5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

0
4603
5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis – Tinggal di rumah dengan desain minimalis membuat Anda harus pandai-pandai menata ruangan dan meletakkan perabot besar. Nah, salah satu tantangan yang kerap dijumpai saat mendesain rumah minimalis dengan dua lantai atau lebih ialah membuat tangga.

Pasalnya, anak tangga yang disusun ini bisa menghabiskan lahan cukup besar dan menyisakan lahan kosong di bagian bawahnya. Namun belakangan ini para arsitek semakin berinovasi mendesain tangga yang hemat ruang dan fungsional.

Baca Juga :

Penasaran? Simak 5 ide desain tangga untuk rumah minimalis yang bisa Anda tiru berikut ini.

1. Desain Menukik

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Salah satu cara untuk menghemat ruang ialah meminimalisir area horizontal. Bila Anda senang ‘mendaki’ ketinggian, desain tangga dengan kemiringan yang menukik tajam ini bisa menjadi pilihan.

Anda juga bisa membuat tangga dengan desain yang menarik dari kayu yang ringkas dan minimalis sehingga rumah mungil Anda nampak bersih dan tertata rapi.

2. Bermain Kreatif

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Anak tangga dengan material batu bata yang diplester mungkin nampak membosankan dan membuat rumah terkesan sempit. Untuk menghadirkan kesan segar dan minimalis, Anda bisa memilih anak tangga dengan dominasi warna putih atau menggunakan material kaca.

Tidak hanya di bagian railing atau pegangan tangga saja, namun Anda juga bisa bermain kreatif dengan memanfaatkan material kaca sebagai pijakan anak tangga. Salah satu contohnya tangga yang didesain menggantung seperti pada gambar.

3. Tangga Ulir yang Nyaman

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Tangga ulir atau tangga spiral kerap menjadi andalan untuk menghemat ruang. Namun, sebagian orang enggan memilih jenis tangga ini karena terlalu menukik dan dianggap kurang kokoh untuk dipijak. Sebagai alternatif tangga spiral besi, Anda bisa membuat desain kustom tangga ulir yang sedikit lebih lebar agar nyaman untuk dipijak.

4. Buat Transisi Anak Tangga

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Desain anak tangga dengan transisi yang dipisah pada bagian tengah bisa menghemat sedikit area untuk rumah minimalis Anda. Contoh ruangan di atas sangat pas untuk rumah tiga lantai. Namun, sisa ruang ini juga bisa digunakan untuk meletakkan lemari atau rak buku.

5. Manfaatkan Anak Tangga untuk Penyimpanan

5 Ide Desain Tangga untuk Rumah Minimalis

Terakhir, jika Anda terpaksa harus membuat anak tangga dengan ukuran cukup lebar dan kemiringan yang landai, modifikasi anak tangga menjadi laci geser. Dengan demikian, Anda bisa menghemat ruang untuk penyimpanan pakaian, buku, sampai dengan mainan anak. Selamat mencoba!

Sumber : okezone.com