taman.

Lemari baju

Hati-hati! Ini 4 Benda di Rumah Yang Bisa Jadi Penyebab Kanker

Zat perchloroethylene atau yang biasa ditemui saat dry cleaning memiliki sifat karsinogenik. Zat ini bisa ditemukan di tempat menyimpan pakaian kering atau lemari baju. Kandungan tersebut juga terdapat pada semir sepatu, pembersih kayu dan spot remover.

Kandungan tersebut juga berisiko menjadi penyebab penyakit kanker. Untuk menyiasatinya, sebaiknya gunakan sarung tangan ketika membersihkan benda-benda dari kayu dan sepatu. Dan sebaiknya gunakanlah pembersih yang tidak mengandung perchloroethylene jika ingin melakukan dry cleaning.

Itulah 4 benda di rumah yang bisa jadi penyebab kanker. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

SHARE

LEAVE A REPLY