Asal Usul dan Info Seputar Hotel Kapsul

0
40
Asal Usul dan Info Seputar Hotel Kapsul

Asal Usul dan Info Seputar Hotel Kapsul – Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengetahui apa itu hotel kapsul. Ya, sesuai namanya, hotel kapsul merupakan sebuah hotel yang bentuknya menyerupai kapsul. Bukan kapsul obat loh!

Mengapa dinamakan hotel kapsul? Hal ini dikarenakan bentuk dan ukurannya yang hanya muat 1 orang dan hanya terdapat ranjang, bantal dan selimut saja. Nah, beberapa tahun belakangan ini hotel kapsul semakin marak terdengar baik itu di dalam maupun diluar negeri.

Kebanyakan orang yang memilih untuk menginap di hotel kapsul adalah backpacker karena harganya yang sangat terjangkau. Di beberapa kota besar di Indonesia juga memiliki hotel kapsul seperti Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Nah, buat yang penasaran, sebenarnya hotel kapsul berasal dari mana sih? Bedanya dengan hotel biasa apa sih? Daripada makin penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut asal usul dan info seputar hotel kapsul

Berasal dari Jepang

Asal Usul dan Info Seputar Hotel KapsulHotel kapsul sendiri berasal dari Jepang loh. Awalnya hotel ini dibuat bagi para pekerja di Jepang yang sering lembur sehingga ketinggalan kereta. Karena tarif taksi sangat mahal di Jepang, maka hadirlah hotel kapsul yang bisa mereka gunakan untuk beristirahat atau menginap dengan harga yang murah.

Lama-kelamaan hotel kapsul merambah ke sektor pariwisata. Hotel kapsul pun menjadi pilihan para backpacker atau turis dengan budget terbatas. Karena semakin terkenal dan viral, hotel kapsul pun mulai bermunculan di berbagai negara salah satunya Indonesia.

Ukuran yang kecil

Asal Usul dan Info Seputar Hotel KapsulBila hotel pada umumnya memiliki ukuran yang cukup luas lengkap dengan berbagai fasilitas dan perabotan, hotel kapsul hanyalah berbentuk sebuah kotak memanjang yang sempit. Di dalamnya hanya terdapat sebuah ranjang, bantal, guling, selimut, ac, air minum dan tempat penyimpanan kecil saja. Rata-rata ukuran hotel kapsul adalah 2x1x1,5 meter saja.

Bentuk seperti peti

Asal Usul dan Info Seputar Hotel KapsulJika diihat sekilas, kebanyakan hotel kapsul memiliki bentuk menyerupai peti. Namun ada juga hotel kapsul yang memiliki bentuk lain yang lebih luas. Tiap kapsul hanya terpisahkan oleh sekat satu sama lain. Namun hotel kapsul tetap memberikan privasi bagi para penghuninya dengan menyediakan tirai yang bisa ditutup ketika ingin tidur.

Berada di ruangan besar

Asal Usul dan Info Seputar Hotel KapsulBila kamu berpikir hotel kapsul berada di ruangan yang kecil dan terpisah-pisah, kamu salah besar. Nyatanya, hotel kapsul berada pada sebuah ruangan besar yang dapat memuat puluhan kapsul. Kapsul sendiri disusun dengan rapi dan berjejer. Ruangan hotel kapsul untuk pria dan wanita juga terpisah sehingga kamu tidak perlu khawatir masalah keamanan. Namun ada juga hotel kapsul campuran.

Memiliki desain interior yang beragam

Asal Usul dan Info Seputar Hotel KapsulJika sebelumnya hotel kapsul hanya berbentuk kotak panjang yang menyerupai peti, saat ini sudah banyak hotel kapsul dengan bentuk dan desain yang beragam loh. Tentunya setiap hotel kapsul menawarkan sensasi dan suasana yang berbeda-beda.

Itulah asal usul dan info seputar hotel kapsul. Bagaimana? Tertarik untuk menginap di hotel kapsul?

SHARE

LEAVE A REPLY