5 Makanan Khas Lebaran

0
631
5 Makanan Khas Lebaran

5 Makanan Khas Lebaran – Lebaran atau Idul Fitri adalah hari raya umat Islam. Merupakan kebiasaan untuk saling meminta maaf dan saling bersalaman di antara keluarga. Kedekatan antar keluarga tidak lengkap tanpa makan bersama yaitu makanan khas lebaran berupa ketupat dan opor ayam yang sudah menjadi santapan wajib saat Lebaran.

baca juga : Makanan Puasa Pencegah Dehidrasi

Berikut ini makanan lebaran yang harus ada di rumahmu saat hari lebaran tiba, diantaranya ada 5 makanan khas lebaran yaitu :

1. Ketupat

Makanan khas lebaran yang berasal dari beras ini menjadi makanan yang paling banyak diburu saat lebaran. Ketupat atau kupat adalah pengganti nasi yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan daun atau bungkus plastik.

Ketupat sebenarnya adalah nasi yang dimasak dalam kemasan agar bentuknya lebih padat. Ketupat juga dijadikan masakan khas daerah lain seperti kupat tahu, kupat glabet dan masih banyak lagi menu lainnya yang menggunakan kupat.

2.Opor Ayam

Makanan khas lebaran yang ini adalah sahabat sejati ketupat. Opor Ayam adalah makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Selain waktu lebaran, ayam opor juga banyak disantap dalam menu sehari-hari.

Opor Ayam adalah masakan berkuah yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan santan. Kuah santan Opori terbuat dari bumbu-bumbu seperti santan, serai, kencuri, kunyit dan garam.

3.Rendang

Makanan Padang ini sudah menjadi makanan global. Makanan ini bahkan dikenal sebagai salah satu yang paling enak di beberapa negara. Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau dengan menggunakan berbagai bumbu. Makanan ini terbuat dari proses memasak yang dipanaskan berulang kali dengan santan.

4.Semur

Hidangan sop ini merupakan hidangan daging yang direbus dalam kuah berwarna coklat tua yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah-rempah lainnya. semur ini biasanya berisi daging sapi, ayam, dan kentang. Isi semur juga bisa bermacam-macam seperti tempe, telur, tahu, ikan dan bumbu lainnya.

5.Lodeh

Lodeh adalah hidangan sayur dengan kuah santan khas Indonesia dari Jawa Tengah. Banyak orang menyukai Lodeh karena merupakan pilihan makanan yang mudah disiapkan dan tentunya karena rasanya yang enak.

Bahan lodeh antara lain labu siam, kacang panjang, terong, tempe, dan cabai. Bahan makanan di atas sangat menyegarkan dan cocok dipadukan dengan serundeng, empal dan telur.

SHARE