Investasi Yang Masih Menjanjikan Meski Rupiah Sedang Anjlok

0
168
Investasi Yang Masih Menjanjikan Meski Rupiah Sedang Anjlok

Investasi Yang Masih Menjanjikan Meski Rupiah Sedang Anjlok – Saat ini perekonomian dunia sedang bergejolak dan tidak stabil. Hal ini dikarenakan kebijakan normalisasi moneter dan kenaikan suku bunga oleh The Fed (Bank Sentral AS) dan adanya perang dagang antara AS dengan China.

Hal ini berimbas negatif terhadap banyak negara, terutama negara berkembang. Bahkan hal ini membuat beberapa negara dengan fondasi ekonomi yang rentan mengalami krisis ekonomi seperti yang sedang terjadi di Venezuela, Turki, dan bahkan Argentina.

Dampak terhadap negara Indonesia juga cukup terasa seperti semakin melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS. Meski menurun, keadaan ekonomi di Indonesia masih terbilang stabil dan mata uang Rupiah yang lebih sehat dibandingkan negara-negara lain yang juga terkena dampak perekonomian global ini.

Perekonomian dan kegiatan investasi di Indonesia juga masih tetap berjalan normal. Jika berbicara tentang investasi, investasi apa sih yang cocok dan menguntungkan meski Rupiah sedang anjlok? Penasaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut investasi yang masih menjanjikan meski rupiah sedang anjlok

Investasi Surat Utang Negara

Mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, Surat Utang Negara sendiri sudah diterbitkan oleh pemerintah sejak 2006. Bagi masyarakat ataupun investor-investor kecil yang ingin berinvestasi, cukup dengan Rp 5 juta, anda sudah bisa membeli ORI (Obligasi Ritel Indonesia) untuk investasi.

Untuk imbal hasil-nya sendiri disebut dengan kupon dan besarannya ditetapkan oleh penerbit surat utang. Keuntungan dari investasi ini sendiri lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito. Tak hanya itu, ORI juga lebih unggul dari segi sekuritas karena resikonya lebih minim jika dibandingkan dengan reksa dana atau saham.

Saat ini terdapat 18 bank dan 6 perusahaan sekuritas yang sudah menjadi agen resmi penjual ORI. Jadi masyarakat yang tertarik untuk berinvestasi di bidang ini dapat dengan mudah membeli ORI.

Investasi Properti

Angka kebutuhan akan properti terus naik setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan rumah adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Untuk nilai jual properti sendiri juga terus naik setiap tahunnya. Hal inilah yang menjadikan investasi properti cukup menjanjikan dan menguntungkan. Investasi properti sendiri merupakan jenis investasi jangka panjang yang terbaik. Meski kondisi perekonomian sedang tidak stabil, permintaan pasar akan properti tetap akan terus meningkat.

Investasi Emas

Investasi lain yang tak kalah menguntungkan dan menjanjikan adalah investasi emas. Ya, investasi emas sendiri cukup populer di Indonesia karena nilainya yang tak tergerus inflasi. Namun bukan berarti harga jual emas tidak bisa turun loh. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi naik turunnya nilai jual emas. Salah satunya adalah nilai tukar mata uang.

Jika Rupiah melemah, otomatis harga emas akan relatif turun. Saat inilah merupakan waktu yang paling tepat jika ingin berinvestasi emas. Anda bisa menjualnya lagi ketika rupiah menguat kembali dengan harga yang cukup tinggi. Investasi emas juga termasuk investasi jangka panjang. Hal lain yang juga turut mempengaruhi harga jual emas adalah stok emas di bank dunia, produksi emas sunia, permintaan industri perhiasaan, dan bahkan isu politik.

Investasi Tabungan Dolar

Investasi yang satu ini memang sudah terkenal sejak lama. Ya, membeli dolar saat harganya sedang rendah dan menjualnya saat  harganya sedang tinggi. Namun hal ini masih menjadi perdebatan banyak pihak, apakah disebut investasi atau bukan.

Bahkan tak sedikit yang mengganggap investasi dolar memiliki resiko yang lebih tinggi karena sulit diprediksi. Sulit untuk mengetahui kapan dolar akan naik atau turun. Untuk keuntungan sendiri juga tidak terlalu signifikan.

Itulah investasi yang masih menjanjikan meski rupiah sedang anjlok. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY