Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

0
101

Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

Palet warna bukanlah hal yang paling mudah untuk diketahui saat mempercantik ruangan di rumah Anda. Anda mungkin bisa menggantung gambar di dinding atau memilih furnitur dalam sekejap, tapi skema warnanya? Ini bisa jadi sangat memusingkan, karena warna yang bisa dipilih tidak terbatas.

Namun dengan sedikit pengetahuan, memilih warna yang paling sesuai dengan desain interior benar-benar dapat membuat perbedaan, mulai dari mengatur suasana untuk daya tarik visual hingga membuat warna-warna hangat dan sejuk bekerja dengan cara yang fungsional dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

“Anda tidak dapat memisahkan warna dan desain,” kata Jackie Terrell, desainer dan pemilik Jackie Knows, Inc. yang berbasis di New York City. “Faktanya, ini adalah salah satu komponen desain yang paling penting. Sekalipun suatu ruang tidak ‘berwarna-warni’, ruang tersebut tetap akan menonjolkan warna yang dominan. Dibandingkan elemen desain lainnya, warnalah yang menentukan suasana hati.”

Sebenarnya, warna-warna hangat dan warna-warna sejuk masing-masing dapat memengaruhi suasana hati seseorang dalam berbagai cara dan memiliki berbagai tujuan di ruang berbeda. Tapi apa saja kategori warna ini, dan bagaimana Anda memadukannya secara efektif ke dalam rumah?

Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

Baca Juga: Cara membuat rumah sementara terasa seperti milik Anda

Apa Itu Warna Hangat (Warm)?

Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

“Warna-warna hangat dianggap mulai dari merah hingga kuning-hijau pada roda warna,” kata Gideon Mendelson, pendiri dan direktur kreatif Mendelson Group. “Warna-warna hangat seperti terong dan merah marun bisa menimbulkan moody dan menciptakan kesan formalitas, sedangkan warna seperti oranye dan kuning membangkitkan perasaan optimisme dan kegembiraan.”

Diana Hathaway, pendiri dan desainer di GorgeousColor.com mengatakan bahwa pada akhirnya, warna-warna hangat ditentukan oleh rona kulitnya.

Dia berkata, “Warna-warna hangat menampilkan dominasi rona dasar hangat seperti merah atau kuning, dan memberikan kesan hangat.”

Terrell menunjukkan bahwa beberapa warna biru pun dapat memiliki kualitas yang hangat, sementara beberapa warna merah mengandung sedikit warna biru yang dapat membuatnya tampak “keren”.

Apa Itu Warna Sejuk (Cool)?

Kapan Menggunakan Warna Hangat vs Sejuk di Rumah Anda

Di sisi lain, Mendelson mengatakan bahwa warna sejuk dianggap mulai dari ungu hingga hijau tua pada roda warna.

“Warna-warna sejuk seperti ungu cerah dan hijau meningkatkan kreativitas dan perdamaian,” katanya. “Di sisi lain, warna biru muda dan lavender sering dianggap sebagai warna terbaik untuk mengecat kamar tidur agar tidur malam nyenyak.”

Hathaway mengatakan bahwa warna-warna sejuk menampilkan rona dasar biru atau abu-abu, yang dapat memberikan tampilan tersebar.

“Dekorasi dengan warna-warna sejuk dapat mengurangi kesan ruangan yang terlalu energik karena lokasi atau desain arsitekturnya,” katanya. “Palet monokromatik sangat menenangkan jika dibuat dengan warna-warna sejuk.”

Kapan Menggunakan Warna Hangat?

Untuk Menciptakan Suasana Bahagia dan Kreatif
Mendelson percaya bahwa warna-warna cerah ini paling cocok digunakan di ruang makan, ruang kerja, ruang kantor, ruang bermain, dan ruang keluarga “untuk kesan mengundang, meningkatkan kebahagiaan dan kreativitas.” Dia menambahkan, “Warna-warna hangat juga bisa terasa nyaman dan nyaman.”

Ruang makan adalah ruang yang sangat ideal untuk nuansa hangat, menurut Hathaway. Dia berkata, “Ruang makan Anda adalah tempat yang tepat untuk palet warna menarik yang diisi dengan warna-warna hangat. Saat Anda membuat palet warna untuk ruang berkumpul dengan warna-warna seperti merah, oranye menyala, dan kuning, Anda membawa energi positif ke dalam ruangan.”

