Mengetahui Desain Rumah Mid Century Modern: Sejarah dan Ciri-cirinya

0
67

Mengetahui Desain Rumah Mid Century Modern: Sejarah dan Ciri-cirinya

Terdapat banyak sekali desain rumah yang ada, salah satunya mid-century modern atau rumah gaya abad pertengahan modern. Gaya rumah ini banyak digunakan karena desainnya yang terlihat simple, rapi, dan fungsional.

Gaya rumah ini muncul pada pertengahan abad ke-20, atau sekitar tahun 1945-1970. Desain ini berevolusi sebagai respons setelah adanya Perang Dunia II.

“Para desainer dan arsitek sangat bersemangat untuk mengembangkan ide-ide baru yang menggabungkan produksi massal dan teknologi yang ditemukan pada paruh pertama abad ke-20 dengan pandangan yang lebih optimis untuk masa depan,” kata Desainer dan Founder Liza Kuhn Interiors, Liza Kuhn, dikutip dari The Spruce,
Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai desain mid-century modern, sebaiknya ketahui dulu sejarah adanya desain tersebut.

Sejarah Desain Rumah Mid-Century Modern
Mid-century modern pertama kali digunakan untuk mendefinisikan suatu era oleh penulis dan sejarawan Cara Greenburg dalam bukunya tahun 1995 ‘Mid-Century Modern: Furniture of the 1950s’. Walaupun istilah ini digunakan secara sepintas sebelum masa Greenburg, dialah orang pertama yang menghubungkan semuanya.

Mengetahui Desain Rumah Mid Century Modern: Sejarah dan Ciri-cirinya

Baca Juga: Beberapa Penyebab Rumah Selalu Terlihat Berantakan

Meskipun buku tersebut berfokus pada furnitur pada periode tersebut, fitur desain yang dicakupnya juga dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam bangunan dengan ciri khas garis yang jelas dan bentuk geometris.

Dilansir dari House Digest, gaya rumah ini puncaknya ada setelah Perang Dunia II berakhir pada 1945. Periode pascaperang ini merupakan masa perubahan budaya dan sosial yang signifikan.

Arsitektur Mid-Century Modern ini muncul sebagai jawaban terhadap kebutuhan rumah kala itu. Fokusnya pada kesederhanaan, fungsionalitas, dan penggunaan material modern memudahkan pembangunan untuk membuat banyak rumah kokoh dengan cepat.

Ciri-ciri Desain Rumah Mid-Century Modern
Desain rumah Mid-Century Modern memiliki beberapa ciri khas. Berikut ini ciri-ciri rumah Mid-Century Modern dikutip dari The Spruce.

  • Perabotannya menekankan pada fungsi dibandingkan ornamen
  • Desainnya simple dengan garis geometris sederhana
  • Sering menggunakan kayu jati, rosewood, dan oak
  • Penggunaan material logam, kaca, dan vinyl
  • Warna aksen yang berani, seperti merah, sage, kuning, merah muda, dan lainnya
  • Bentuk dan pola organik, seperti yang ditunjukkan pada arsitektur mid-century modern
  • Bahan dan tekstur campuran seperti rangka kayu untuk sofa dengan tempat duduk berlapis kain

“Jati lebih disukai karena kekayaan warna dan daya tahannya. Rosewood dan oak adalah kayu lain yang umum digunakan, sebagian besar digunakan untuk benda-benda seperti meja, meja tulis, dan lemari penyimpanan,” kata Desainer Rozit Arditi, dikutip dari The Spruce.
Mengetahui Desain Rumah Mid Century Modern: Sejarah dan Ciri-cirinya Selain itu, alam dan nuansa organik mempengaruhi banyak desain eksterior mid-century modern. Material kayu, batu, dan batu bata biasanya banyak digunakan untuk desain rumah ini. Hal mendasar dari konsep bangunan mid-century modern adalah memiliki akses yang luas ke alam terbuka, misalnya melalui pintu atau jendela kaca.

“Rumah-rumah di era ini memiliki jendela besar, memberikan pemandangan halaman belakang dan ruang tamu luar ruangan,” kata CEO/Perancang Utama di Stephanie Gamble Interiors, Stephanie Gamble, dikutip dari HGTV.