Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl di Rumah

0
63
Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl di Rumah

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl di Rumah – Pemilihan material untuk lantai rumah cukup penting untuk diperhatikan. Hal ini dikarenakan lantai rumah tertimpa berbagai furnitur dan barang serta diinjak setiap hari. Agar tahan lama, tentu sebaiknya menggunakan material yang kuat dan memiliki daya tahan yang bagus.

Selain itu, tampilan lantai rumah juga tak boleh luput diperhatikan loh. Kamu bisa mempercantik tampilan lantai dengan memberi lapisan pada lantai seperti keramik, kayu, sampai vinyl. Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang menggunakan vinyl sebagai pelapis lantai rumah.

Selain tampilannya yang cantik dengan banyak pilihan motif, lantai vinyl juga nyaman dipijak. Nah bagi kamu yang berencana untuk membeli lantai vinyl, sebaiknya ketahui dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai vinyl di rumah. Penasaran? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca Juga :


Berikut kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai vinyl di rumah

Awet

Meski memiliki ketebalan yang cukup tipis, lantai vinyl memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat baik loh. Lantai vinyl diklaim dapat bertahan selama 20 sampai 25 tahun. Tak hanya itu, lantai vinyl juga tahan terhadap sinar matahari dan air hujan sehingga cocok digunakan di luar ruangan.

Tekstur yang nyaman dipijak

Seperti yang sudah dikatakan diatas, vinyl memiliki tekstur yang sangat nyaman dipijak dan lebih halus jika dibandingkan dengan lantai parket. Hal ini dikarenakan dibawah lapisan vinyl terdapat kandungan busa.

Warna dan motif yang beragam

Salah satu factor yang menyebabkan lantai vinyl cukup populer adalah terdapat banyak motif dan warna. Dengan begitu, kamu bisa sesuaikan dengan tema atau konsep ruangan.

Pemasangan dan perawatan yang mudah

Untuk memasang lantai vinyl juga terbilang cukup mudah. Tinggal direkatkan saja ke lantai yang sudah dibersihkan sebelumnya. Lantai vinyl juga bisa dipasang diatas permukaan apa saja. Sedangkan untuk perawatannya juga tak kalah mudah. Cukup disapu dan dipel secara rutin.

Mengandung PVC yang sedikit berbahaya

Sayangnya vinyl mengandung PVC yang mengandung zat VOC ke udara. Oleh karena itu, udara di ruangan dengan lantai vinyl dapat tercemar dan lama kelamaan dapat membahayakan penghuninya. Namun tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak produsen lantai vinyl yang sudah mengurangi penggunaan PVC tanpa mengurangi kualitas dari lantai vinyl.

Mudah dirusak benda tajam

Meski memiliki daya tahan dan kekuatan yang tahan terhadap panas dan air, sayangnya lantai vinyl mudah tergores benda tajam. Maka dari itu, cobalah untuk lebih berhati-hati ketika memindahkan barang atau hindari menginjak lantai vinyl dengan sepatu heels yang berujung tajam.

Itulah kelebihan dan kekurangan menggunakan lantai vinyl di rumah. Bagaimana? Sudah siap untuk membeli lantai vinyl? Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY