Mau untung dari rumah yang di kontrakkan? Yuk simak tips berikut ini

0
1039
Mau untung dari rumah yang di kontrakkan? Yuk simak tips berikut ini

Mau untung dari rumah yang di kontrakkan? Yuk simak tips berikut ini –¬†Punya rumah 2? Dan rumah yang 1 lagi itu kosong? Kenapa tidak di kontrakkan ke orang saja? Jangan salah, rumah yang di kontrakkan juga bisa mendapatkan untung secara terus menerus loh. Lebih baik di kontrakkan ke orang dibandingkan anda kosongkan dalam waktu yang lama. Tapi jangan lupa, rumah yang di kontrakkan itu adalah rumah yang bisa di bilang layak untuk dihuni. Jangan rumah yang belum layak huni, pastinya orang-orang gak mau untuk mengkontraknya. Berikut ini beberapa hal yang penting untuk membuat rumah yang anda ingin kontrakkan lebih disukai dan dicari banyak orang.

  1. Lokasi

Lokasi rumah yang anda kontrakkan harus lah yang strategis. Jangan berada di perdesaan atau mungkin di sudut kota. Jika bisa berada di kota atau perumahan kota.

Baca juga : Mau Kontrak Rumah? Pertimbangkan Terlebih Dahulu

  1. Dapur

Buatlah dapur dengan system sanitasi yang bagus. Ada tempat meletakkan kompor , menaruh piring dan pastinya ada tempat untuk meletakkan LPG.

  1. Tandon air + Pompa air

Air merupakan hal yang paling penting. Karena air sudah pastinya kebutuhan orang setiap hari dan setiap saat. Bayangkan jika tidak ada air, ketika musim kemarau air berkurang dan kamu tidak mempunyai persediaan air. Lalu ketika rumahmu menggunakan air sumur, pastinya setiap kali anda membuka keran air maka pompamu akan menyala dan tagihan listrikmu akan mahal.

  1. Teralis

Pasang lah teralis dirumah anda. Teralis adalah sesuatu yang paling diperlukan. Apalagi jika anda punya anak kecil, sangat berbahaya jika rumah tidak memiliki teralis di jendela.

  1. Pintu Espanda

Pintu espanda itu seperti teralis tapi ada kawat-kawat nyamuknya. Itu sangat diperlukan. Pintu espanda dapat membuat sirkulasi udara dirumahmu lebih bagus. Jika tidak ada pintu espanda, pintu rumah akan tertutup terus dan akibatnya membuat rumah anda menjadi pengap. Pintu epsanda juga menjaga anak balita yang keluar rumah tanpa pengawasan orang tua.

  1. Canopy

Tidak memiliki mobil tidak masalah jika ada canopy. Canopy juga berguna untuk menutup teras rumah agar tidak kehujanan. Dan juga berguna agar motor atau mobil tidak kehujanan saat  hujan, tidak panas saat siang hari.

  1. Pagar

Tergantung dari lokasi rumah anda. Tapi pastinya kebanyakan orang memiliki pagar, tetapi bagi beberapa perumahan baru sistemnya cluster dan one gate system, pagar bukanlah hal yang diberikan gratis. Apabila perumahanmu yang sistemnya cluster membolehkan memasang pagar, sebaiknya memasang pagar saja agar lebih aman lagi.

  1. Tempat Sampah di depan rumah

Banyak orang tidak memperhatikan hal ini. Tidak semua rumah punya tempat sampah. Buatlah tempat sampah di depan rumah. Tidak perlu tinggi asal ada penutuh agar tidak bau.

  1. Tingkat rumah

Ini tergantung dengan selera orang yang mau mengkontrak rumah. Tapi sebaiknya membangun 2 lantai di rumah yang akan anda kontrakkan. Karena memiliki kemungkinan yang besar untuk di cari-cari orang.

Perlu diingat, jangan pernah memberi kontrak yang lebih dari 2 tahun. Kenapa? Bisa kemungkinan anda rugi dan rumah akan cepat rusak. Dan kenapa tidak boleh langsung lebih dari 2 tahun? Karena harga kontrakkan itu setiap tahun bisa di naikkan. Dan juga lakukanlah seleksi secara ketat calon pengontrak rumah. Kamu berhak menolak jika orang yang ingin mengontrak itu bertemperamen tinggi atau dapat merusak rumah anda.

Buat lah surat perjanjian tertulis kontrak rumah, sehingga apabila ada hal-hal yang dapat merugikan anda , maka anda bisa melaporkan ke polisi. Tapi biasanya ada pengontrak rumah yang tidak membayar tagihan listrik dan air selama beberapa bulan sebelum masa kontrak habis. Jadi rajin-rajinlah cek tagihan listrik setiap akhir bulan, jika belum di bayar, hubungi lah pengontrak rumah.

SHARE

LEAVE A REPLY