Cara agar Pendingin Ruangan Hemat Energi

0
1344

Cara agar Pendingin Ruangan Hemat Energi

Pendingin ruangan seperti AC merupakan pendingin ruangan yang paling sering orang orang pakai. Tapi AC adalah salah satu penyebab listrik rumah menjadi mahal. Tapi mungkin ada beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan AC di banding kipas angin. Tapi pasalnya AC lebih boros listrik dibandingkan dengan kipas angina.

Di jaman sekarang sudah banyak gedung-gedung bahkan rumah-rumah juga telah menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Jadi pastinya tagihan listrikĀ  tiap bulan melonjak naik dan semakin boros. Jadi bagaimana? Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan supaya anda dapat menghemat penggunaan listrik walau menggunakan AC.

Baca juga : 5 Alasan mengapa batu alam adalah pilihan tepat untuk rumah anda

Berikut ini beberapa hal yang dapat di terapkan untuk menghemat pengeluaran listrik walau memakai AC :

  1. Memastikan ukuran AC dengan rumah anda. Jangan terlalu besar atau pun jangan terlalu kecil
  2. AC harus dipasang di tempat yang teduh, jangan ditempat yang langsung kena sinar matahari karena dapat membuat penggunaan energy makin banyak.
  3. Pastikan ventilasi berupa jendela anda harus tertutup agar listrik yang keluar dari AC tidak terbuang sia sia.
  4. Jangan menyalakan komper, oven , mesin cuci dan pengering pakaian saat diluar sedang dingin. Karena itu dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras
  5. Bersihkan fileter AC. Filter yang jarang dibersihkan dapat membuatnya menjadi berdebu, menyebabkan AC bekerja lebih keras
  6. Sesuaikan watt AC yang anda beli dengan watt rumah anda. Jika watt rumah anda tidak cukup maka AC tidak dapat hidup
  7. Gunakan AC ketika cuaca lagi panas atau ketika ingin tidur. Jika membuka AC selama 1 hari pastinya akan membuat pengeluaran listrik semakin besar.

Tapi jika anda ingin lebih hemat anda pastinya dapat menggunakan kipas angin. Karena kipas angin tidak mengeluarkan biaya listrik yang mahal dan pastinya dapat berguna juga sebagai pendingin ruangan. Walaupun kipas angin tidak dapat mendinginkan seisi ruangan. Tapi setidaknya sudah bisa sedikit meredakan panas dibandingkan tidak ada pendingin ruangan.

SHARE

LEAVE A REPLY