Merawat AQUASCAPE di Rumah

0
3545

Merawat AQUASCAPE di Rumah

Jika anda memiliki kolam dirumah itu bagus, jika tidak anda juga bisa memaksimalkannya dengan memiliki sebuah aquarium. Aquarium indah itu juga dapat berupa AQUASCAPE. Pastinya ada sebagian dari anda yang bertanya – Tanya tentang apa itu AQUASCAPE. Supaya lebih menarik kebawahnya AQUASCAPE adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. Selain melibatkan tanaman AQUASCAPE juga melibatkan ikan – ikan hias kecil.

Baca juga : Cat Rumah Dengan Desain Menarik

Teknik untuk merawat AQUASCAPE juga perlu kita pelajari. Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam membuat AQUASCAPE  :

  1. Menyiapkan Akuarium

Langkah utama pastinya adalah menyiapkan akuarium sebagai wadah untuk membentuk AQUASCAPE. Setelah memiliki wadah, kita harus melakukan persiapan terhadap dasar akuarium untuk AQUASCAPE. Persiapan dasar dapat dimulai dengan menggunakan pasir. Beberapa pasir yang dapat di gunakan untuk bahan dasar AQUASCAPE diantaranya : Pasir Malang, Pasir Silika, Pasir Holland dan Pasir bali. Setelah itu tambahkan carbon active di bagian tengah berfungsi menyerap zat berbahaya yang terkandung dalam air saat awal pembuatan AQUASCAPE.

  1. Pupuk Dasar Untuk AQUASCAPE

Setelah menyelesaikan dasar, langkah berikutnya adalah memberi pupuk dasar sebagai nutrisi tambahan untuk tanaman AQUASCAPE.  Karena tanaman air yang kekurangan nutrisi akan mengakibatkan tanaman tersebut layu atau bahkan sampai mati. Pupuk Dasar adalah pupuk yang di letakkan pada lapisan paling bawah substrate (misal gravel/pasir/tanah).

  1. Membuat Desain Pada AQUASCAPE

Selanjutnya adalah menimbun kembali pupuk dasar dengan menggunakan salah satu pasir yang di gunakan sebagai pasir dasar. Kemudian dapat dimulai dengan berbagai macam dekorasi terhadap akuarium AQUASCAPE berupa pemberian batu – batu karang indah, bekas ranting pohon, dan berbagai dekorasi serta penyelarasan warna lainnya dalam AQUASCAPE. Usahakan pasir bagian belakang akuarium anda lebih tinggi dari pada pasir bagian depan agar AQUASCAPE anda memiliki efek depth.

  1. Mengisi air pada Akuarium AQUASCAPE

Setelah selesai dekorasi pada AQUASCAPE langkah selanjutnya sudah pasti untuk mengisi air pada akuarium. Tahap untuk mengisi air juga harus benar – benar di perhatikan karena jika menggunakan tenik yang salah dapat berakibat fatal. Air tidak boleh dituangkan dengan cara langsung karena akan merusak pasir dan menjadikan dasar AQUASCAPE yang tadinya sudah ditata rapi dan indah menjadi sia – sia. Cara yang benar yaitu dengan menggunakan koran seluruh pejuru akuarium, baru tuangkan air secara perlahan dan teratur. Atau alternative lain juga bisa menggunakan pipa dengan air pelan untuk dimasukkan kedalam akuarium agar tidak kacau.

  1. Menanam Tanaman Hias Pada AQUASCAPE

Setelah semuanya selesai, langkah selanjutnya yang merupakan langkah terakhir adalah menanamkan tanaman hias dalam AQUASCAPE. Tahap ini sebenarnya bisa dilakukan sebelum aquarium diisi air atau setelah diisi air. Isi aquarium sampai seperempat aquarium setelah itu baru tanam.

Pada tahap ini Anda juga harus melakukan penataan peralatan seperti outlet filter, peletakan pencahayaan, letak diffuser Co2 serta peralatan lainnya. Bila tanaman sudah ditanam semuanya baru isi air sampai penuh. Lalu buang airnya sampai 70% lalu tambahkan kembali airnya.

Hal ini dilakukan untuk membuang kandungan amonia serta nutrisi pupuk yang larut pada air. Pada saat awal ini jangan langsung menambahkan biota aquarium seperti udang dan ikan, karena air masih mengandung banyak zat amonia yang bisa membunuh hewan-hewan tersebut.

Tunggulah sampai aquarium berumur 2 minggu atau sampai kandungan amonia dalam air bersih. Agar tampilan aquarium Anda makin sempurna, Anda bisa memelihara beberapa ikan hias dari air tawar yang sedang populer saat ini.

sumber gambar : akvodecor.com

SHARE

LEAVE A REPLY