5 Faktor Agar Dapatkan Rumah Terbaik

0
2305
5 Faktor Agar Dapatkan Rumah Terbaik

5 Faktor Agar Dapatkan Rumah Terbaik – Membeli rumah tidak semudah merencanakannya. Terlebih harga properti yang satu ini terbilang tinggi. Belum lagi jumlah permintaannya cenderung meningkat setiap tahunnya. Sudah pasti harga di pasaran juga meningkat. Sah-sah saja membangun rumah dari nol pada sebidang lahan. Namun, banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Mencari tanah, mengurus surat perjanjian jual beli tanah, menghitung bahan bangunan serta jasa pekerja bangunan, dan sebagainya bukanlah perkara yang mudah dikerjakan. Melihat kondisi ini maka pilihan untuk membeli perumahan adalah pilihan yang lebih tepat.

Baca Juga :

Membeli rumah memiliki banyak pertimbangan. Jangan sampai Anda mengambil keputusan yang keliru sehingga mendapatkan rumah yang tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena itu, banyak hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan agar terhindar dari sejumlah kerugian.

Anda bisa memulainya dengan mendapatkan banyak informasi yang akurat mengenai perumahan. Dengan begitu, Anda memiliki referensi yang cukup sebelum mengambil keputusan.

Berikut 5 faktor agar dapatkan rumah terbaik :

1. Fasilitas yang disediakan

Kini perumahan pada umumnya berlokasi cukup jauh dari pusat kota. Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan kelengkapan berbagai fasilitas pendukung yang tersedia di dalam perumahan. Jangan sampai Anda dan anggota keluarga lainnya mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena tidak adanya fasilitas pendukung di perumahan.

Perumahan yang layak harus memiliki berbagai fasilitas pendukung, seperti pasar modern, supermarket, rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, dan berbagai fasilitas penting lainnya. Perumahan benar-benar dikatakan nyaman sebagai hunian jika Anda dan anggota keluarga lainnya bisa menjalani keseharian dengan baik.

2. Akses transportasi

Akses transportasi yang baik dan lengkap sangat penting bagi para penghuni perumahan. Baik akses dengan menggunakan mobil pribadi maupun mode transportasi umum harus dipertimbangkan benar-benar ketika memilih perumahan. Sebab mode transportasi seperti bis kota, kereta api, atau angkutan umum lainnya terasa besar manfaatnya nanti kalau Anda tinggal di perumahan.

3. Reputasi developer

Ada banyak developer yang menjalankan bisnis perumahan. Mengingat bisnis ini memang sangat menjanjikan. Namun, tidak sedikit juga developer yang bermasalah dalam mengelola bisnis perumahan. Sangat penting bagi Anda untuk mencari dan memilih developer yang benar-benar bisa dipercaya. Reputasi dan kredibilitas yang dipunya developer jadi tolok ukur dan jaminan untuk memiliki rumah tanpa masalah.

Jangan sampai Anda tertipu dan memilih developer secara sembarangan. Sebab pembelian rumah akan melibatkan uang dalam jumlah yang besar. Cari informasi yang akurat mengenai developer yang bisa dipercaya dan memiliki kinerja yang baik sehingga Anda bisa menghindari berbagai macam kerugian yang mungkin timbul akibat kesalahan ini.

4. Fasilitas KPR

Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih developer yang memiliki kerja sama yang baik dengan bank menyangkut pemberian fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Hubungan yang baik antara bank dan pihak pengembang kemungkinan dapat mempermudah proses pengajuan KPR Anda. Perlu Anda ketahui, uang muka yang mesti dipersiapkan untuk mengajukan KPR besarannya dari 10-20%. Dengan kata lain, bank memberikan kucuran dana KPR sekitar 80-90%.

Selain mengandalkan developer untuk mendapat informasi soal bank, Anda juga bisa mencari sendiri bank-bank yang memberikan dana KPR secara online. Ada yang menawarkan bunga 8,25% fixed 1 tahun. Bahkan, ada yang menawarkan bunga 8% fixed 1 tahun.

5. Jangan sampai salah pilih

Siapa pun pastinya ingin memiliki rumah yang terbaik, baik harga maupun lokasi. Siapa pun juga tidak ingin gegabah dalam membeli rumah karena biaya yang mesti dikeluarkan tidak sedikit. Karena itu, carilah dengan cermat dengan mempertimbangkan beberapa hal. Serangkaian kriteria di atas kalau digunakan dapat membantu Anda dalam mendapat perumahan yang ideal. Selamat mencari-cari dan jangan sampai salah pilih ya!

Itulah 5 faktor agar dapatkan rumah terbaik yang dapat menginspirasi anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : okezone.com

SHARE