Lebih Cuan Ngontrak Atau KPR?

0
40
Lebih Cuan Ngontrak Atau KPR?

Lebih Cuan Ngontrak Atau KPR? – Rumah merupakan kebetuhan primer bagi semua orang , tapi membeli rumah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak faktor yang harus di perhatikan dan di persiapkan sebelum membeli rumah ,baik dari sisi jenis rumah , area perumahan , fasilitas yang ada di rumah tersebut , maupun faktor ekonomi.

Ngontrak saat ini merupakan solusi bagi sebagian orang yang ingin memiliki hunian sementara karena belum bisa membeli rumah, tetapi harga sewa yang di tawarkan perbulannya juga tidak relatif murah.

Sedangkan KPR merupakan solusi bagi orang-orang yang ingin memiliki rumah tetapi dengan dana yang belum terkumpul sepenuhnya,dengan sistem pembayaran perbulan dengan nominal tertentu dengan jangka waktu yang sebelumnya sudah di sepakati terlebih dahulu dengan pihak terkait. yang pada akhirnya akan menjadi milik kita sendiri.

Banyak orang mengatakan lebih untung ngontrak daripada KPR ataupun sebaliknya, berikut Hal-Hal yang perlu di pertimbangkan sebelum memutuskan untuk Ngontrak atau KPR.

Lebih Cuan Ngontrak Atau KPR?

Berikut ini beberapa pertimbangan jika Anda memilih KPR:

DP rumah

Pertimbangan yang tentunya dipikirkan oleh pasangan baru ketika memilih KPR yaitu uang muka atau DP biasanya dibebankan dengan persentase 20% dari harga rumah yang harus dibayarkan. Selain itu terdapat dana tambahan seperti pajak sehingga memiliki nilai yang cukup besar.

Kredit

Dalam pengajuan KPR mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu terkait kredit macet. Pihak bank akan melakukan penelusuran transaksi dari rekening dalam 1 tahun terakhir supaya pengajuan KPR disetujui dan tidak mengalami kredit macet.

Gaji tetap

Pilih KPR atau ngontrak memang bisa menjadi pertimbangan untuk tetap tinggal di hunian yang nyaman. Apabila memiliki kredit lancar dengan pendapatan bulanan tetap maka bisa mengajukan KPR. Hal ini bisa menjadi jaminan yang nantinya dilihat oleh bank guna menilai kesanggupan pembayaran kredit KPR setiap bulan.

Perhitungan ketat

Pembelian rumah harus dengan memperhitungkan secara matang karena gaji yang didapatkan akan digunakan untuk membayar cicilan rumah. Pastikan sisa dana dapat menutup kebutuhan setiap bulan dan tabungan. Pembayaran cicilan sebaiknya menggunakan 30% dan sisanya untuk kebutuhan pokok, dana darurat dan investasi.

Lokasi kurang fleksibel

Ketika ingin mendapatkan KPR rumah harga murah biasanya lokasi terletak di pinggiran kota. Akan tetapi akan memiliki konsekuensi ketika berangkat dan pulang bekerja karena jaraknya tentu akan terlampau jauh.

Ngontrak atau Sewa Rumah

Pada umumnya generasi milenial lebih tergolong sebagai generasi yang memilih untuk menyewa karena menawarkan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan harus membeli KPR.

Hal ini tentunya juga memiliki berbagai macam alasan sehingga pasangan baru memutuskan untuk memilih ngontrak. Adapun beberapa alasan yang bisa diketahui sebagai berikut:

Jaraknya dekat

Pasangan baru yang aktif bekerja tentunya memilih lokasi tempat tinggal yang berdekatan. Maka dari itu mereka akan menyewa rumah dan bisa menentukan lokasi yang berdekatan dengan kantor, selain itu juga bebas pindah lokasi sesuai dengan keinginan sehingga tidak perlu repot menjual perabotan atau rumah.

Tidak dapat diinvestasikan

Dengan memilih sewa rumah maka Anda dan pasangan tidak bisa memiliki investasi. Padahal belakangan ini harga properti terus mengalami kenaikan setiap tahun sehingga pilihan untuk membeli rumah sebagai investasi yang sangat menguntungkan.

Biaya lebih terjangkau

Memilih ngontrak dibandingkan dengan cicilan KPR tentunya memang memiliki biaya yang lebih terjangkau. Terlebih pada pasangan baru dengan keuangan yang belum stabil sehingga sangat cocok karena bisa menabung bulanan untuk membayar biaya kontrak dalam jangka waktu 1 tahun dibandingkan dengan KPR bulanan.

Tidak mempunyai biaya perawatan

Keuntungan yang bisa dirasakan ketika mengontrak yaitu tidak memikirkan biaya perawatan. Sebab untuk biaya perawat sekarang juga sudah mahal, namun dengan sewa rumah tentunya biaya perawatan bisa ditanggung oleh pemilik rumah seperti yang sudah tercantum pada perjanjian sewa rumah. Jika memilih KPR atau ngontrak selamanya tentu akan mempertimbangkan untuk mengontrak.

Jadi lebih cuan ngontrak atau KPR?

Baca Jugahttps://blog.rumahdewi.com/rumah-dari-film-kartun-ini-beneran-ada-di-dunia-nyata-loh/