 

Untuk Mengimbangi Rasa Sejuk

Mungkin Anda tinggal di daerah yang musim dinginnya panjang dan suram. Di sini, Anda dapat menghadirkan warna-warna ini di dalam ruangan untuk mengundang kehangatan ke dalam ruangan Anda, seperti kata Terrell. Atau mungkin Anda memiliki rumah kontemporer yang permukaannya keras. Dalam hal ini, warna dapat memberikan efek melembutkan.

“Pemandangan yang dingin bisa terasa lebih nyaman jika warna-warna hangat disandingkan,” kata Terrell.

Hathaway setuju dengan pendekatan ini, dengan mengatakan bahwa dapur mendapat manfaat dari warna yang hangat dan menarik, “karena peralatan sering kali terbuat dari baja tahan karat atau putih yang sejuk.”

Untuk Mencerahkan Ruangan yang Redup

“Warna-warna hangat sangat cocok untuk ruangan yang tidak mendapat banyak cahaya alami, terutama yang jendelanya menghadap ke utara,” catat Hathaway. “Dinding yang dicat dengan warna-warna hangat dapat memberikan ilusi kehangatan. Untuk kamar tidur yang tidak memiliki kehangatan matahari terbit, cat kuning pekat dan aksesori dalam warna-warna hangat dapat menyegarkan rutinitas pagi Anda.”

Kapan Menggunakan Warna Sejuk (Cool)?

Untuk Mendinginkan Lingkungan yang Hangat
Terrell mengatakan bahwa jika Anda tinggal di iklim panas atau lanskap gurun, sebuah ruangan bisa mendapat manfaat dari pendinginan melalui warna. Warna-warna tersebut mungkin membuat otak Anda percaya bahwa Anda merasa lebih dingin daripada yang sebenarnya, karena warna-warna hangat dapat memperkuat nuansa suhu hangat di luar.

“Warna-warna sejuk sangat cocok untuk ruangan yang mendapat terlalu banyak sinar matahari, sebagai cara untuk menyeimbangkan semua energi hangat,” kata Hathaway. “Palet warna yang sejuk dapat memberikan kelegaan visual pada ruangan yang menerima sinar matahari penuh selama beberapa jam sehari, dan bahkan menciptakan ilusi bahwa suhu ruangan lebih dingin dari yang sebenarnya.”

Untuk Menciptakan Suasana Segar dan Bersih

Warna-warna sejuk terlihat paling baik di dapur, kamar tidur, kamar mandi, ruang cuci, dan teras, seperti kata Mendelson. Dia percaya bahwa mereka menciptakan suasana yang tenang dan santai dan juga “terasa segar dan bersih, cocok untuk ruangan yang sering Anda tempati, seperti dapur dan ruang cuci.”

Untuk Mellow the Mood

Apakah Anda memiliki ruangan yang dipenuhi banyak energi dari anggota keluarga dan teman? Ini adalah suasana yang bisa terasa luar biasa dengan cepat, seperti yang dikatakan Hathaway, jadi mungkin ada baiknya untuk beralih ke palet warna keren untuk mengurangi kualitas kacau tersebut.

“Palet warna yang sejuk dapat memperhalus ruangan dan cara kita berinteraksi dengannya,” kata Hathaway.

Apa sajakah tempat tertentu di mana warna-warna sejuk dapat menghasilkan keajaiban? Pikirkan: kamar tamu “untuk memberikan tempat peristirahatan dari perjalanan dan bersosialisasi,” kata Hathaway dan kamar tidur, yang menurutnya adalah ruang paling populer untuk palet warna sejuk karena mendorong istirahat dan tidur.

Masih bingung palet apa yang harus Anda pilih untuk sebuah ruangan? Mendelson mengatakan bahwa menurutnya warna netral putih dan lembut adalah “warna yang paling serbaguna”.

“Ruang putih membantu meningkatkan fokus dan pengorganisasian, namun dapat dengan mudah direvitalisasi dengan warna,” katanya.

SHARE